cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Mana Printer Laserjet atau Inkjet

Ruanganbaca.com - Ketika anda ingin membeli printer tentu sebelum membeli terlebih dulu lihat kebutuhan yang akan dicetak. terkadang ambigunya penentuan diawal ini yang menimbulkan salah beli setelah dicoba. oleh sebab itu harus mengetahui perbedaan antara printer laserjet dan printer inkjet. hal ini bisa membantu anda dalam penentuan alat cetak yang bisa digunakan dalam pekerjaan saat ini.

Pilihan printer laserjet atau printer inkjet

Contoh : Printer yang cocok untuk mahasiswa

Apabila saat ini anda sebagai seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi atau tugas akhir dan mencari printer yang cocok untuk mahasiswa, tentu laserjet bukan sebagai pilihan. mengapa ?

Penjelasannya :
Printer laserjet merupakan printer dengan menggunakan tinta bubuk dan dominan berwarna hitam. sedangkan untuk printer laserjet yang color harganya jauh lebih mahal dibanding dengan printer inkjet umumnya. Apabila anda sebagai mahasiswa menggunakan printer laserjet dengan serbuk hitam maka hasil cetak yang didapat tidak bisa berwarna alias hitam putih saja.

Contoh: printer yang cocok untuk rumahan

Printer rumahan sendiri biasanya bersifat umum dan biasanya jarang digunakan, untuk printer jenis ini tentu anda harus memilih printer yang tahan lama meskipun kerjanya satu minggu sekali.

Baca Juga :

Cari printer terbaru untuk bisnis ini salah satunya Canon PIXMA TR4570 Series 
Hindari Tempat Pembuangan Tinta Printer Epson Penuh

Penjelasannya :
Pada umumnya printer dalam masa yang lama tidak digunakan akan mengalami buntu pada bagian cartridge ini terjadi pada printer inkjet. sedangkan printer laserjet sendiri biasanya serbuk menggumpal. artinya kedua printer ini akan sama-sama mengalami rusak pada bagian tinta apabila dalam masa yang lama tidak digunakan.  namun untuk printer rumahan ini biasanya menggunakan printer inkjet agar lebih efesien.

Printer Laserjet atau Inkjet
Gambar Printer Laserjet dan Printer Inkjet

Contoh : Printer yang cocok untuk kantor

Printer kantor umumnya sering digunakan untuk segala kebutuhan pencetakan administrasi, umumnya dalam pencetakan ini memerlukan kecepatan agar waktu yang digunakan lebih singkat dalam pelayanan.

Penjelasannya :
Jenis printer baik inkjet dan laserjet memiliki spesifikasi yang berbeda-berbeda tergantung dari merk dan type. yang paling menonjol adalah perbedaan di speed itu sendiri. speed printer sendiri adalah kecepatan keluarnya kertas saat proses cetak. nah paling umum dalam proses cetak dengan kecepatan tinggi adalah printer laserjet baik itu black white atau printer laserjet color.

Contoh : Printer untuk usaha atau bisnis percetakan

Printer yang digunakan untuk kebutuhan bisnis sebetulnya sangat berbeda kelas dari ketiga kebutuhan diatas, mengapa demikian? umumnya bisnis dikejer dengan deadline namun bukan hanya itu saja kwalitas sangat di uji dalam hal cetak oleh konsumen. misalnya cetakan tidak boleh luntur saat terkena percikan air. warna lebih solid dan masih banyak nilai jual yang harus diprioritaskan dalam hasil cetak. oleh sebab itu percetakan biasanya menggunakan printer sesuai dengan kebutuhan kertas apa yang akan dicetak.

Baca Juga :

4 Printer dibawah harga 1 juta Cari Printer Paling murah
Kelebihan dan Kekurangan Printer HP PageWide Kecepatannya Seperti Printer Laserjet

Penjelasannya :
Dalam usaha percetakan jenis kertas adalah point penting dalam menentukan printer apa yang akan digunakan. ketika mencetak kertas dengan bahan artpaper dengan kebutuhan cetak brosur maka printer yang cocok adalah laserjet color, sebaliknya apabila cetakan menggunakan printer inkjet untuk sebagian umumnya tinta jenis printer inkjet meluber dibahan kertas tersebut.

Printer laserjet atau printer inkjet?

Setelah sobat membaca beberapa sub artikel diatas, tentu dapat menentukan diposisi mana kebutuhan anda. mulai dari printer mahasiswa atau printer sekolah, printer kantor, printer rumahan sampai dengan printer untuk kebutuhan kelas bisnis percetakan.

Dari penentuan pastinya ada kelebihan dan kekurangan masing- masing misalnya perawatan printer laserjet lebih rumit dibandingkan perawatan printer inkjet. Daya listrik yang digunakan printer laserjet lebih besar dibanding dengan watt printer inkjet.

Untuk Biaya oprasional dari printer inkjet dan laserjet lebih tinggi laserjet. untuk ketahanan sparepart printer inkjet juga berbanding 2:1 dibanding laserjet.

Posting Komentar untuk "Pilih Mana Printer Laserjet atau Inkjet"