Hindari Tempat Pembuangan Tinta Printer Epson Penuh

5/24/2020
Awal membeli printer semua tentu tidak ada kendala. karena paling umum masalah pada printer terjadi setelah 8 - 10 bulan pemakaian. Nah problem ini bukan hanya pada printer yang meminta reset melaikan terkadang hal diluar dugaan bisa saja terjadi yaitu tinta pada printer epson bocor. Apa penyebabnya ?

Jika kita analisa dan teliti printer epson dengan penggunaan yang ribuan lembar perbulan relatif lebih sering service dibanding dengan printer yang hanya mengerjakan cetakan 100 lembar perbulan, ya jadi semua tergantung masa pakai yang kita gunakan. Dalam hal ini apabila anda sering mencetak dalam jumlah banyak printer akan melakukan cleaning untuk menyedot tinta dan masuk ke area pembuangan (bak pembuangan).

Dalam kasus ini sering sekali terjadi tinta printer meluber keluar sehingga akan menggangu anda yang sedang mengerjakan cetakan. jika hal ini terjadi segera lakukan tindakan jika dibiarkan saja yang dikhawatirkan tumpahan tinta printer menjadi semakin parah dan menimbulkan masalah baru.
Tinta Printer Bajir
Tinta Printer Bajir
Banyak sekali kasus seperti ini yang mengalami tinta keluar dari bawah printer mengalir, ini disebabkan daya tampung tinta pembuangan sudah penuh dan anda perlu menggantinya. Tapi ini biasa disiasati tanpa ribet bahkan tanpa membongkar printer setiap kali tinta pembuangan penuh. Yaitu dengan memasang botol tinta pembuangan printer.

Tidak hanya printer EPSON saja yang mengalami hal ini justru kadang printer HP dan CANON juga sering mengalami tinta bocor. Solusinya adalah dengan mengecek bagian pembuangan cartride apakah sudah penuh atau ada kendala lainnya. di EPSON Kasus ini bisa terjadi pada seri epson l360, printer epson l3110, epson l405, epson l360, epson L120, L310.dll

Hal Ini akan terjadi apabila Pembuangan Tinta Printer Bocor

Hal apa saja yang akan terjadi pada printer kesayangan anda, apabila sampai tinta pembuangan over load dan anda tetap membiarkannya saja? Sangat berbahaya tentunya bukan hanya mengotori meja kerja dan tangan anda melainkan akan membuat printer mati dan tidak dapat digunakan lagi. kasus ini banyak terjadi dilapangan.

Sebagai pengguna tentu anda juga harus selalu waspada dan selalu mau merawat printer yang selama ini masih diperlukan kinerjanya. Apabila printer mengalami ciri dengan keluarnya tinta dari bawah printer segera bawa ke tempat service dan usahakan jangan meletakkan printer dalam posisi miring dan terbalik, tetap siagakan printer dalam posisi duduk seperti umunya agar tumpahan tinta tidak menyebar ke sisi lain diarea printer yang akhirnya mengenai mainboard printer.

Apa yang akan terjadi apabila tinta printer mengenai mainboard, tentu ini akan fatal akibatnya sama seperti printer terkena air yang dikhawatirkan aliran air atau tinta ini masuk kedalam sela-sela kecil dan membasahi mainboard yang akan menyebabkan konslet pada bagian kelistrikkan dan menyebabkan short pada akhirnya printer mati tidak dapat digunakan lagi.

Agar printer terhindar dari tumpahan air, percikan tinta, dan benda - benda yang menimbulkan bahaya baiknya letakkan printer pada sudut yang sulit dijangkau anak - anak dan hindari meletakkan air minum diatas printer. Sedangkan untuk menghindari printer banjir dengan tinta hindari overload pada bak tinta pembuangan dengan pengecekan berkala setiap 4 bulan sekali apabila printer sering digunakan dengan jumlah cetak mencapai 1000 lembar perbulan.

Cara Mengatasi Tinta Pembuangan Printer Penuh

Setelah anda membaca keterangan diatas kita akan lanjut bagaimana cara mengatasi printer yang sudah terlanjur mengalami kebanjiran tinta. simak beberapa tips berikut :
  1. Buka pada bagian bak bawah penampung pembuangan tinta printer. anda dapat perhatikan gambar dibawah ini :

    Kuras Tinta Pembungan Pada Printer
    Kuras Tinta Pembungan Pada Printer

  2. Perhatikan biasanya ada beberapa baut yang harus dibuka,
  3. Dalam melakukan perbaikan ini jangan membalik printer usahakan posisi printer tetap dalam keadaan duduk, jadi anda dapat mengganjal printer diatas meja lalu anda dapat melihatnya ke arah bawah.
  4. Ambil bak penampung tinta lalu bersihkan dan cuci menggunakan air bersih
    Bak Pembuangan Tinta Printer
  5. biasanya mencuci spons yang ada pada bak pembuangan printer ini membutuhkan waktu yang lumayan lama karena air akan hitam sekali
  6. cuci sampai berwarna putih selanjutnya di jemur di trik matahari
  7. setelah siap masukkan kembali busa di bak printer
  8. printer siap digunakan kembali.
Setelah anda mengetahui cara mengatasinya pastinya kedepan tidak ada lagi masalah setelah isi ulang tinta printer. jadi apabila terjadi lagi hal seperti ini ulangi langkah diatas, semoga membantu menyelesaikan masalah anda mengenai cara mengatasi printer yang kebanjiran tinta.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »