Solusi hasil fotocopy canon terdapat garis putih pada kertas - Ruanganbaca.com

Solusi hasil fotocopy canon terdapat garis putih pada kertas

Solusi hasil fotocopy canon terdapat garis putih pada kertas - Masalah pada mesin fotocopy merupakan hal biasa yang kerap terjadi, apalagi jika mesin fotocopy anda bekerja begitu keras dan sering mendapatkan projek besar. tentu kerusakan yang terjadi dianggap wajar. karna mesin fotocopy seperti layaknya manusia butuh perawatan utamanya pada bagian part yang menjadi problem hasil fotocopy. masalah mengenai perbaikan hasil begitu banyak pada mesin fotocopy diantaranya hasil fotocopy garis putih, hasil fotocopy bergaris hitam horizontal, hasil fotocopy bergaris vertikal, hasil fotocopy belang belang, hasil fotocopy belang vertikal, hasil fotocopy belang horizontal, hasil fotocopy bergaris hitam vertikal, hasil fotocopy tidak rata, penyebab hasil fotocopy hitam semuanya tentu akan saling berkaitan namun memiliki cara dan solusi perbaikan yang berbeda - beda.
Solusi hasil fotocopy canon terdapat garis putih pada kertas
Solusi hasil fotocopy canon terdapat garis putih pada kertas
Umumnya masalah yang saya jelaskan diatas biasanya disebabkan oleh pengguna yang kurang menjaga kebersihan mesin, baik dari tumpahan toner kotoran debu dan lain sebagainya. sehingga nya kebersihan merupakan salah satu cara menghindari dan meminimalisir tingkat kerusakan pada mesin fotocopy. sebelum kita membahas penjelasan bagaimana solusi perbaikan mengatasi hasil fotocopy yang bergaris putih. saya rasa terlebih dulu kita membahas penyebab masalah hasil fotocopy bergaris putih, karna dengan mengetahui penyebabnya tentu anda akan ada sedikit antisipasi menghindari masalah ini terjadi.

Penyebab Hasil Fotocopy Garis Putih Pada Kertas

Seperti yang kita ketahui mesin fotocopy terdiri dari berbagai macam mekanik yang saling berhubungan salah satunya penyebab masalah ini biasanya terdapat di area Corona Wire ( Primer, Transfer) dimana fungsi part ini sebagai tranfer atau pengantar teganggan tinggi ke bagian PC Drum agar hasil toner menempel di kertas atau menghasilkan gambar. masalah nya jika umur wire corona sudah tua atau sudah tidak layak pakai sering terjadinya pembakaran maka secara tidak langsung di bagian corona wire ada sisa arang atau proses corosi, nah titik corosi yang kotor ini akan menghalangi arus teganggan yang dikirim ke bagian PC drum. akibatnya bagian crosi ini menjadi penyebab garis putih karna elektron tidak jadi pasif alhasil fotocopy akan ada garis putih sepanjang corona yang telah corosi tersebut.

Selain bagian corona wire, ada bagian lainnya yang menyebabkan hasil fotocopy bergaris putih adalah bagian Developing Unit, sebagai pengusaha pemula tentu kita akan bertanya - tanya apa fungsi developing ini? namun sebagian pengguna yang sudah paham tentu hal ini bukan lagi suatu pertanyaan. mungkin perlu dijelaskan apa sebenarnya developing ini. Developing merupakan tempat toner atau bak yang berisi tinta toner yang nantinya di tranfer ke bagian drum. Nah pada bagian developing ini terdapat roller magnet dimana fungsinya sebagai mata pena beralas serbuk toner yang nantinya diratakan oleh blade. bila serbuk toner atau tinta mengeras yang disebabkan oleh suhu lembab. atau anda pernah memasukkan toner bekas tanpa di saring menggunakan saringan screen sablon terlebih dulu sehingga serbuk kotoran dan juga sisa toner yang mengeras ikut masuk ke dalam developing yang nantinya menempel di permukaan roll magnet dan tersangkut ke plat blade atau doktor blade. akibatnya menjadi penghalang tinta yang di tranfer ke permukaan drum mesin fotocopy, saat proses copy berlangsung.

Dari penjelasan diatas kita dapat melakukan beberapa langkah perbaikan dan tindakan yang harus diambil dalam penanganan masalah hasil fotocopy canon terdapat garis putih ini. 

Perbaikan hasil fotocopy canon terdapat garis putih

Langkah pertama Perbaikan hasil fotocopy garis putih dengan memberisihkan bagian wire corona dengan menggunakan kertas amplas halus atau jika tidak ingin repot ganti wire. langkah berikutnya setelah ini tidak dapat menjadi solusi perbaikan masalah hasil fotocopy yang bergaris putih keluarkan bak developing kemudian keluarkan sisa toner atau tinta kuras habis sampai bersih atau jika memungkinkan semprot menggunakan blower usahakan tidak ada lagi sisa - sisa toner yang menempel pada bagian developing. hasil kurasan tinta tadi usahakan di tumpahkan di tempat bersih atau di atas bungkus kertas putih yang nantinya di ayak atau ditapis menggunakan screen sablon dan pastikan tinta bersih dan siap dimasukkan lagi ke dalam developing. jika diperlukan lebih baik toner isi dengan yang baru.

Baca Juga :

Berdasarkan pengalaman cara perbaikan yang saya lakukan diatas dapat mengatasi masalah hasil fotocopy bergaris putih, selain cara membersihkan dengan amplas pastikan wire pada primary charging/corona atas pada bagian tengah di pastikan kencang atau tidak kendor. karna hal ini juga salah satu penyebab hasil fotocopy bergaris putih di tengah kertas. dari beberapa keterangan dan pembahasan diatas pastinya anda sudah memahami bagaimana cara memperbaiki masalah hasil fotocopy canon yang mengalami garis putih pada kertas. semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman baru untuk anda yang mengalami masalah garis putih pada hasil fotocopy. apabila dari penjelasan diatas terdapat kekurangan anda bisa menambahkannya dengan berkomentar dibawah ini. semoga membantu dan terimakasih sudah mengunjungi blog ruanganbaca.com. apabila bermanfaat jangan lupa untuk like dan bagikan ke rekan fotocopy lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel