Hal ini!! penyebab hasil fotokopi kurang jelas

Hal ini penyebab hasil fotokopi kurang jelas - Mesin fotokopi yang terang dan hitam pekat merupakan hal yang dapat memberikan kepuasan tersendiri kepada konsumen atau pengusaha itu sendiri. tidak dipungkiri hasil fotokopi yang kurang jelas memberikan kesan tidak profesional dan juga berdampak pada kekecewaan konsumen kepada usaha anda lambat tahun usaha anda akan banyak di tinggalkan oleh konsumen.

hasil fotokopi kurang jelas
Hasil Fotokopi buram

Tentu hal tersebut tidak ingin terjadi dengan usaha yang kita geluti oleh karnanya sebagai pemilik usaha fotokopi di haruskan menjaga kwalitas hasil fotokopi agar tetap terang, jelas dan tajam. hal yang paling penting dalam menjaga hasil fotokopi ialah dengan cara rajin membersihkan bagian - bagian taburnya tinta.

Seperti yang sudah kita ketahui mesin fotokopi menggunakan tinta berjenis bubuk atau disebut toner, yang bisa saja lama kelamaan menjadi taburan debu yang mengotori bagian mesin itu sendiri, perawatan mesin fotokopi adalah kuncinya. selain merawat kebersihan yang perlu anda lakukan adalah mengecek bagian - bagian gear apakah sudah layak ganti atau belum.

Disisilain ada beberapa faktor penyebab hasil fotokopi tidak terang meskipun sobat sudah bersihkan berulang - ulang. dalam artikel ini ruanganbaca.com ingin berbagi hal apa saja yang menyebabkan hasil fotokopi tidak jelas .

1. Toner Fotokopi
Toner Fotokopi sangat berpengaruh dengan hasil, sebelum ada menggunakan jenis dan merk toner tertentu baiknya anda sharing kepada rekan fotokopi di kota anda, atau melalui forum - forum group sosial media. jangan sampai karna dengan harga murah anda berharap mendapat keuntungan lebih dan kenyataannya hasil fotokopi tidak memuaskan kepada konsumen.
Terlebih saat ini dipasaran banyak tinta KW tau oplosan dengan harga jual di bawah tinta umumnya dampaknya tentu cepat atau lambat akan berpengaruh juga ke bagian drum fotokopi.

2. Corona Atas & Bawah

Bagian ini juga sangat berpengaruh dengan hasil fotokopi tidak jelas sebaiknya pengecekan corona menjadi bagian rutin yang harus anda lakukan terlebih alat ini juga termasuk alat vital mesin fotokopi.
Kawat corona yang tidak terawat berdampak pada kerusakan drum fotokopi itu sendiri, hindari penampakkan corona yang tidak kuning mengkilat lagi karna hal ini bisa berdampak buruk ke bagian drum segera bersihkan atau ganti. menggunakan corona yang bersih dan baik membuat hasil fotokopi tidak belang. mulailah dari sekarang ketika anda membersihkan mesin fotokopi jangan lupa untuk mengecek dan membersikhan corona.

3. Membersihkan Cermin Fotokopi
Cermin fotokopi juga hal yang mesti dirawat terkadang ketika kita menaruh kertas di atas cermin tanpa di sadari kotoran - kotoran menempel di cermin biasanya seperti lem dan lainnya. kotoran ini akan mengeras dan menempel di bagian  cermin. selain cermin pada mesin type NP terdapat lensa exposure ini juga perlu dibersihkan. tak jarang debu akan menempel pada bagian ini dan membuat hasil fotokopi yang kurang jelas.

4. Drum Fotocopy
Drum merupakan bagian paling vital pada mesin fotokopi terlebih fungsinya yang memberikan tinta pada kertas. membersihkan drum juga hal yang perlu dilakukan untuk menjaga hasil fotokopi tetap bersih. pastikan juga pada bagian developer tinta keluar tidak terlalu tipis.
untuk type mesin medium yang masih menggunakan drum kecil baiknya jika penggunakan sudah mencapai maksimal drum ganti drum dengan yang baru.

5. Developer Fotokopi
Bagian ini merupakan tempat penampung tinta yang akan di tranfer ke drum, usahakan dalam mensetting keluar nya tinta ke drum tidak terlalu tipis agar menghasilkan fotokopi yang maksimal.

6. Program Mesin
Umumnya program yang digunakan untuk setingan tinta menggunakan
light-5 : -30
light5p : -30
primary : 360
bias       : 360
terus tekan tombol reset
Untuk canon IR6570, IR5570,IR6000,IR5000, IR6020 anda bisa masuk ke bagian service mode dengan menekan *28*>copier>adjust>develop, kemudian akan di tampilkan pilihan :
BIAS, HVT-DE, dan D-HV-DE. untuk BIAS bisa anda tambah hingga 250 atau lebih (angka penunjuk 0 - 600). untuk HVT-DE bisa anda ubah dari + ke - (misal +60 menjadi - 60 sesuai keinginan anda). Demikian juga untuk D-HV-DE lakukan cara yang sama dengan HVT-DE. (perlu diingat nilai D-HV-DE harus lebih endah dari nilai HVT-DE).

Baca Juga :
Download Aplikasi kasir Fotokopi
Kertas selalu macet di pintu samping ini bisa jadi penyebab utamanya IR5000/6000
3 Hal sepele ini bisa membuat mumet pengusaha Fotocopy
Jangan Buka Usaha Fotocopy Sebelum Baca ini

Demikian artikel ini semoga beberikan pencerahan dan dapat membantu anda mengatasi hasil fotokopi yang tidak jelas.
Silakan like dan share.


0 Response to "Hal ini!! penyebab hasil fotokopi kurang jelas"

Posting Komentar