Ditemukan 7 Cara mengatasi hasil Fotocopy belang dan penyebabnya

7 Cara mengatasi hasil fotocopy belang dan penyebabnya - kali ini ruanganbaca.com akan membahas mengenai solusi mengatasi hasil fotocopy yang belang. untuk sobat yang masih awam di bidang perbaikan mesin fotocopy tentu ini akan membuat mumet bagaimana cara mengatasinya. fotocopy belang biasanya dikarnakan ada beberapa kondisi part yang sudah jelek perlu di ganti dengan yang baru atau harus dibersihkan, berikut ini ruanganbaca.com akan mengulas apa saja yang dapat menyebabkan hasil belang pada mesin fotocopy :

7 Cara atasi hasil Fotocopy belang dan penyebabnya
Hasil fotocopy belang
Hasil Fotocopy Belang Putih

Mesin fotocopy belang putih biasanya terjadi pada mesin seri NP6551 atau seri sejenisnya masalah ini biasanya terjadi karna beberapa faktor ini :

1. Roll Regist yang sudah tidak rata

Rool regist yang sudah tidak rata dapat menimbulkan belang putih pada mesin fotocopy sobat bisa mengecek dengan cara melihat dan meraba kondisi rool registnya apabila di rasa renggang dan tidak rata artinya sudah saatnya di ganti.

Baca Juga :

2. Corona kotor
Apabila rool regist sudah diganti namun hasil fotocopy masih belang sobat bisa cek sparepart berikutnya yaitu bagian corona, sobat bisa cek bagian kawat wayer pada corona bersihkan dan jika perlu ganti kawat wayer dengan yang baru.

http://kasircopymaster.com

3. Developing Belangberikutnya dalah bagian developing yang belang atau tidak rata dalam menerima toner, hal ini biasanya disebabkan oleh magnet rool yang sudah haus sobat bisa cek nya dengan cara lihat bagian rool magnetnya,

4.Kertas Lembab
Masalah kertas lembab memang bukan masalah serius untuk menangani masalah ini namun kertas lembab juga terkadang menjadi faktor tidak menempelnya toner dengan sempurna sehingga menyebabkan kertas hasil fotocopy belang.

5.Masalah Drum Mesin fotocopy
Drum merupakan komponen utama penghasil tulisan karnanya ini juga bisa juga menjadi salah satu penyebab masalah belang pada mesin fotocopy, sobat bisa membersihkannya menggunakan cairan braso dan usahakan sebelum memasang kondisi drum harus benar - benar kering.

6. Merubah settingan program mesin fotocopy
pengaturan program pada mesin fotocopy juga sangat berpengaruh pada hasil fotocopy, sehingganya sobat harus juga memastikan tidak ada settingan program yang berubah pada mesin fotocopy. sobat bisa ikuti langkah berikut :
1. Masuk ke SAVE MODE (*28*)
2. Copier
3. Klik ADJUST
4. Klik Develope
5. Rubah BIAS ( semakin tinggi angka, maka semakin hitam hasilnya)
6. Rubah HVT-DE ( Set misal -20,, angka ini biasa saya gunakan dan hasilnya bagus)
7. kembali kemenu awal lalu matikan mesin lalu hidupkan kembali,

7. Kuras develop
Langkah ini merupakan cara terakhir dalam penanganan hasil fotocopy yang belang, dengan menguras ini develop artinya semua toner akan di ganti baru, sehingga toner lama akan dikuras.

Hasil Fotocopy Belang Vertikal Memanjang


dari bebeapa penyebab belang di atas apabila masalah belang yang sobat alami bentuknya vertikal memanjang yang biasanya di alami pada mesin fotocopy IR 5000/ IR6000 penyebabnya biasanya tidak jauh berbeda dari apa yang sudah saya jelaskan di atas namun apabila semua sudah di coba dan masalah belum hilang sobat bisa setting bagian PLAT REGIST karna biasanya tidak persisi.

Semoga artikel ini beberikan wawasan baru untuk sobat yang mengalami masalah mesin fotocopy belang, jangan lupa untuk like dan share ke teman - teman.

0 Response to "Ditemukan 7 Cara mengatasi hasil Fotocopy belang dan penyebabnya"

Posting Komentar