Jangan Buka Usaha Fotocopy Sebelum Baca ini

Jangan Buka Usaha Fotocopy Sebelum Baca ini - ini judul yang pas untuk postingan kali ini , usaha fotocopy akhir - akhir ini banyak di lirik oleh sebagian masyarakat sebagai usaha yang pas di lokasi yang berdekatan dengan kantor, sekolah, lembaga atau bahkan jauh dari intansi sekalipun.

Mengapa demikian? mungkin faktor utama yang menjadi pilihan ialah usaha ini tidak ada matinya setiap masyarakat akan membutuhkan jasa fotocopy baik dalam urusan buku, dokumen dan sebagainya terlebih jika usaha ini di gabungkan dengan jasa cetak lainnya. tentu dengan banyaknya peminat di bidang usaha ini bukan berarti usaha ini adalah usaha yang mudah di jalankan dan beranggapan remeh dengan bayangan meraup untung yang sebesar - besarnya. anggapan seperti ini tentu salah.

Jangan Buka Usaha Fotocopy Sebelum Baca ini
Jangan Buka Usaha Fotocopy Sebelum Baca ini

Kali ini kami akan berbagi tips sebelum memulai usaha ini tentu ada beberapa hal yang menunjang yang harus dimiliki, semoga setelah anda membaca isi artikel ini memberikan energi semangat untuk segera mendirikan bisnis membuka usaha fotocopy.

Hal yang perlu disiapkan sebelum memulai usaha fotocopy

1. Mental
Mental adalah modal utama dalam memulai semua bidang usaha. Awal - awal anda membangun usaha ini tentu tidak akan ramai dan fase ini yang harus anda siapkan mental sebagai pengusaha fotocopy. Menurut pengusaha Sandiaga Uno, seorang pengusaha harus mempunyai mental kuat dan tahan banting. Ia juga harus selalu optimis dan bisa berpikir positif atas segala tindakannya yang ditopang dengan keberanian dalam mengambil keputusan. Dalam hal ini, mantapkanlah pemikiran anda untuk memulai usaha sendiri tanpa mengandalkan gaji bulanan. Pengusaha fotocopy terkadang harus bisa berpikir mendapat kenaikan keuntungan dari bisnisnya sendiri. Termasuk risiko menerima lebih banyak kerugian daripada keuntungan.

2. Perlunya Perencanaan 
Sebelum memikirkan usaha fotocopy yang akan ditekuni, perencanaan dan strategi harus dihadirkan terlebih dahulu. baik dari rencana pembelian tipe mesin yang cocok dan untuk investasi alat lainnya. Dengan adanya perencanaan yang matang maka kesalahan bisa diminimalisir jangan sampai membeli alat tapi tidak ada fungsi dalam usaha fotocopy anda. Bahkan terkadang rencana terbaik pun bisa berubah sesuai kondisi pasar sehingga diperlukan perencanaan yang fleksibel.

3. Lihat Modal
Modal merupakan faktor penunjang disetiap bidang usaha tanpa yang satu ini membangun suatu usaha akan sulit. Lihat lah kembali modal yang anda sediakan dan coba tulis kebutuhan alat dan bahan apa saja yang akan ada jual di dalam usaha fotocopy dengan mengkaji hal ini tujuannya agar bisa memperkecil pengeluaran dana sia-sia.

4. Lihat Lokasi
Lokasi Penentu Hoki, Usaha fotocopy merupakan usaha yang bergerak di cetak dokumen sudah tentu yang banyak membutuhkan bidang ini kebanyakan sekolah dan juga kantor - kantor. meskipun usaha ini bisa didirikan jauh dari pusat sekolah dan kantor cobalah membuka usaha fotocopy dengan lokasi yang mudah di akses masyarakat misal di depan jalan tujuannya agar usaha dapat dengan mudah di jangkau nantinya dengan konsumen anda.

5. Pilih Mesin Fotocopy Yang Tepat
Ini adalah faktor pertama penunjang usaha anda yaitu mesin, ruanganbaca.com akan memberikan tips bagaimana menentukan mesin fotocopy yang tepat :
  • Lihat Kualitas copy, caranya adalah dengan melihat hasil copy dengan warna hitam yang blok (solid). Dari sini kita bisa mengetahui kuwalitas Drum/fixing roller/developer dan kondisi umum dari mesin fotocopy bisa dikatakan normal.
  • Cek Kertas paper jam ( kertas macet ), caranya dengan menjalankan beberapa copy melalui semua kasets ( tempat kertas/tray ) perhatikan adakah kertas yang macet.
  • Kebersihan secara keseluruhan, cek bagian luar dan dalam mesin dan pastikan mesin telah diservice dengan kondisi baik dan siap untuk di ajak bekerja.
  • Garansi servis dan suku cadang yang diberikan oleh penjual, pada umumnya para penjual mesin rekondisi hanya memberikan garansi servis saja tanpa ada garansi penggantian suku cadang dalam jangka waktu tertentu. Untuk memastikan atau meyakinkan pelanggan bahwa mesin tersebut dalam kondisi layak pakai ( 85% – 90% )
  • Tingkatan kualitas Mesin fotocopy rekondisi pada umumnya dibagi dalam kategori mesin menurut penanganan mesin tersebut, saran saya tanyakan asal usul mesin yang akan anda beli kepada penjualnya. Tidak sedikit juga yang mengaku ngaku telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang berada di Luar Negeri seperti USA dan Singapore, Lantas anda percaya begitu saja dengan tampilan foto foto perusahaanya? Sebaiknya jangan gegabah jika memang perusahaan tersebut telah bekerja sama dengan perusahaan di Luar negri paling tidak perusahaan tersebut memiliki legalitas atau struktur organisasi yang jelas seperti contohnya CV atau PT. Namun hal ini tidak bisa menjadi patokan hal yang terpenting adalah mengecek kondisi mesin bukan menelusuri asal usul mesin tersebut.

6. Mau Belajar
Sifat ini juga perlu di siapkan terkadang usaha fotocopy harus siap mempelajari hal seputar mesin mengapa demikian? Kondisi mesin yang terus menerus di gunakan untuk bekerja adakalanya mengalami kehausan atau sudah tidak layak pakai tentu hal ini perlu diganti pada bagian - bagian part tertentu hal ini lah yang menuntut anda harus belajar bagaimana cara mengganti part - part tersebut. mungkin hal ini adalah bukan mengharuskan anda harus bisa menangani semua kerusakan mesin namun untuk jaga - jaga tidak ada salahnya ada mempelajari hal - hal kecil fungsinya adalah ketika teknisi anda sedang berhalangan bisa saja anda ganti part - part tersebut dengan sendiri.


7. Networking
Membangun jaringan dengan orang-orang yang memiliki kapasitas yang sesuai dengan usaha fotocopy hal ini bisa membantu anda dalam hal-hal yang belum terpecahkan. Jangan pernah takut untuk mengajukan pertanyaan dan selalu mau membuka diri untuk belajar hal-hal baru dari mereka rekan - rekan sesama pengusaha fotocopy yang sudah berpengalaman. Belajar dari orang lain tak hanya tentang keberhasilan namun juga kegagalannya.


8. Faktor X
Kesuksesan bagi setiap orang berbeda-beda, ada yang cepat terjadi adapula yang membutuhkan waktu lama. Cobalah menemukan faktor X tersebut dengan mencoba banyak hal baru dan tidak langsung menyerah saat mendapati kebuntuan atau kegagalan. Banyak pengusaha yang ketika mulai menuai sukses di sebuah bidang, maka saat itulah faktor x sudah mulai ditemukan.

Nah, dari beberapa persiapan tersebut mudah- mudahan rencana membuka usaha fotocopy cepat terwujud dan menambah tekad anda atau yang sudah memiliki usaha fotocopy cepat membuka cabang baru. jika dari beberapa penjalasan di atas masih ada yang kurang silakan tambahkan ke kolom komentar, Jika bermanfaat silakan share dan Like ya.

0 Response to "Jangan Buka Usaha Fotocopy Sebelum Baca ini"

Posting Komentar