Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara atasi hasil print tinta artpaper warna agak pudar

Jika saat ini kamu saat ini baru pertama kali menggunakan tinta artpaper pasti akan sedikit mengerutkan jidat pasalnya setelah melihat hasil cetak tinta artpaper dan tinta dye kenapa berbeda? Hasil cetak tinta artpaper terlihat lebih terang sehingga menghasilkan warna yang agak pudar. sedangkan hasil cetak tinta dye lebih pekat sehingga menghasilkan warna yang solid.

perbedaan ini jelas membuat pengguna artpaper dilema dan ingin kembali ke tinta dye semua tapi ketika menginginkan hasil yang tahan dan anti luntur jelas tinta artpaper adalah solusinya. Sebetulnya cara menajamkan kwalitas hasil cetak tinta artpaper ini cukup dari settingan program pengaturan warna.

tinta arpaper dan tinta ori
tinta arpaper dan tinta ori
 

So, pada artikel ini akan admin jelaskan bagaimana cara mengatasi hasil cetak tinta artpaper yang kurang tajam dan tidak jelas. 

Cara atur settingan tinta artpaper agar hasil cetaknya tajam

Permasalahan ini admin angkat dari beberapa kasus yang dialami pengguna baru yang menggunakan tinta artpaper. Sebut saja ini kasus semesta yang baru hijrah ke penggunaan tinta artpaper. lebih detailnya pengalaman yang bersangkutan :

Berawal dari cetak orderan idcard dan stiker yang jika diperhatikan hasilnya kok ya gak sama dengan cetakan tinta dye. yang mana cetakan hasil print tinta artpaper kurang tajam sehingga tanya sana tanya sini dan ternyata masalah ini dirasakan oleh semua pengguna tinta artpaper atau tinta Ap.

Singkat cerita dengan kondisi seperti ini dilakukan beberapa langkah yang nantinya akan di bagikan di artikel ini. Langkah yang dilakukan adalah mengubah settingan warna pada photoshop atau pada aplikasi yang digunakan sebagai media edit master cetakan.

Baca Juga :
Cara Ganti tinta Dye ke Artpaper agar tinta printer tidak mampet
Pengalaman printer epson yang cocok dengan tinta art paper, pigmen dan sublimasi

Mudah Cara Cetak Kartu Vaksin Sendiri

Karena jika tanpa mengakali dengan cara perubahan pada warna yang terdapat pada master file maka hasil cetak menggunakan tinta artpaper lebih pudar dibanding dengna tinta dya yang hasil cetaknya baik.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara setting tinta artpaper agar hasil printnya sama dengan tinta original epson atau tinta ori.

  1. Pada settingan properties printer pilih mate dan kwalitas bisa standard atau high
  2. Pada Photoshop pilih menu image - Adjustement - Level
  3. Pada photoshop pilih menu Image - Adjustement - hue/saturation

Dengan settingan ini maka level tinta artpaper akan lebih kontras hasil cetaknya. untuk lebih detailnya silahkan simak penjelasna bergambar dibawah.

 

pengaturan printer


levels

levels

Hasil akhir yang diaplikasikan pada kartu vaksin.

cetak kartu vaksin
cetak kartu vaksin

Kesimpulan :

Menggukana tinta artpaper memang terkadang hasil cetak tidak sesuai layar monitor. jadi apabila ingin menghasilkan warna yang kontras dan jelas settingan pada layar monitor harus lebih gelap. karena tinta artpaper hasil cetaknya cenderung saturasi warna yang dihasilkan lebih cerah.

Semoga artikel ini membantu teman-teman dalam settingan tinta artpaper.

Posting Komentar untuk "Cara atasi hasil print tinta artpaper warna agak pudar"