Perlu dibaca strategi bisnis Jemput Bola VS Tunggu Bola


Perlu dibaca strategi bisnis Jemput Bola VS Tunggu Bola - Sebagai pembisnis pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya strategi bisnis Jemput Bola VS Tunggu Bola nah di artikel ini kita akan bahas kedua cara marketing tersebut kira-kira efektif yang mana dan cara mana yang perlu kita gunakan dalam marketing agar jualan kita laku. Perlu diketahui dalam dunia bisnis mencari pelanggan adalah hal utama tanpa ada pelanggan siapa yang akan membeli produk kita? baik dalam penjualan barang atau menawarkan jasa.
Perlu dibaca strategi bisnis Jemput Bola VS Tunggu Bola
Perlu dibaca strategi bisnis Jemput Bola VS Tunggu Bola

Sebelum kita membahas dan menjadikan sebuah kesimpulan apa itu sistem marketing dengan cara jemput bola dan apa itu tunggu bola? sebaiknya kita pecahkan dulu beberapa persepsi yang ada dikebanyakan orang yang memiliki pendapat berbeda - beda antara pengertian di masing - masing bisnis.
  1. Apasih yang dimaksud dengan strategi marketing menjemput bola?
  2. Apa saja keuntungan dan kekurangan dari strategi pemasaran jemput bola ?
  3. Apa pengertian atau definisi dari pemasaran tunggu bola?
  4. Apa kelebihan dan kekurangan pemasaran dengan cara tunggu bola?
  5. Bisnis bidang apa saja yang harus menerapkan strategi jemput bola dan tunggu bola?

Pengertian atau Definisi strategi pemasaran jemput bola

Cara pemasaran dengan jemput bola sampai sekarang masih sangat efektif dan dapat digunakan, dengan cara langsung menawarkan produk barang ataupun jasa kepada konsumen, caranya dengan turun kelapangan dengan persentasi secara door to door atau pintu ke pintu atau bisa juga menghubungi lewat telpon, sms, email, inbox sosial media atau beriklan di facebook ads.

Jika kita kaitkan dengan filosofinya arti dari strategi pemasaran jemput bola ini adalah olah raga bola kaki atau sepak bola dimana dalam mencetak gol seorang stiker harus turun kebawah untuk menjemput bola kemudian digiring kedepan gawang lawan. dalam hal ini bisa diterapkan dalam urusan bisnis kita.

Keuntungan dan kelebihan stategi pemasaran jemput bola



Dalam melakukan strategi pemasaran secara jemput bola ini seseorang haruslah membawa barang yang secara langsung ditawarkan kecalon konsumen, sehingga kemungkinan penjualan akan lebih besar. adapun keuntungannya adalah sebagai berikut :
  1. Pedagang dapat mengeksplore kemampuan untuk mempengaruhi konsumen /calon pelanggan untuk membeli barang / jasa yang kita jual.
  2. Dapat menggugah minat calon pembeli yang awalnya merasa tidak membutuhkan produk yang kamu tawarkan kemudian tertarik untuk membelinya.
  3. Konsumen dapat leluasa bertanya mengenai produk yang ditawarkan secara detail karena bisa tanya - tanya langsung dengan anda sebagai pedagang.
  4. Produk bisa langsung dicoba ditempat.

Kekurangan dan kelemahan strategi jemput bola

  1. Menguras tenaga, waktu serta biaya transportasi yang harus anda tempuh dan mencari titik - titik tempat pemasaran.
  2. Resiko barang dagangan rusak sebelum melakukan penjulan besar, hal ini disebabkan faktor gesekan selama perjalanan dan terlalu sering dicoba tapi batal dibeli calon konsumen.

Jenis produk yang cocok menerapkan strategi jemput bola

  1. Produk baru yang belum banyak dikenal masyarakat baik itu elektronik atau lainnya.
  2. Lukisan, kaligrafi dan kerajinan tangan hiasan lainnya.
  3. Alat kecantikan, kesehatan
  4. Mainan anak, obat -obatan 
  5. Farfume
  6. Jasa Asuransi, Jasa foto keliling

Pengertian dan Definisi strategi tunggu bola

Sistem pemasaran ini adalah dengan cara penjual menunggu pembeli datang atau menghubungi lalu mengadakan follow up. Untuk kamu yang sering melihat tayangan bola pasti tahukan tipikal penyerangan murni seorang stiker tidak perlu banyak bergerak hanya berdiri dan menunggu umpat datang dari gelandang untuk mencetak sebuah gol. atau dalam hal bisnis bisa disebut target penjualan.

Keuntungan atau kelebihan strategi pemasaran tunggu bola

Berbeda dengan halnya jemput bola beberapa keuntungan dari pemasaran tunggu bola meliputi :
  1. Hemat energi serta waktu karena pedagang tidak perlu kemana - mana cukup mencari pelanggan dari toko atau ruko.
  2. Kemungkinan besar deal karena orang yang datang ketoko artinya mereka sedang membutuhkan.
  3. Nilai jual tinggi karena konsumen yang membutuhkan namun dalam hal ini tidaklah selalu berlaku terutama untuk usaha yang banyak saingan,

Kekurangan dan kelemahan sistem marketing tunggu bola


  1. Membutuhkan tempat roko atau tempat usaha yang mungkin dengan biaya sewa yang tinggi
  2. Butuh biaya promosi

Jenis usaha dan produk yang cocok menggunakan sistem pemasaran tunggu bola

  1. Produk kebutuhan pokok seperti : Menjual sembako, toko kelontong / retail, toko pakaian, toko alat teknik, toko handphone, gerai-gerai di mall dll
  2. Tempat hiburan seperti wisata.dll
  3. Rumah Makan

Jemput Bola atau Tunggu Bola Mana yang Efektif?

Jemput Bola atau Tunggu Bola Mana yang Efektif
Jemput Bola atau Tunggu Bola Mana yang Efektif
Dalam prihal kedua cara pemesaran antara jemput bola dan tunggu bola ini kembali lagi kepada anda strategi apa yang akan dipakai namun banyak yang beranggapan strategi jemput bola lebih efektif dibanding dengan tunggu bola. benarkah begitu? Faktanya keduanya sama saja yang perlu dipertimbangkan adalah waktu, tenaga dan biaya. Tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk memulai cara keduanya. Namun bedasarkan pengalaman saya cara tunggu bola lebih ringan dan tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga serta akomodasi.

Baca Juga Artikel Menarik :
Diera digital saat ini teknologi informasi menjadi hal paling penting dalam wadah promosi bisnis anda, istilahnya adalah Internet marketing yaitu strategi rebutan bola, stategi sliding tackle, strategi clean sheet atau apalah istilahnya. Yang jelas strategi ini akan berhubungan dengan media internet baik itu periklanan melalui Facebook Ads, Instagram Ads, Atau Google Ads.

Jadi sekarang anda tinggal pilih mana yang cocok dengan produk anda dan mulailah memasarkan dengan cara keduanya atau jika penasaran bisa dilakukan percobaan satu persatu dalam hal ini anda sendirilah yang akan mengetahuinya yang pasti tidak ada sistem apapun yang 100% sempurna. Apapun yang anda jalankan pastinya ada kelebihan dan kekurangan dari masing - masing. Semoga hal ini bermanfaat dan menjadikan sebuah pilihan dalam aspek strategi bisnis Jemput Bola VS Tunggu Bola.

Catatan: kesimpulan ini hanya berdasar pendapat serta pengalaman pribadi. Anda boleh tidak sepaham karena pengalaman dan cara pandang tiap orang berbeda dalam menilai sesuatu.
Previous Post
Next Post
Related Posts