Cara Merekrut dan Menggaji Karyawan Bisnis Fotocopy Agar Tidak Rugi

9/23/2019
Ada sebagian kalangan pengusaha fotocopy yang masih belum 100% mengandalkan pendapatan dari tokonya karena bingung melepas pekerjaan yang sekarang sedang dijalankan dan masih banyak alasan lainnya, tentu hal tersebut tidaklah salah. Namun dengan kesibukan anda tersebut jangan sampai pelayanan konsumen toko fotocopy anda menjadi terhambat karena anda jarang berada di toko. jika hal tersebut terjadi pastinya jangan fikir panjang lagi cobalah gunakan karyawan yang dapat anda percaya. Mencari karyawan yang dapat dipercaya untuk jujur dalam segala hal di dalam urusan manajement toko memang sulit namun hal tersebut bukanlah menjadi hambatan bagi kita. 

Dalam mengarahkan karyawan agar giat bekerja dan juga menghindari hal - hal yang tidak kita inginkan adalah dengan memberikan SOP (Standard Operating Procedures) atau standard kerja pada keryawan tersebut dimana standart kerja merupakan aturan yang ada ditoko anda. dengan menerapkan standard kerja pada toko tentu banyak sekali keuntungannya karena karyawan akan tahu apa yang harus dikerjakan dan apa yang tidak harus dilakukan. Untuk SOP sendiri tentu beda - beda aturannya setiap toko dan keinginan dari pemilik usaha tersebut.

Selain SOP agar karyawan tidak keluar dan masuk dalam masa priode yang tidak kita inginkan adalah dengan membuatkan surat kontrak kerja. dimana surat ini berisi mengenai kontrak kerja selama 1 tahun besarta peraturan dan juga hal - hal yang berkaitan dengan kontrak selama satu tahun tersebut. diberikan materai dan di tanda tangani oleh orang tua wali jika masih remaja serta karyawan itu sendiri. dengan menerapkan ketentuan sejak awal dan juga kesepakatan taraf gaji yang diberikan tentu ini akan membuat tranparasi semuanya dan kesanggupan dari karyawan tersebut. Didalam ketentuan - ketentuan SOP baiknya dijelaskan lebih mendetail bahkan hal ini harus benar - benar anda fikirkan sebelum membuat dan memberikan SOP tersebut kepada karyawan.
Cara rekrut karyawan toko fotocopy
Cara rekrut karyawan toko fotocopy

Dalam menggaji karyawan tentu anda harus melakukan perincian awal sebelum akhirnya menetapkan untuk menggunakan karyawan dan menggajinya. Hal tersebut untuk mengetahui laba usaha dan berapa gaji karyawan agar anda masih dapat membagi keuangan tersebut setiap bulannya. Tahapan ini tidak dapat dilakukan secara instan baiknya satu bulan sebelumnya anda sudah memiliki catatan toko antara modal dan laba. dengan mengetahui laba bersihnya anda bisa membaginya berapa persen dari pendapatan tersebut misal pendapatan laba bersih toko rata - rata setiap bulannya adalah Rp. 3 Jt anda bisa memberikan gaji karyawan Rp. 800 s.d 1 Jt tentu dengan catatan karyawan harus memberikan totalitas kerjanya untuk toko. Jangan sampai karyawan diberikan gaji namun pekerjaan toko menjadi tidak teratur.

Tahapan mencari karyawan pun anda bisa lakukan interview tanyakan baik dari asal sekolah, tempat tinggal, kemampuan, cara berkomunikasi dan sebagainya yang menurut anda perlu ditanyakan. dengan mengetahui hal - hal tersebut tentu akan menjadikan gambaran untuk kita dalam mengenalinya. Misalnya ditanyakan tempat tinggal jika tempat tinggal terlalu jauh hal ini bisa kita fikirkan ulang bagaimana dengan jarak karyawan dan toko apakah masih terbilang standard? Asal sekolah biasanya kita apabila sudah lama menjadi penduduk suatu daerah akan mengenali kwalitas dari asal sekolah tersebut. Serta menanyakan kemampuannya dibidang komputer untuk memastikan hal ini dapat anda tes dengan perlatan komputer yang ada di toko anda. Pada tahap ini kita tidak bisa berharap akan mampu mengoprasikan aplikasi - aplikasi yang biasa kita gunakan misalnya adobe photoshop, coreldraw, ai tentu untuk anak - anak lulusan SMA / SMK hal ini sangat jarang.yang terpenting adalah calon karyawan anda bisa menjalankan mouse dengan baik tidak bergetar, mampu mengoprasikan ms.word untuk berikutnya adalah tugas anda untuk membimbingnya secara terarah mengikuti apa yang perlu di pelajari toko fotocopy tersebut. Perlu diperhatikan cara berkomunikasi calon karyawan biasanya sudah terlihat sejak awal misalnya pendiam atau memang bisa diajak bicara namun hal ini bisa anda atasi dengan SOP yang nanti dibuat.

Kontrak Kerja dan Berikan penjelasan SOP Toko

Apabila sudah mendapatkan karyawan yang dirasa tepat untuk bekerja di toko fotocopy anda, anda bisa meminta fotocopy ktp untuk data yang dibuat surat kontrak kerja serta Jelaskan mengenai kesepakatan anda untuk memberikan nominal gaji apakah karyawan mau? pastinya dengan catatan karyawan dituntut agar mau belajar menguasai prihal pekerjaan ditoko. bicarakan juga mengenai kontrak kerja yang anda akan buat. setelah semuanya sudah sepakat berikan waktu minimal 3 sampai dengan 4 hari untuk karyawan masuk dan mulai bekerja dalam tahap tersebut anda bisa memikirkan SOP yang akan dibuat atau sebelum mencari karyawan jauh - jauh hari anda sudah menyiapkan berkas SOP yang akan diterapkan pada toko, Hari pertama karyawan masuk baiknya dijelaskan mengenai SOP atau standard kerja yang sudah anda buat berdasarkan point - pointnya untuk isi nya bisa andabuat sesuai dengan keinginan peraturan di toko misalnya :
  1. Karyawan harus masuk jam 07.30 Wib dan Tutup Toko Jam 16.30 Wib
  2. Karyawan dilarang bermain handphone saat sedang ada pekerjaan
  3. Karyawan harus merawat toko baik itu merapihkan barang dagangan, membersihkan toko
  4. Karyawan harus ramah dan memiliki 2 S terhadap konsumen yaitu sapa dan senyum.
  5. Karyawan dilarang membawa teman  atau orang luar yang masuk kedalam toko
  6. Tidak diperbolehkan mempercayai orang lain yang meminta uang atau sebagainya selain pemilik toko.
  7. Karyawan harus memiliki sifat jujur dan dapat diberi amanah
  8.  dsb
Setelah menjelaskan semua SOP yang anda buat tentu karyawan harus mempelajari satu persatu maksud dari point - point diatas anda bisa menjelaskan di depan karyawan baru tersebut. Adapun apabila dilanggar di point terakhir anda bisa menuliskan sanksi yang akan diberlakukan bisa dari gaji dipotong atau dapat peringatan pertama dan sampai ketiga karyawan dikeluarkan. Hal seperti ini adalah tegas namun tidak akan menyakiti hati karyawan tersebut apabila harus dikeluarkan karena memang sudah dijelaskan sanksi dari awal. Berbeda dengan isi Surat kontrak kerja Karyawan berisi point - point seputar ikatan kerja sama antara karyawan dan toko.

Pada tahap - tahap karyawan baru ini anda bisa membimbingnya selama kurang lebih 3 bulan, jangan terburu - buru untuk melepas karyawan mandiri menjaga toko karena karyawan pastinya belum mengetahui bagaimana cara melayani konsumen yang baik. Ajari mulai dari cara melayani cara mencetak foto dengan photoshop, cara menjilid, cara potong kertas, cara fotocopy buku, cara fotocopy ktp, cara fotocopy stnk. dll tahap ini memang sulit karena kita harus sabar tidak jarang terjadi kesalahan pada setiap praktek yang dilakukan. Anda juga harus mengajarkan karyawan mandiri misalnya biarkan saja kerjaan karyawan yang menghandle meskipun sedang belajar dan selalu awasi mengenai kerapihan hasilnya. Tahapan ini anda jangan malas mengejarinya nah agar karyawan nantinya setelah bisa tidak seenaknya keluar di dalam surat kontrak kerja tersebut dituliskan point penting yaitu : Apabila karyawan akan keluar atau meninggalkan toko /resign harus memberitahu minimal 3 bulan sebelumnya dan siap mengajarkan karyawan baru untuk pengganti.

Jadi anda tidak capek untuk mengajari karyawan baru nantinya jika karyawan pertama anda resign. Setelah dilihat dan nilai karyawan sudah mampu mengatasi kerjaan - kerjaan di toko nah anda bisa siap - siap untuk mengajarkan cara mengatur keuangan toko misalnya ajarkan sejak awal masuk untuk mencatat barang dan juga jasa yang dijual serta pengeluarannya. Saya sendiri sejak awal sudah menggunakan aplikasi kasir fotocopy jadi tidak takut lagi terjadi kebocoran modal. [Mendapatkannya disini]

Setelah semuanya dirasa sudah siap anda bisa pelan - pelan mundur dari usaha yang sudah di pegang karyawan tersebut dan fokus pada bisnis baru dan juga mulai merintis lagi usaha yang akan anda buka di beda tempat. dengan system ini anda sudah menjadi pembisnis bukanlagi usaha tentu cara ini adalah mendekati cara pensiun dini yang mana idaman setiap orang dalam berkarir anda bisa fokus dengan keluarga dan pekerjaan semuanya sudah ada yang menghandle namun bukan berarti semuanya anda lepaskan begitu saja. meskipun anda sudah tidak berkecimpung di toko lakukan pengecekan keuangan setiap sore hari dan pendapatan toko apabila dirasa karyawan satu kurang tambahkan satu karyawan lagi agar terhandle.

Demikian cara merekrut karyawan dan menggaji karyawan semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »