Recent Posts

Komplet Contoh Usaha di Desa Berkembang yang Menjanjikan

Komplet Contoh Usaha di Desa Berkembang yang Menjanjikan - Bisnis atau usaha di perkampungan tidaklah menjadi barang mustahil untuk bisa sukses, apabila kita dapat melihat peluang pastinya anda bisa sukses meskipun usaha di desa. Namun faktor yang menjadi penghambat usaha didesa umunya adalah SDM masyarakat sekitar jadi usaha didesa harus disesuaikan dengan keadaan masyarakt sekita. Misalnya usaha didesa SDM nya rendah namun anda membuka usaha untuk tingkat elite artinya hal ini pasti tidak dapat menyeimbangkan masyarakat sekitar disinilah anda harus pintar membaca kebutuhan masyarakat desa.

Namun hal tersebut bukanlah penghalang meskipun sebagian orang berpendapat peluang usaha dikota lebih baik dari peluang usaha didesa. pernyataan ini bisa dikatakan benar atau tidak dalam artian tidak dapat dibuktikan secara logis, nyatanya banyak pengusaha didesa yang bisa benar - benar sukses melebihi usaha di daerah perkotaan. Namun lain hal nya jika kita sebagai karyawan di pusat kota pastinya akan berbeda dengan karyawan kantor didesa,

Peluang usaha didesa dapat sukses apabila anda membuka bisnis atau wirausaha. Dan tidak mungkin bisa sukses apabila anda hanya karyawan. Apalagi jika anda adalah seorang yang mau maju dengan mengembangkan diri.

Agar kita cepat ketika mencari ide peluang usaha di kampung, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Survey Peluang di Desa

Cobalah untuk melihat dan mencermati kebutuhan masyarakat sekitar anda, mulai dari kebutuhan dan juga prospek apa yang akan dijadikan peluang. Nah untuk melakukannya ada beberapa tahapan yang pelu kita lihat dengan melakukan survey yaitu dengan bertanya kepada orang terdekat. misalnya kerabat, orang tua, teman atau tetangga.

Namun dalam membuka usaha ini pastikan anda juga sudah menguasai beberapa hal yang akan di jual kepada lingkungan.

2. Ketahui Minat serta Bakat yang anda miliki

Terkadang kita tidak sadar sebetulnya dirikita memiliki sebuah kelebihan baik itu dari keahlian ataupun hal lainnya yang bisa dibuka sebagai usaha yang kedepannya dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat dan diri anda sendiri. Misalnya bakat anda mampu mengoprasikan komputer nah cobalah untuk membuka les komputer untuk warga sekitar dengan biaya yang ringan, atau bila anda mengusai bahasa inggris cobalah membuka bimbel. 

3. Cobalah Amati dan tiru serta modifikasi ATM

Jika anda ingin cepat sukses pastinya perlu belajar dengan orang yang sudah sukses sebelumnya, atau orang yang tepat artinya anda bisa meniru dari orang yang sudah ahli dibidang yang mereke geluti jangan belajar dari orang yang mengandalkan teori tanpa adanya pengalaman dalam menjalankannya. Dari mengamati dan meniru anda bisa memodifikasi cara tersebut menjadi lebih hebat lagi entah dari caranya atau pelayanannya.

A. Usaha dan Modal Pertamini / Pom bensin mini portable

modal usaha pertamini.jpg
modal usaha pertamini
Pertamini atau pom bensin mini ini salah satu peluang usaha didesa yang mana biasanya untuk membeli bensin ke POM besar akan lebih jauh dari tempat anda tinggal, sehingga anda bisa memulainya usaha ini dengan menjual bensin eceran. untuk pemula anda bisa menyiapkan modal yang cukup minim nah admin ruanganbaca.com sudah merangkum gambaran usaha pertamini dibawah ini :
  1. Harga satu unit pertamini berkisar antara = Rp : 5.000.000
  2. Biaya modal 100 liter bensin jika harga perliter @Rp 7500 = Rp 750.000
  3. Biaya operasional listrik selama per bulan = +/- Rp 60.000 (Opsional)
  4. Alat keselamatan seperti portable pemadam kebakaran = Rp 150.000
  5. Biaya tambahan lain = +/- Rp 1.500.000 (Opsional)
  6. Gambaran total kebutuhan = Rp 7.460.000
Rincian usaha pom besin ini hanya sebagai gambaran untuk modal bisa kurang dari rincian diatas, apalagi jika metode usaha anda hanya menggunakan botol hitungan perliter pastinya anda hanya memerlukan botol saja.

B. Usaha Ternak Ayam Kampung Menggunakan 3 Sistem

cara ternak ayam kampung
cara usaha ternak ayam kampung
Jika kita perhatikan setiap tahunnya harga daging ayam dipasaran semakin melonjak tentu ini dapat dijadikan kesempatan bagi kita memulai bisnis ternak ayam, Namun dalam memulai peluang usaha ini banyak yang hal mesti dipelajari mulai dari pakan ayam, obat - obatan ayam dan juga cara merawat kandang ayam agar ternak selalu sehat.

Menurut sumber beberapa dekade ini peternak ayam kampung hanya mampu memenuhi kebutuhan pasar 25% s.d 30% saja selebihnya di dominasi oleh ayam jenis boiler. Dari hal tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa usaha ternak ayam kampung ini menjanjikan. Ada tiga metode yang dapat dilakukan dalam melakukan ternak ayam kampung ini diantaranya :

Metode Ternak Ayam Umbaran

Teknik umbaran ini masih digunakan hingga saat ini dikalangan masyarakat sebab cara ini tidak membutuhkan perawatan khusus. karena cara ini anda tidak perlu menyiapkan tempat yang luas namun hal dapat tidak aman jika lingkungan kurang mendukung. misalnya dimakan biayak.dll

Metode Ternak Ayam Semi Intensif

Cara ini dapat anda lakukan dengan membuat kandang yang luas agar ayan tidak lepas kemana - mana misalnya membuat pagar tinggi dari bambu dengan anyaman yang rapat. Dengan cara ini lebih mudah untuk mengontrol ayam.

Metode Ternak Ayam Intensif

Cara ini dengan mengurung ayam setiap hari di dalam kangang, tidak dilepas kemana - amana cara ini membutuhkan modal yang lumayan karena harus selalu mensuplai makanan ayam. Metode ternak ayam intensif ini memerlukan keahlian khsus oleh karenanya anda dapat menggali lagi lebih dalam cara bertenak ayam metode ini.

C. Usaha Jual Gorengan

Usaha Gorengan
Usaha jual gorengan memang masih berpotensi untuk didaerah desa atau perkotaan, karena gorengan merupakan makanan yang sudah menyatu dengan lidah orang indonesia. Nah bisnis gorengan bisa menjadi salah satu pilihan anda.

Jenis - Jenis Gorengan ini meliputi Bala - Bala, Pisang Goreng, Tahu Goreng , Piscok, dan masih banyak makanan yang di olah dengan metode goreng. Namun dalam usaha ini pastikan sebelum membuatnya rasanya dapat dinikmati dilidah orang lain.

D. Pulsa Hp dan Token listrik PLN juga bisa dijalankan di desa dengan modal yang relatif kecil

Jual Pulsa Di Kampung Halaman
Jika kita perhatikan kebutuhan akan pulsa saat ini meningkat apalagi ditambah dengan adanya pulsa token listrik artinya ini dapat dijadikan peluang baru untuk anda yang tinggal di pedesaan, Anda bisa memulai membuka usaha token listrik dan juga penjualan pulsa elektrik ini. Peralatan yang dibutuhkan untuk usaha pulsa adalah anda harus memiliki HP yang dapat digunakan untuk SMS bahkan HP jadul dapat dijadikan sumber penghasilan dengan berjualan pulsa.
 
Anda bisa mencari agen pulsa ini melalui orang disekitar biasanya ada salah satu agen yang menyedikan pulsa yang bisa anda tup up pulsa. bahkan umumnya pembelian saldo pulsa ini relatif kecil kisaran Rp. 50.000 saja. 
 
Mulailah dari modal seadanya terlebih dahulu untuk nantinya dapat merambah ke usaha yang lebih besar lagi.

Pulsa elektrik untuk apa saja?

  1. Untuk pengisian pulsa semua operator
  2. Untuk pengisian token listrik PLN
  3. Menjual Voucher Kuota 
Dalam usaha pulsa ini kuncinya apabila ingin sukses usahakan transaksi dengan cash apabila ada konsumen baik itu tetangga, saudara yang akan membeli. agar keuangan anda sehat karena jualan pulsa ini rawan dengan bond.

E. Buka Jasa Kursus / Bimbel 

modal kursus komputer
Buka Jasa Kursus / Bimbel
Membuka jasa kursus pastinya anda harus memiliki keahlian dibidang tersebut, dengan anda menguasai beberapa aplikasi komputer terutama word anda berkesempatan untuk mendidik orang lain untuk bisa seperti anda. salah satunya dengan membuka kursus atau bimbingan belajar kepada orang sekitar.

Modal untuk usaha kursus ini jika hanya untuk mengajarkan office saja anda hanya memerlukan komputer dengan spesifikasi pentium 4 saja. dengan modal perunit dibawah dari satu juta rupiah dan tentukan terget unit dan siswa yang nantinya bisa anda ajarkan.

Kursus ini bukan hanya soal komputer saja, sesuaikan dengan keahlian jika anda ahli dibidang mata pelajaran seperti bahasa inggris atau matematika anda bisa memulai membuka bimbel untuk kalangan pelajar.

F. Usaha Fotocopy Mini 

Usaha Fotocopy
Membuka usaha fotocopy memang tidak sebagian orang memiliki modal yang cukup, karena umumnya modal usaha fotocopy ini amat besar bisa sampai belasan juta rupiah namun saat ini kita tidak perlu terdoktrin dengan pernyataan tersebut. Mulailah dengan usaha fotocopy dan cetakan kecil - kecilan menggunakan printer 3 in 1 yang bisa difungsikan sebagai fotocopy, print dan cetak foto.

Apabila usaha mulai berkembang untuk kebutuhan fotocopy coba investasi dengan membeli fotocopy laser Brother L2540 dari sana anda bisa mengembangkan bisnis ini agar lebih kuat dan maju lagi. Perhitungan biaya modal usaha fotocopy pemula ini adalah 5 juta an. untuk pembelian printer dan juga mesin fotocopy tidak termasuk komputer. 

G. Usaha Sembako Mini Market di Desa

Usaha Minimarket di desa
Saat ini menjamur dimanapun anda bisa temui indomaret dan alfamaret nah untuk anda yang ingin berinovasi memiliki warung menyerupai mereka kenapa tidak dicoba, Anda bisa memulainya dengan menata barang - barang seolah - olah minimarket siapkan kasir di bagian depan dan pasang aplikasi kasir barang yang dapat didownload gratis diinternet.

Buat konsep sedemikian rupa meskipun tidak sama seluruhnya dengan yang ada di indomaret atau alfamaret setidaknya konsep ini dapat menarik pelanggan yang anda di desa anda. Namun pastikan terlebih dahulu jika ingin membuka usaha sembako mini market ini harus tidak disekitaran alfamaret dan indomaret. 

H. Warung Sarapan Pagi

Warung Saparan Pagi
Anda bisa memulai membuka gerai warung saparan pagi yang menyedikan nasi uduk, lontong sayur, dan beberapa pelangkap seperti gorengan,dll warung sarapan pagi ini sampai detik ini masih berpotensi sangat bagus untuk diterapkan di daerah perdesaan. 

Namun sebelum membuka usaha ini anda pastikan makanan yang dibuat memiliki rasa yang akan disukai oleh pembeli, jadi coba mintalah keluarga untuk mencicipi masakan anda terlebih dahulu sebelum mulai menjual ke orang lain.

I. Usaha Budidaya Ikan Tawar

Usaha budidaya Ikan di Desa
Budidaya ikan sangat berpotensi untuk dikembang diwilayah pedesaan apalagi jika ikan - ikan dapat diterima di pemasok lokal area pasar. pastinya akan memudahkan anda dalam membuka bisnis ini. Dalam memulai usaha budidaya ikan ini pastikan terlebih dahulu potensi pasar diwilayah anda misalnya mencari agen dan distributor ikan. 

Serta ketahui kekuatan pasar dan ketahui harga dari masing - masing ikan yang akan anda ternak. dengan hal tersebut pastinya akan membuat kekuatan dan semangat dalam ternak ikan untuk kedepannya. dibawah ini beberapa ikan yang cocok untuk dibudidayakan :
  • Ikan hias : 
  1. Ikan mas koi
  2.  Arwana
  3. Cupang
  4. Lougan
  5. Gurame
  6. Oscar
  7. Rainbow fish
  8. Man fish dll. 
  • Ikan untuk kebutuhan : 
  1. Ikan Nila
  2.  Betutu
  3.  Lele
  4. Belut
  5. Galah
  6.  Gurame
  7.  Kepting dll.

Kesimpulan :

Berapapun bisnis yang disuguhkan kedepan anda meskipun peluang terbuka lebar yang menjadi faktor utama adalah kemauan anda dalam menjalankan bisnis tersebut. misalnya kemauan untuk memulai, kemauan untuk bersar, kemuan untuk tekun berusaha dan kemauan untuk mengembangkan diri sampai cita - cita anda tercapai. Mulailah mempelajari orang - orang yang sudah sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel