Langkah Mudah Pasang infus dan Perbaiki printer canon

Printer dengan model lama diantaranya IP, PIXMA dan jajarannya memang masih menggunakan sistem suntik apabila ingin diisi ulang. tentu cara ini amat merepotkan karna selain memakan waktu terkadang hasil cetak terkendala tiba - tiba, saat sedang mencetak banyak tiba - tiba hasil printer bergaris yang disebabkan oleh tinta cartridge habis, tentu kita harus membuka cartridge lalu mengisi dengan cara menyuntikkan tinta. langkah ini terbilang ribet selain cepatnya masa tinta habis dan juga harus membuka tutup printer. solusinya tentu dengan dimodifikasi printer dengan cara memasang infus printer khususnya pada printer canon. pada postingan kali ini ruanganbaca.com akan membahas mengenai langkah langkah infus printer. dimana didalamnya akan kami jelaskan bagaimana cara memasang infus printer canon kebetulan kami tidak disertai dengan gambarnya, jadi anda bisa melakukannya dengan membaca perlahan - lahan dan dipraktekkan.

Dalam memasang dan memodifikasi printer infus ini sebetulnya tidak diharuskan memiliki keahlian khusus seperti teknisi, kuncinya adalah anda harus bisa memasang cartridge, membuka body printer bila diperlukan dan juga mengisi tinta cartridge. ketiga ini adalah hal dasar yang harus dikuasai sebelum memulai memasang infus sendiri dirumah, namun dari ketiga hal diatas utama yang perlu di siapkan adalah mental keberanian dalam penanganan printer itu sendiri. karna terkadang untuk pengguna awam takut sekali untuk menyentuh bagian printer miliknya yang dikhawatirkan adalah rusak dan macam - macam didalam fikiran. disini saya tidak memaksa anda harus mempelajarinya jika ada keraguan dalam pemasangan infus ini baiknya langsung dibawa saja ke service centre karna dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan pada printer anda.
Banyak sekali type printer dipasaran yang tidak disertakan tabung tinta sehingga akan merepotkan pengguna ketika melakukan isi ulang tinta, khususnya printer tipe dulu. sehingga memasang infus merupakan salah satu cara mengatasi hal tersebut. namun terkadang dari beberapa pengguna printer mengeluhkan hasil infus yang banyak masalah salah satunya adalah tinta tidak naik diselang infus.

Mengatasi Printer tinta infus tidak naik/ masuk angin

Membahas mengenai cara infus tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengetahui dasar - dasar permasalahan printer setelah diinfus oleh sebab itu membahas mengenai permasalahan printer yang di infus merupakan hal penting. perlu di jelaskan sebetulnya permasalahan pada sistem infus dikarnakan faktor kesalahan pada infus itu sendiri, yang bisanya saat modifikasi infus memiliki rongga udara sehingga menyebabkan selang masuk angin dan tinta berhenti di tempat tidak naik saat melakukan print. permasalahan tinta tidak naik ini bisa kita atasi dengan cara menyedot tinta yang berada diselang hingga tidak ada lagi udara terjebak di dalam selang tersebut. 
Permasalahan tinta tidak naik ini memang ditimbulkan pada jangka panjang, biasanya setelah di infus 1 minggu sampai 1 bulan printer mulai menunjukkan masalah. nah disini yang patut dicurigai adalah bocornya selang yang tersambung di area cartridge sehingga ketika printer melakukan cleaning atau proses sedot tinta yang tertarik adalah udara yang menyebabkan tinta tidak tertarik. masalah ini kebanyakan dibagian proses masuk selang ke dalam cartridge. perhatikan gambar dibawah ini :

Langkah Mudah Pasang infus printer Canon
Atasi cartridge masuk angin
Pada area yang saya lingkari kuning adalah area yang rawan mengalami kebocoran angin sehingga angin akan masuk melalui selang ini, cara megatasinya adalah dengan memberikan lem menggunakan lem sandal atau biasa digunakan lem Lem Fox Kuning, sampai kira - kira udara tidak ada kebocoran dari area ini.

Cara pasang Infus Printer Canon

Pasang infus printer canon memang terbilang gampang susah, karna apabila teori langkahnya salah maka tinta tidak dapat naik ke dalam cartridge atau biasa disebut dengan tinta masuk angin diselang printer. sebagian yang telah memodifikasi printer infus banyak yang mengeluhkan tinta tidak naik karnanya ada perlu mempelajari cara memasang infus cartridge canon dengan benar. dipasaran sendiri harga pasang infus printer cukup lumayan tinggi utuk pemasangan saja diluar dari biaya tinta dan juga pembelian tabung tinta printer dipatok dengan harga delapan puluh ribu rupiah, namun harga ini tidak dapat menjadi acuan karna tentunya setiap daerah memasang tarif yang berbeda-beda. type printer canon yang bisa diinfus diantaranya canon pixma mp237, canon ip2770, canon e410, canon MP287, E400, ip2700 dan jajarannya.

Hal - hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang infus printer canon

Dengan anda mengetahui hal - hal yang menyebabkan gagalnya infus printer yang akan kita bahas dibawah ini anda bisa lebih hati - hati dalam melakukan proses infus printer ini, langkah yang perlu diperhatikan diantaranya :
  1. Posisi selang, pastikan selang tidak menekuk dan tidak ditekuk yang dapat menghambat jalannya tinta masuk ke dalam cartridge pada saat printer cleaning.
  2. Sejajaran, sebelum memasang dan dipastikan menempel dibagian samping printer anda harus mensejajarakan posisi tabung yang akan ditempelkan ke body samping printer. agar antara Cartride dan tabung sejajar sehingga memudahkan aliran tinta ke printer.
  3. Pastikan selang tidak ada yang bocor, cek seluruh bagian - bagian selang terutama bagian selang yang masuk kedalam Cartridge printer bisanya disini rawan terjadi bocor udara yang masuk. 
  4. Gunakan tinta yang sudah pasti anda gunakan terus menerus dan mudah didapat jangan mengganti - ganti jenis merk tinta, karna masing - masing jenis tinta memiliki kandungan yang berbeda-beda sehingga akan membuat hambatan pada bagian cartridge.

Langkah - Langkah Infus Printer canon yang mudah dilakukan sendiri

Dalam memodifikasi infus anda perlu memperhatikan beberapa langkah dan alat yang perlu disiapkan sebelum  melakukan proses modifikasi infus printer. adapun alat - alat yang anda gunakan cukup mudah ditemukan di rumah. karna yang akan kita bahas disini adalah bagaimana cara memodifikasi printer hanya menggunakan alat - alat yang ada dirumah anda.

Alat - Alat yang perlu disiapkan dalam menginfus printer.

  1. Paku ukuran selang infus, anda bisa mengukurnya dengan menyamakan ukuran paku dan ukuran selang infus printer.
  2. Tang atau penjepit
  3. tisue - gunakan tisue yang biasa saja jangan ada aroma wangi dan basah.
  4. lem lilin atau bisanya kita menyebutnya lem tembak.

Cara Pemasangan Infus Printer :

  1. Lubangi Bagian katrik dengan paku dengan cara paku dipanaskan yang dipegang menggunakan tang atau penjepit. posisikan dibagian - bagian Cartridge printer yang saya tandai dengan kotak kuning dibawah ini, atau lebih jelasnya ada buka stiker yang melekat dibagian Cartridge maka akan melihat tanda cekungan lubang area untuk melubangi Cartridge  :
    Posisi Melubangi bagian Cartridge
  2. pasang selang yang sebelumnya di urut sesuai warna tabung misal untuk warna kuning posisikan selang kuning yang disambungkan ke area Cartridge printer. cara ini dilakukan sebelum mengisi tinta dibagian tabung. untuk melihat posisi atau letak warna Cartridge printer anda bisa lihat gambar dibawah ini.
    Posisi Warna Printer Canon
  3. Setelah semuanya terpasang beri lubang sedikit pada bagian atas Cartridge warna pada bagian ujung atas karna biasanya selang akan mengganjal dibagian ini.
  4. pasang dan posisikan selang seperti gambar dibawah ini,
  5. Isi Tinta sesuai dengan warna tabung masing - masing, setelah itu cabut bagian selang yang tertancap di bagian Cartridge printer dorong tinta menggunakan suntikan sampai menetes dengan cepat tancapkan ke Cartridge, jangan sampai ada rongga udara yang masuk. lakukan langkah ini ke semua lubang Cartridge.
  6. setelah semua selang terisi penuh tida ada udara terjebak didalamnya
  7. Lem bagian selang yang ke Cartridge menggunakan lem FOX yang biasa digunakan untuk lem sandal. tujuan lem ini adalah merapatkan agar tidak ada kebocoran udara ketika nanti digunakan.
  8. Langkah ini merupakan cara sederhana yang dapat dipraktekkan secara mandiri tanpa harus meninta tolong service center.
Baca Juga  :
Langkah Melakukan Isi Ulang Tinta Cartridge Printer Canon yang baik dan benar  
Perbaikan printer canon hasil cetakan kosong/polos
Langkah Memperbaiki Printer Canon IP2770 Lampu Kedap Kedip Termudah
Cara Mengatasi hasil print bergaris pada printer Canon
Solusi Memperbaiki tinta printer canon tidak keluar


Dari beberapa langkah diatas sudah pasti memberikan penjelasan yang lebih untuk ada yang sedang mencari cara infus printer canon sendiri, tanpa harus melihatkan service center cara ini mudah tapi mungkin beresiko. oleh karnanya kehati - hatian adalah faktor utama yang perlu diperhatikan juga. Apabila dari penjelasan diatas terdapat kekurangan ada bisa menambahkan di kolom komentar dibawah ini. terimakasih semoga membantu, jangan lupa like dan bagikan.

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel