Solusi Memperbaiki tinta printer canon tidak keluar

Solusi Memperbaiki tinta printer canon tidak keluar - saat ini menggunakan printer merupakan hal umum dilakukan baik kalangan pelajar atau mahasiswa sebagai media cetak dokumen, gambar atau foto dengan adanya mesin printer jelas telah membantu dalam proses cetak menjadi lebih mudah dan efesian. namun bagaimana cara sobat mengatasinya ketika printer yang biasa sobat gunakan mengalami beberapa kendala misalnya seperti yang kita akan bahas memperbaiki tinta printer yang tidak keluar.
Solusi Memperbaiki tinta printer canon tidak keluar
Memperbaiki tinta printer tidak keluar
Biasanya kerusakan seperti ini ditandai dengan hasil print kosong, tulisan bergaris. Banyak hal yang mempengaruhi tinta printer tidak keluar, mulai dari kosongnya tinta hingga rusaknya katrik. sehingga dalam menangani hal ini sobat harus meneliti satu - satu mulai dari yang termudah terlebih dulu misalnya mengecek keadaan tinta. apabila dirasa tinta masih banyak sobat bisa cek lainnya.

Baca Juga :

Seperti yang kita ketahui bersama printer jenis inkjet merupakan printer yang menggunakan tinta cair dengan cara kerja menyemprotkan titik-titik kecil (dot) tinta pada permukaan kertas yang dijadikan media cetak melalui lubang katrik (nozzle) sehingganya penyumbatan pada lubang katrik ini kerap terjadi yang dapat menyebabkan tinta tidak keluar.


Cara memperbaiki tinta printer yang tidak keluar tentu hal utama yang menjadi kendala adalah bagian katrik. yang mana katrik merupakan bagian penampung tinta sebelum di semprotkan ke kertas, langkah perbaikannya bisa sobat simak sebagai berikut :

1. Pastikan isi tinta didalam katrik tidak kosong, artinya sobat harus cek ulang isi tinta di dalam katrik apabila kosong sobat bisa isi terlebih dulu.
2. Lakukan Cleaning Langkahnya :
  1. Klik Start > Devices and Printer
  2. Klik kanan pada printer bermasalah yang terpasang pada komputer
  3. Pilih opsi Printing preferences
  4. Pada Tab Maintenance, akan muncul banyak opsi maintenance printer yang bisa sobat lakukan. Klik opsi Cleaning/ Deep cleaning. Tunggu hingga proses selesai. Lakukan 2 sampai 3 kali untuk hasil lebih memuaskan
3. Apabila proses cleaning sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil sobat lepaskan bagian katrid yang tidak keluar tinta ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Siapkan air hangat dalam sebuah wadah yang cukup untuk merendam ujung katrid. 
  2. Siapkan tisu
  3. Rendam bagian head katrid (flat kuning bagian bawah katrid) pada air selamat selama beberapa menit sambil di goyang-goyangkan. lakukan kurang lebih 3 menit
  4. Setelah proses selesai dilakukan keringkan katrid dengan cara di tempelkan tisu bagian bawah katrid jangan di gosok cukup di tempelkan saja.
  5. Diamkan beberapa saat sampai katrid benar - benar kering
  6. Pasang kembali katrid ke printer.
  7. Lakukan cleaning satu kali tunggu hingga benar-benar selesai. coba untuk mencetak
Apabila sobat sudah melakukan beberapa tips di atas namun hasil masih seperti semula tinta tidak keluar, artinya disini tidak ada jalan lain sobat harus mengganti katrid dengan yang baru. biasanya kejadian ini karna katrid sudah habis masa pakainya sehingga akan terjadi kerusakan pada katrid. 


0 Response to "Solusi Memperbaiki tinta printer canon tidak keluar"

Posting Komentar