Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami beda Upper, Fuser Film dan Element mesin fotocopy mana yang kuat

Halloo sahabat ruanganbaca.com pada kesempatan ini, admin mau berbagi pengalaman sekaligus semoga bisa menjadi bahan pengetahuan untuk semua pengusaha fotocopy pemula. mengenai perbedaan dan seberapa kuat dari masing - masing komponen unit pemanas pada mesin fotocopy yang menggunakan upper, Fuser, dan Element.

Mungkin kamu akan bertanya - tanya apa sih sebetulnya Upper, Fuser film dan Element? Nah sebelum saya membahas lebih dalam lagi, sedalam lautan india pastinya sobat semua mesti memahami dulu dimana dan apa fungsi dari masing - masing sparepart tersebut?

Upper, Fuser film dan element sebetulnya kedudukan nya sama yaitu untuk memanaskan kertas yang sudah dicetak toner agar menempel pada kertas. dan dari masing - masing part ini fungsinya untuk mengantarkan panas pada bagian unit fixing. 

Mana yang lebih kuat? Fuser Film, Upper atau Element?

Nah jika kamu pemula dalam urusan mesin fotocopy tentu harus memahami hal ini, mengapa demikian? karena dengan paham masing-masing kelebihan dan kekurangan dari sparepart ini tentu ketika kamu ingin upgrade mesin atau ingin membeli mesin fotocopy pastinya hal yang utama menjadi prioritas pilihan adalah mesin fotocopy yang terkuat dan awet untuk kerja banyak.

Alih-alih bicara mengenai mesin fotocopy yang kuat dan mampu kerja banyak tentu haruslah dilihat dari bagian sparepartnya terutama bagian pemanas unitnya. atau fixing unit. so kita harus lanjut membaca pembahasan dibawah ini agar pemahaman sobat tidak setengah - setengah.

Fuser Film Mesin Fotocopy

Telepas dari merk dan model mesin fotocopy fuser film banyak digunakan pada mesin fotocopy berbagai merk dan tidak terpaku pada satu merk, karena jenis ini merupakan sparepart yang banyak digunakan di mesin printer laserjet dan mesin fotocopy. 

Lho? Kok mesin printer sih pembahasannya?

Tenang, perlu diketahui cara kerja printer laserjet dan mesin fotocopy sama-sama memerlukan pengantar panas untuk melekatkan toner atau tinta pada kertas sehingga memerlukan sebuah element panas yaitu fuser film.

Bentuk fuser film adalah seperti gambar berikut :

fuser film mesin fotocopy

Jika kita perhatikan dari ciri dari fuser film ini adalah memiliki struktur seperti lapisan keret yang terbentuk dari silikon anti panas, jika kita sentuh bagian luarnya permukaannya lembut dan licin sehingga toner yang melewati fuserfilm tidak akan menempel dan tertinggal sampai mengerak.

Element Mesin Fotocopy (Heater Element)

Fungsi dari heater element ini sama hal nya sebagai pengantar panas pada area fixing unit agar toner menempel dikertas, terlepas dari itu untuk pengguna mesin fotocopy yang menggunakan heater element harus mengetahui 2 jenis dari heater element karena perbedaan type mesin akan berbeda pula voltase yang harus digunakan pada bagian element ini.

Baca Juga :
2 jenis Heater Element Mesin Fotocopy Canon
Penyebab dan cara mengatasi heater element fotocopy hangus

Pada mesin fotocopy 220 volt harus menggunakan heater element yang memiliki dua garis strip sedangkan pada mesin fotocopy voltase 110 volt harus menggunakan tiga garis strip. apabila anda salah dalam menentukan element pada mesin fotocopy yang akan terjadi adalah kerusakan pada heater elemen itu sendiri.

Perhatikan gambar dibawah ini untuk bentuk dari heater elemen pada mesin fotocopy.

heater elemen mesin fotocopy

Jika kita perhatikan secara mendetail bentuk heater ini seperti keramik yang memiliki garis strip penghantar panas.

Upper Mesin Fotocopy

Pemanas fixing unit yang bentuknya memiliki karakteristik keras adalah upper dimana bagian ini membentuk seperti selongsong pipa besi. fungsinya juga sama seperti fuser film yaitu untuk menekan kertas yang sudah tertempel toner dengan suhu panas agar toner melekat pada kertas.

Jika kita perhatikan gambar dibawah ini :

upper mesin fotocopy
 

Upper memiliki ciri seperti yang disebutkan diatas, yaitu selongsong besi dan daya tahannya lebih lama dibanding dengan fuser film.

jika kita bandingkan dari ketiga unit fixing ini tentu dapat kita memetik kesimpulan mana yang lebih kuat, apa sobat sudah bisa menebaknya?

Dari ketiganya akan lebih kuat jika diimbangi bagian pemanasnya, pasalnya heater yang dibalut dengan fuser film akan ada masa pakai yang lebih pendek umurnya sama halnya dengan kain pemanas yang terdapat pada mesin xerox Workcentre 7525 7530 atau kyocera 2040 dibanding dengan mesin yang menggunakan lampu dan upper pada bagian fixing unit akan lebih kuat dan tahan lama seperti kyocera 3860 atau 3660 atau untuk sekelas canon iR5000/iR6000