2 Jenis Heater Element Fotocopy Canon yang Wajib Anda Ketahui - Ruanganbaca.com

2 Jenis Heater Element Fotocopy Canon yang Wajib Anda Ketahui

Seperti yang kita ketahui heater merupakan keramik pengantar panas yang ada di mesin fotocopy canon IR, yang mana jenis heater ini kebanyakan digunakan pada mesin medium dengan type IR3300 dan jajarannya. bagian ini sangat vital sebagai penunjang kinerja mesin fotocopy dilapangan apabila bagian heater bermasalah biasanya mengeluarkan kode error E0000-0000. Untuk pengusaha fotocopy yang masih menggunakan mesin medium type Canon IR3300 atau IR3045 tentu sudah tidak asing lagi dengan permasalahan yang disebabkan oleh heater element ini. 

Pada kasus permasalahan heater element ini tentu ada beberapa hal dan faktor penyebabnya yang mungkin belum teman - teman ketahui. karena jenis heater ini memiliki dua type perbedaan pada voltase jadi jangan sampai salah anda memilih dan memasanganya pada fotocopy anda. Untuk type canon IR 3300 biasanya memiliki dua jenis voltase yang dipakai yaitu 220 Volt dan Juga 110 Volt dalam hal ini anda harus tahu voltase pada mesin fotocopy yang anda gunakan agar tidak kesalahan saat mengganti Heater Element ini.

Jika kita perhatikan antara kedua heater element 220 Volt dan Juga 110 Volt tentu seperti tidak ada bedanya. keduanya sama bentuk dan sama rupa namun ada hal yang amat mencolok jika kita teliti lebih lanjut antara kedua heater element ini. Sedangkan untuk membedanya voltase mesin fotocopy antara 220 volt dan 110 volt biasaya dilapangan bisa dilihat dari bentuk kabel power pada mesin tersebut. Untuk 1100 Volt biasanya kabel power ada colokan yang langsung bisa dimasukkan ke listrik rumah. sedangkan untuk 220 volt kabel power lebih pipih dan colokan untuk dimasukkan ke travo step down yang fungsinya untuk menurunkan tegangan agar mesin tidak terbakar.

Dari perbedaan voltase mesin tersebut sangat jelas sparepart yang akan kita gunakan akan berbeda jadi tidak bisa digunakan atau disamakan antara keduanya. Seperti halnya keramik heater element ini untuk voltase yang 110 Volt tidak bisa digunakan di 220 Volt begitu juga sebaliknya. jadi menguasai akan pengetahun yang mungkin sebagian orang mengganggap sepele akan hal yang kita ulas ini tentu akan berdampak besar sekali dengan keadaan mesin fotocopy anda kedepanya.
Masalahnya jika anda tidak pernah memperhatikan penggunaan voltase heater ini biasanya mesin fotocopy akan banyak masalah. Misalnya anda memasang heater element pada mesin fotocopy 220 volt dipasang heater 110 volt jarak beberapa hari heater akan terbakar atau hangus. Nah jika anda pernah mengalami hal serupa coba cek pada bagian heater apakah anda salah voltase? atau memang ada hal lain yang harus segera di atasi.

Untuk harga heater element mesin fotocopy canon biasaya di bandrol mulai dari harga 150.000 sampai dengan harga 250.000 semua tergantung dari kwalitas dan juga penjual barang tesebut, karena dipasaran memang banyak sekali heater element yang kwalitas rendah dan kealitas bagus keduanya targantung budget anda untuk membeli heater tersebut. Saran saya gunakan yang bagus karena pada dasarnya yang kawalitas rendah gampang rusak.  

Sebelum kita ulas lebih lanjut mengenai perbedaan ini ada baiknya teman - teman berlangganan artikel kami tentunya sangat bermanfaat untuk teman - teman mengetahui tema - tema baru di blog ruanganbaca.com ini caranya cukup masukkan email maka setiap update link artikel akan dikirim ke email anda. Silakan masukkan disini

2 Jenis Heater Element Fotocopy Canon yang Wajib Anda Ketahui 

Untuk jenis keramik pemanas atau heater element dengan tegangan 220 volt anda dapat memperhatikan hal berikut ini :

Heater Elament tegangan 220 volt
Heater Elament tegangan 220 volt
Sebelum membeli perhatikan dua garis diatas, jika heater memiliki dua garis strip seperti gambar diatas, ini merupakan heater 220 volt anda jangan memasangnya pada mesin fotocopy dengan voltase 110 volt. Untuk heater element dengan tegangan 110 Volt anda bisa perhatikan garis strip dibawah ini :
Heater Elament tegangan 1100 volt
Heater Elament tegangan 1100 volt
Gambar diatas merupakan heater element 110 volt yang bisa anda pasang pada mesin fotocopy 110 volt. perbedaannya adalah pada garis strip terdapat 3 garis.

Dari penjelasan diatas tentu anda sudah dapat pemahaman antara perbedaan heater element fotocopy 110 volt dan juga 220 volt. Apabila dalam pembelian heater ini anda masih bingung baiknya bisa langsung menghubungi teknisi mesin fotocopy terdekat karena cara ini paling aman ketika anda ragu dan takut salah.

Pada dasarnya cara pemasangan keramik heater element ini sama saja seperti biasanya baik itu yang 110 volt ataupun 220 volt. yang membedakan hanya output tegangan saja dari masing - masing heater tersebut, sedangkan untuk cara merawat heater element agar awet dan tahan lama anda harus memperhatikan hal - hal berikut :
  1. Pastikan mesin menggunakan travo atau stabilizer
  2. Rawat mesin untuk type medium rajin - rajinlah mengecek keadaan grease agar tidak keburu kering dan kertas jampaper.
  3. Beli heater dengan kwalitas yang baik agar tahan lama.
Dari ketiga hal tersebut jika ada tambahan anda bisa menambahkan di kolom komentar, Demikianlah penjelasan mengenai permasalahan heater yang wajib anda ketahui. semoga bermanfaat dan dapat menjadi pelajaran baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel