cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan cara mengatasi heater element hangus fotocopy canon

Seperti kita ketahui heater element mesin fotocopy adalah alat yang mengantarkan panas yang akan mengunci toner pada kertas, namun tidak jarang masalahpun terjadi pada bagian heater ini untuk yang masih awam mungkin akan bingung dimana sebenarnya letak element heater ini dan bagaimana cara mengganti element heater pada mesin fotocopy canon khususnya medium type IR3300, IR3045 dan mesin fotocopy yang menggunakan heater lainnya.

Masalah yang sering terjadi pada bagian heater ini adalah patah, gosong, atau lecet nah permasalahan - permasalahan seperti ini tentu ada penyebabnya sehingga menimbulkan kerusakan pada heater mesin fotocopy canon. untuk teman - teman yang sering mengalami permasalahan seperti di atas ruanganbaca.com akan berbagi beberapa cara mengatasi permasalahan element heater pada mesin fotocopy canon ini.
Penyebab dan cara mengatasi heater element hangus fotocopy canon
Penyebab dan cara mengatasi heater element hangus fotocopy canon
Letak heater mesin fotocopy tepatnya dibagian atas pemanas, yang memang seperti fungsinya sebagai alat pemanas yang nantinya akan dilewati kertas yang sudah di cetak oleh drum. dalam membuka heater ini tentu anda harus berhubungan dengan unit fixing karena memang letaknya didalam area unit fixing. untuk jenis heater ini ada dua jenis yaitu 110V dan 220V sesuai dengan voltase nya tentu hal ini jangan sampai tertukar dalam pemasangan karena dalam menyebabkan cepat rusak pada heater tersebut. 
Pemasangan yang salah pada bagian voltase ini akan menimbulkan heater terbakar yang mana kesalahannya dilakukan saat anda salah pasang heater untuk mesin 110Volt anda pasangkan ke 220Volt, jadi wajar saja jika nanti heater mesin fotocopy anda akan ganti setiap satu bulan satu kali. Selain harus mengetahui voltase heater tersebut andapun harus bisa membongkar unit fixing dan memasang heater dengan benar.
Pemasangan heater sendiri memang harus teliti jangan sampai terbalik karena jika pemasangan terbalik tentu anda akan repot lagi untuk membongkarnya apalagi mengingat harga heater ini tidaklah murah, yang pasti jika anda harus keseringan ganti heater mesin fotocopy artinya anda harus coba cari penyebab permasalahannya tersebut.

Penyebab dan cara mengatasi heater element hangus fotocopy canon

Dibawah ini saya jelaskan lebih lengkap mengenai penyebab kenapa mesin fotocopy heater sering hangus diantaranya :
  1. Listrik yang tidak stabil yang mana biasanya arus mengalami turun naik
  2. Pemasangan yang salah bisa terbalik ataupun tidak pas
  3. Salah memilih voltase heater mesin volt 220 menggunakan heater 110 Volt.
  4. Soket yang kurang bagus
  5. kabel ac hitam yang terscrup dibagian bawah tidak normal atau bermasalah
  6. Kawalitas heater yang jelek

Cara mengatasi heater element hangus fotocopy canon

Cara mengatasi heater element cepat gosong tersebut kita bahas dibawah ini :
  1. Gunakan stabilizer maksimal 3000 
  2. Cek pemasangan apakah sudah benar dan tidak longgar
  3. Gunakan voltase heater sesuai dengan mesin fotocopy yang anda gunakan
  4. Cek bagian soket - soket adakah permasalahan misalnya longgar atau hal lainnya
  5. Cek kabel - kabel terutama kabel hitam yang tertancap dibawah heater 
  6. Pastikan beli heater yang bermerk atau yang banyak penggunanya karena terkadang harga tidak membohongi kwalitas. 
Dari penjelasan - penjelasan diatas tentunya anda sudah dapat kesimpulan bagimana solusi mengatasi permasalahan mesin fotocopy yang menglami kondisi heater element sering hangus. semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Penyebab dan cara mengatasi heater element hangus fotocopy canon"