Drum mesin fotocopy canon iR tidak panas penyebab hasil fotocopy pudar


Drum mesin fotocopy canon iR tidak panas penyebab hasil fotocopy pudar - Postingan kali ini saya mengulas seputar permasalahan drum mesin fotocopy yang tidak panas, yang mana ciri nya biasanya dapat dilihat ketika hasil fotocopy yang didapatkan pudar, bisa dihapus tangan namun setelah melakukan proses photocopy kurang lebih 20 lembar hasilnya mulai normal. permasalahan ini pernah menghampiri rekan fotocopy saya yang mengalami kondisi ini. dalam mengatasi drum mesin fotocopy ini memang tidak hanya faktor diatas saja yang menimbulkan hasil fotocopy buram atau pudar ada beberapa hal dan bagian lainnya yang perlu di cek juga kondisinya.

Permasalahan diatas pernah di jumpai pada mesin IR6570 yang mana permasalahannya drum tidak mau langsung rata panasnya sedangkan sudah dicoba untuk mengganti bagian heater element namun hal tersebut tidak membuahkan hasil. memang pada dasarnya masalah hasil yang pudar ini banyak sekali problem yang harus dicek kondisinya masing - masing.
Baca Juga : Lengkap Kode Error Fotocopy Canon iR 6570

Sebagian pengusaha fotocopy pemula permasalahan seperti ini mungkin dianggap biasa saja, karena mereka tidak pengetahuinya yang pasti mereka harus membuang terlebih dulu beberapa kertas untuk mendapatkan hasil fotocopy maksimal. tentu hal ini cara yang salah dan hal tersebut perlu menjadi perhatian meskipun sepele hal ini akan berdampak pada kerusakan yang mungkin menjadi lebih serius.

Ada beberapa langkah kecil dalam penanganan masalah ini sebelum teman -teman melakukan pembongkaran pada bagian mesin fotocopy, nah dalam kasus ini silakan ikuti settingan pada bagian mode program *28* seperti dibawah ini, penglaman saya mensetting seperti ini mesin dapat kembali normal hasilnyapun drum fotocopy tidak lembab lagi.




Apabila dari langkah diatas masih saja hasilnya tidak ada perubahan dan fotocopy luntur ketika di usap dengan tangan, silakan cek kondisi part mesin bagian - bagian dibawah ini :

Membersihkan wayer atas dan bawah.

Pada umumnya hasil fotocopy yang tidak jelas, tidak rata ataupun pudar ketika di usap dengan  tangan hal yang pertama kebanyakan dilakukan adalah membersihkan wayer. namun pada kenyataannya solusi ini tidak benar - benar membuahkan hasil yang diinginkan, oleh karenanya ada banyak hal dalam proses perbaikan hasil fotocopy tidak rata ini. diantaranya

Membersihkan Drum Fotocopy

Cara membersihkan drum mesin fotocopy ini hal yang terkadang juga menjadi solusi mengatasi permasalahan diatas, mungkin pertanyaan yang mendasar adalah apa hubungan hasil fotocopy yang bermasalah dengan kondisi drum mesin fotocopy, disini saya jelaskan sedikit mengenai hubungan antara hasil yang kurang maksimal dengan drum. Biasanya hasil yang fotocopy yang tidak merata disebabkan oleh drum yang kurang panas atau drum lembab. cara mengatasi drum lembab ini banyak beberapa langkah yang harus dilakukan, mulai dari membersihkan drum sampai dengan mengecek bagian pemanas drum. Apabila langkah ini sudah diambil dan kondisinya masih sama berikutnya anda bisa lakukan hal dibawah ini :

Membersihkan magnet develope Fotocopy.

Langkah membersihkan magnet ini termasuk cara mengatasi mesin fotocopy yang hasilnya tidak jelas atau pudar. tujuan dari langkah ini adalah agar sisa toner yang menggumpal di atas permukaan bisa hilang dan magnet dapat berjalan lancar tanpa adanya hambatan toner yang mengeras. hal ini juga penyebab hasil fotocopy tidak rata karena toner yang menggumpal dibagian magnet develope ini menggangu kelancaran keluarnya toner yang menempel di magnet.

Mengecek kondisi panas drum fotocopy

Langkah ini adalah cara yang dapat anda lakukan berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada unit drum. namun pada pembongkaran unit drum ini tidak dapat dilakukan olah orang awam yang belum pengalaman karena didalamnya menurut saya cukup rumit jadi lebih baik anda pelajari lagi cara melakukan perbaikan di area unit drum ini. kebanyakan dilapangan hasil fotocopy yang pudar dan normal ketika sudah mencopy 20 lembar atau lebih biasaya ciri - ciri dengan permasalahan ini adalah disebabkan oleh unit drum atau pemanas drum yang rusak. 

Karena pada umumnya ketika mesin fotocopy dihidupkan haruslah hangat dan juga dapat melakukan proses kerja seperti biasanya. apabila masalah belum juga dapat diatasi anda bisa melakukan pengecekan pada beberapa part berikutnya yang berikatan dengan hal tersebut diatas, diantaranya ganti potensial IH atau langkah berikutnya adalah dengan ganti PS. Namun perlu saya ingatkan kembali sebelum melakukan perbaikan besar seperti diatas baiknya anda lakukan perbaikan hal - hal kecil terlebih dulu seperti setting bagian HVT  dengan langkah yang sudah dijelaskan di awal artikel ini dengan masuk ke mode program *28* - copier - develop - ganti bagian pcount 0/1 anda juga bisa melakukan mengubah setting pad develop dari - mejadi +.

Jika dalam permasalahan ini teman - teman ada yang memberikan solusilainnya, silakan tinggalkan komentar dibawah ini, itu saja yang dapat saya ulas mengenai drum yang tidak panas atau lembab. semoga dapat membantu permasalahan yang serang sedang dialami. terimakasih.

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel