Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mau bikin usaha sablon satuan DTF, DST, DTS begini jelasnya

Hallo sahabat ruanganbaca.com balik lagi bersama admin ganteng ini, kali ini pembahasan kita seputar bisnis sablon yang baru - baru ini booming. Yaitu sablon DTF, untuk sahabat ruanganbaca.com yang baru mendengar mungkin agak sedikit heran emang apa sih DTF, DST itu. SO saya jelaskan sedikit

jadi DTF dan DST merupakan teknik sablon, selama ini kan ada teknik sablon manual, sablon polyflex, sablon DTG dan kali ini adalah sablon DTF dan DST. jenis sablon ini sering disebut sablon tepung

Lah Kok bisa sablon tepung?

Mungkin karena sablon ini menggunakan bahan powder putih seperti tepung, dimana saat proses print selesai di berikan bubuk powder ini agar hasilnya dapat merekat pada kain saat proses press. jadi gimana sudah mulai paham kan??

sablon DTF
sablon DTF
 

terus jika anda ingin menambah bisnis sablon tepung ini gimana caranya dan butuh modal berapa, awalnya gimana? Nah tepat sekali karena ada yang pernah bertanya seperti ini : 

"Mau bikin usaha sablon satuan DTF,dananya kira kira berapa dan perlu alat apa saja ya? Penjelasannya suhu 😁"

Nah jika kamu membaca sebuah postingan diatas, pasti dong ini sama seperti pertanyaan kita semua yang pemula dan ingin mencoba usaha dibidang sablon DTF ini.

Membuat mesin DTF sendiri atau Beli Mesin DTF Pabrikan ?

So, jika hal ini merupakan pertanyaan dari kamu maka jawabnya membuat mesin DTF sendiri. Mengapa demikian??

Printer DTF merupakan printer EPSON yang diubah tintanya, yang diperuntukkan untuk sablon kaos, bahkan dipasaran banyak dijual printer DTG rakitan yang dibuat menggunakan printer merk epson. Mungkin pertanyaan kamu.

Kenapa printer epson, bisa gak canon dibuat DTF atau printer HP DTF?

Jawabnya adalah tidak bisa. mengapa? Karena pada bagian printer selain epson memiliki head yang kurang kuat seperti layaknya produk epson. jadi kalaupun bisa diganti menggunakan tinta DTF ada kemungkinan tidak sekuat epson.

Nb. Saya tidak membesar-besarkan epson ya karena artikel ini tidak ada Endorse.

Ya begitulah kenyataanya. Terus kembali lagi pada judul. jika kita ingin memulai buka usaha sablon satuan menggunakan DTF lebih baik menggunakan printer yang ada misalnya L120 atau jika mau dimodali gunakan L1800.

Baca Juga :

Keuntungan menggunakan mesin Heat Press Untuk sablon
Cara membuat kertas sablon tranfer paper sendiri dirumah
Alat yang digunakan untuk sablon digital

Karena keterbatasan area kerja dan tinta yang hanya 4 warna apabila anda menggunakan printer L120 maka akan kesulitan untuk mengisi tinta warna putih sebagai dasar dari warna-warna kaos yang gelap. so kamu hanya bisa sablon kaos dengan warna terang saja dan ukuran A4,

Tujuan utama menggunakan printer yang ada adalah agar kamu tidak perlu investasi besar dalam memulai usaha DTF. mengapa demikian? Pengusaha baru adalah pengusaha yang baru belajar jadi saran admin mulailah dengan sesuatu yang kecil dan dapatkan ilmunya jika sudah ada kemampuan dan yakin silahkan upgrade dengan printer yang kamu mau.

Alat Apa saja yang dibutuhkan dalam usaha sablon DTF?

Jika kita bicara usaha pasti bicara modal dan pada bisnis sablon DTF ini kita perlu modal untuk membeli alat. dengan adanya penjelasan mengenai alat-alat yang digunakan anda bisa mengukur kemampuan modal yang akan dibelanjakan.

  1. Mesin HOT PRESS Sablon
  2. Mesin OVEN Listrik
  3. Printer Epson yang di isi tinta DTF

Bahan - Bahan :

  1. PET DTF
  2. Bubuk Powder 
  3. Tinta DTF

Jika kamu masih bingung coba baca artikel ini : 

Kelebihan dan kekurangan printer DTF sablon

Setelah kamu melihat kebutuhan alat-alat diatas, pasti mulai bertanya lagi berapa modal yang dibutuhkan. Oke kita akan ambil harga dari beberapa marketplace yang menyedikan bahan dan alat - alat ini :

Berapa modal sablon DTF

- Harga Mesin Hot Pres Sablon Rp. 2.100.000 (Belum termasuk ongkos kirim)

mesin pres hot press dtg dtf poliflex kaos baju masker sublim 38x38
mesin pres hot press dtg dtf poliflex kaos baju masker sublim 38x38

 

- Harga Oven Listrik Rp.759.000 (Belum termasuk ongkos kirim)

PERO OVEN 28LT EMERALD GREEN

 

- Harga Printer EPSON A3 L1800 Rp. 8.000.000 (Belum termasuk ongkos kirim)

Epson Printer L1800
Epson Printer L1800

Harga Bahan Sablon DTF :

- Harga PET Rp. 9.000 perlembar A3 (Belum termasuk ongkos kirim)

A3 kertas dtf film dst dts dtf pet film transfer digital transfer film
A3 kertas dtf film dst dts dtf pet film transfer digital transfer film

 - Harga Bubuk Powder DTF, DST Rp. 300.000 (Belum termasuk ongkos kirim)

DTF DST Bubuk Powder Adhesive 1000 Gram Good Quality
DTF DST Bubuk Powder Adhesive 1000 Gram Good Quality

 

- Tinta DTF C,M,Y, BK, W Rp. 525.000 (Belum termasuk ongkos kirim)


Paket Tinta DTF Diamond Ink 1 Paket 4 Warna + Warna Putih 100ml

Nah diatas sebagai acuan saja, alat dan juga bahan yang akan dibeli, agar kamu lebih paham silahkan praktek sendiri karena dari praktek ilmu tergalih. 

Terus berapa total semuanya modal untuk usaha sablon DTF atau DTS ini?

Jika di total harga barang dan bahan saja Rp. 11.693.000 ini merupakan modal kotor. karena bisa saja modal yang dikeluarkan ada biaya tambahan yaitu berupa ongkir.dll

dari penjelasan ini semoga memberikan semangat untuk membuka usaha sablon DTF, DST ya. terimakasih

Posting Komentar untuk "Mau bikin usaha sablon satuan DTF, DST, DTS begini jelasnya"