Alat yang digunakan dalam sablon digital

Sebelum membahas mengenai Alat atau peralatan apa saja yang digunakan dalam memulai usaha dibidang sablon digital sobat harus menentukan terlebih dulu jenis sablon  apa yang akan sobat gunakan mulai dari cutting, tranfer paper, sublimasi dan juga DTG dari keempat cara ini memiliki alat yang berbeda-beda dan cara kerjanyapun berbeda. 


Namun dalam artikel ini tidak akan membahas masing-masing cara sablon diatas, sesuai judulnya Alat yang digunakan dalam sablon digital sehingganya kita akan fokus kepada alat - alat apa saja yang digunakan dalam bisnis sablon digital.

Alat yang digunakan dalam sablon digital
Alat yang digunakan dalam sablon digital

Alat atau mesin yang digunakan dalam usaha sablon digital

Komputer
Kegunaannya adalah sebagai alat pembuat pola gambar atau design dengan aplikasi tertentu dimana didalamnya juga disertakan driver port yang akan memberikan perintah kepada mesin cetak. 

Printer Inkjet
Berguna untuk print hasil design atau pola gambar biasanya untuk printer inkjet yang digunakan untuk sablon tintanya menggunakan pigmen atau art paper  kedua tinta tersebut anti air dan tidak luntur.
Printer ini juga memiliki peran masing -masing sesuai tinta, untuk jenis tranfer paper sobat harus menggunakan tinta pigmen atau art paper. untuk jenis sublimasi sobat harus menggunakan tinta sublim.

Printer DTG (Direct to Garment)
Printer ini merupakan jenis sablon yang menggunakan metode cetak layaknya kertas dengan sistem printing, cara kerjanya sama dengan printer inkjet pada umunya hanya saja media yang digunakan di bahan kaos dan tinta yang digunakan merupakan tinta khusus DTG dimana tinta ini mampu bertahan dan menyerap ke bahan kaos, hasil cetak dengan mesin DTG lebih detail baik itu gambar foto ataupun teks. degan menggunakan mesin ini pekerjaan sobat akan lebih cepat dan efektif.

Mesin Cutting Sticker atau Mesin Plotter
Cutting merupakan mesin pemotong stiker motor dan juga poliflex bahan sablon, kegunaanya tentu untuk memotong pola gambar mengikuti desain di komputer sehingga menghasilkan pola sesuai dengan yang ada. mesin cutting sangat diminati dalam usaha sablon digital dan juga variasi mobil motor karna kegunaan mesin ini selain sebagai alat sablon bisa juga membuat stiker mobil dan motor.

Baca : Keuntungan menggunakan mesin heat press untuk sablon

Mesin Hot Press atau Heat Press
Mesin ini merupakan bagian alat sablon yang sangat diperlukan, terlebih fungsinya sebagai perekat sablon baik itu sablon manual, DTG atau tranferpaper. mesin hot press atau Heat press memiliki elemen panas yang bisa diatur dengan suhu tertentu.

Dari postingan di atas merupakan beberapa alat sablon digital yang harus sobat ketahui, alat - alat tersebut begitu populer di kalangan sablon digital dan juga mudah digunakan. semoga artikel ini memberikan wawasan baru kepada sobat Apabila ada tambahan silakan komentar. jangan lupa share.

0 Response to "Alat yang digunakan dalam sablon digital"

Posting Komentar