Cara Membuat Kertas Sablon Tranfer Paper Sendiri dirumah - Ruanganbaca.com

Cara Membuat Kertas Sablon Tranfer Paper Sendiri dirumah

Tranfer paper merupakan media kertas yang dapat mentrafer gambar baik ke kaos, kayu, case hp, dan berbagai jenis lainnya. Nah seperti yang kita ketahui harga tranfer paper di pasaran ini harganya bervariasi namun tetap jika kita kalkulasi untuk membeli selembar tranfer paper ini harganya cukup lumayan dan tentunya akan mengeluarkan modal yang lebih dalam pembelian bahan baku ini. teman - teman yang membuka bisnis sablon digital tentu kesulitan dalam hal ini baik itu biaya produksi dan juga tempat pembelian tranfer paper sendiri. Nah di artikel ini ruanganbaca.com akan membahas bagaimana cara membuat bahan kertas tranfer paper sendiri dengan bahan - bahan yang mudah ditemukan disekitar kita. 

Dengan membuat kertas tranferpaper sablon sendiri tentu memudahkan kita dalam menjalankan bisnis usaha sablon digital ini dan menekan biaya produksi. Membuat kertas tranferpaper sendiri tidaklah sesulit yang selama ini kita bayangkan dengan berbagai bahan dan campuran, jadi teman - teman boleh mencoba membuat adonan pembuatan tranfer paper ini ya. Bisnis sablon ini memang sudah lama berjalan dari waktu ke waktu namun baru - baru ini dunia persablonan mengenal yang namanya sablon digital. Nah sablon ini ada dua jenis yaitu sablon digital dan juga sablon manual keduanya jika kita bandingkan tentu akan lebih tahan sablon manual karena pengaplikasian sablon manual lebih menyerap kekain karena teknik kerjanya yang langsung di gosokkan tinta ke kaos atau kain, sedangkan sablon digital ini adalah di tempel di kaos baik itu menggunakan lem yang ketika dipanaskan dengan suhu tertentu lem akan berpindah ke kaos.

Meskipun kwalitas sablon digital tidak bisa mengalahkan sablon manual namun usaha sablon digital ini sudah banyak dilirik orang - orang diluar sana untuk menjalankan usaha ini. modal usaha sablon digital sendiri relatif kecil jadi andapun bisa memulainya dari sekarang juga. Nah untuk menekan modal pengeluarana dalam pembelian tranfer paper dibawah ini kita ulas apa saja bahan untuk membuat tranferpaper sendiri.

Cara Membuat kertas tranferpaper sendiri dengan mudah

  1. Siapkan bagian belakang stiker yang berwarna kuning, jika kita perhatikan keduanya terdapat sisi yang licin dan yang kasar. kita gunakan yang licin seperti gambar dibwah ini :
    Belakang bagian stiker
  2. Lapisi menggunakan Top coat yang bisa ditemukan di toko - toko sablon seperti gambar dibawah ini, dalam proses pelapisannya gunakan media seperti rakel dan atur hingga rata ke media kertas belakang stiker tadi. usahakan jangan sampai ada gelembung dan lainnya.
    Top Coat pelapis sablon
  3. Keringkan menggunakan hairdrayer, ulangi proses ini sampai 2 x dalam pelapisan top coat tadi.
  4. Setelah kering lapisi kembali bagian tersebut menggunakan lem dextone atau lem putih kayu biasa disebut lem PVC, Proses ini sama seperti melapisi menggunakan top coat dan mengeringkan menggunakan hairdrayer.
    Lem Kayu PVC
  5. Setelah kering cetak bagian yang dilapisi tersebut menggunakan printer inkjet usahakan tinta artpaper agar hasil cetakan tidak luntur, namun untuk percobaan bisa juga menggunakan tinta dye.
    Printer Tinta Artpaper
  6. Dalam proses print ini gambar harus dimirror atau dibuat terbalik.
  7. Setelah hasil print keluar teman - teman bisa keringkan terlebih dulu menggunakan hairdrayer dan lapisi menggunakan lem semprot seperti gambar dibawah ini :
    Lem Semprot
  8. Setelah selesai tempelkan gambar pada kaos berwarna terang, lalu di press menggunakan mesin press kaos. suhu 200 dan press selama 50 detik. Jangan lupa dilapisi kertas teplon anti panas
    Proses heatpress
  9. Angkat kaos dan dinginkan terlebih dulu lalu coba kelupas hasil cetakkan tranfer paper yang anda buat.
    Buka Hasil cetakan sablon
Langkah - langkah diatas bisa dicoba menggunakan kertas berwarna terang seperti putih, kuning, pink dan warna - warna terang lainnya, untuk warna hitam kita tunggu tutorial berikutnya. Nah dengan menerapkan sistem membuat sendiri tranfer paper tentu akan mempermudah teman - teman dalam proses bahan baku sablon tersebut.

Demikian artikel mengenai cara membuat tranfer paper sendiri dirumah, semoga membantu teman - teman yang mau sablon kaos ataupun yang akan memulai bisnis dibidang kaos tersebut. terimakasih

Tag :
Cara Membuat tranfer paper sendiri, cara sablon baju, cara bisnis pakaian, cara membuat gambar di kaos, cara menempelkan gambar di pakaian, cara sablon digital, bahan sablon digital yang murah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel