Terpecahkan ADF Fotocopy tidak terdeteksi dan Lampu indikator tidak nyala canon IR

10/21/2020

Mengulas dari sumber pertanyaan yang saya rasa perlu untuk diketahui kita semua sebagai pemilik usaha fotocopy yang mungkin saja mengalami kondisi kerusakan yang sama seputar ADF mesin fotocopy. Pasalnya postingan ini di publish berdasarkan pertanyaan salah satu sahabat kita yang kebingungan bagaimana cara mengatasi ADF mesin fotocopy yang tidak terbaca


 

Menurut penjelasan dari pertanyaan beliau permasalahan yang di alami mesin canon 4045 adalah ADF tidak mau detect ada kertas serta lampu indikator mati. jelas ini sangat penting sekali untuk kita ketahui bersama, pertanyaan lebih jelasnya seperti dibawah ini :

Assalamualaikum agan agan master dan para pegiat bisnis FC, ada yg tahu kenapa Adf sy tidak detect kertas, lampu indikatornya jg gak nyala (mesin FC Canon 4045)...mungkin ada yg mau mengamalkan ilmunya disini, terimakasih agan agan semua..Salam...

Penyebab Adf Mesin fotocopy tidak membaca kertas

Tidak hanya mesin fotocopy merk canon, semua mesin fotocopy yang memiliki fitur ADF mungkin saja akan mengalami nasib yang sama. Pasalnya fitur ADF di mesin fotocopy ini sangat penting karena dapat meringankan pekerjaan kita dalam memfotocopy kertas dalam jumlah banyak.

Perlu diketahui beberapa penyebab ADF mesin fotocopy tidak mau membaca kertas. diantaranya :

  1. Sensor ADF patah / Lepas
  2. Sensor ADF tertutup debu kertas
  3. Bagian soket kabel penghubung antara ADF dan Mesin tidak konect

Ketiga hal diatas paling umum dijuampai dalam kerusakan ADF mesin fotocopy, masalah yang lebih luas lagi mungkin bisa terjadi diluar daripada ketiga penjelasan diatas tapi itu jarang terjadi, terus bagaimana cara memperbaiki ADF tersebut?

Cara Memperbaiki ADF mesin fotocopy tidak membaca kertas

Setelah membaca penyebabnya tentu kita perlu penjelasan mengenai bagaimana mengatasi problem ini meskipun cara ini terbilang sudah umum, mungkin saja bisa membantu rekan-rekan pengguna mesin fotocopy dalam mengatasi masalah sehingga dapat menggunakan mesin fotocopy seperti sedia kala. Nah coba perhatikan langkah-langkahnya :

  1. Cek bagian atas ADF dengan cara dibuka penutup covernya perhatikan bagian sensor yang berwarna hitam terdapat pegas, sentuh dengan tangan apakah kendor atau lepas ini bisa diperbaiki.
  2. Apabila langkah satu baik-baik saja periksa bagian sensor tersebut apakah sudah berdebu jika ya coba gunakan semprotan untuk membersihkan bagian ini.
  3. Langkah yang ini adalah terakhir yaitu dengan mengecek bagian konektor atau kabel antara jalur ADF dan juga jalur ke mesin. anda dapat membuka beberapa cover untuk melihat dan coba untuk mencabut lalu mencolokkannya kembali, dikhawatirkan ini kendor sehingga menimbulkan tidak terkoneksinya jalur ADF.

Baca Juga :
Awas Hindari Kawat Corona Putus Pada mesin fotocopy
Cara memperbaiki drum bekas menjadi baru

Dari penjelasan singkat ini semoga dapat membantu permasalahan ADF anda. dan mesin fotocopy canon iR dapat beroprasi kembali seperti sedia kala.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »