Hindari Kawat Wire Corona Putus Pada Mesin Fotocopy Canon & Kyocera

7/16/2020
Kawat wire corona merupakan hal penting yang ada di bagian sparepart mesin fotocopy, meskipun part ini hanya seutas kawat tapi fungsinya sangat dominan pada mesin fotocopy. Fotocopy pemula harus tahu hal ini, jadi saat membersihkan bagian tapi kawat wire harus hati - hati jangan sampai tertarik dan putus.

Permasalahan pada kawat wire ini sangat berpengaruh dengan hasil. sehingga perawatan juga diperlukan, Semakin sering melakukan fotocopy dengan jumlah yang besar tentu anda juga harus semakin rajin dalam merawat mesin. Pasalnya perawatan mesin akan berbanding sama dengan pengguaannya.

memasang tapi korona wire
memasang tapi korona wire

Perlu digaris bawahi mesin fotocopy jenis apapun pasti memiliki kawat wire. dicanon sendiri kita bisa melihat kawat wire ini sangat jelas yang biasanya letaknya berdekatan dengan area drum mesin fotocopy. Selain canon wire mesin fotocopy kyocera juga memiliki letak yang sama yaitu didekat bagian drum.

Ukuran Kawat Wire Mesin Fotocopy Canon IR

Sebelum anda mengganti kawat wire pada mesin fotocopy canon yang perlu diperhatikan adalah ukuran kawat wire itu sendiri untuk dimesin fotocopy canon umumnya 0.006mm berwarna kuning. Cara merawat kawat wire ini adalah dengan membersihkannya menggunakan braso atau sanpoly karena biasanya kawat akan menghitam apabila sudah lama pemakaian.

Terus kapan kawat wire fotocopy ini harus diganti?

Pergantian tali kawat wire pada mesin fotocopy tidak dihitung oleh waktu. melainkan harus diraba dan diperhatikan kondisinya. Ciri kawat wire mesin fotocopy minta ganti adalah dengan melihat kondisinya dan bentuknya apabila terasa sudah kasar dan hitam serta sulit dibersihkan segera ganti kawat ini dengan yang baru.

Baca Juga :
Repair Drum Fotocopy OPC bekas jadi baru

Ukuran Kawat Wire Mesin Fotocopy Kyocera

Berdasarkan pengalaman pengguna mesin fotocopy kyocera m2040dn yang pernah mengalami putusnya bagian kawat wire ini, dapat menggunakan kawat wire yang biasa digunakan pada mesin fotocopy canon iR. Tapi saya sendiri belum pernah mencoba secara langsung, untuk anda yang penasaran dan memang mengalami permasalahan yang sama bisa mencobanya.

letak kawat wire fotocopy kyocera m2040dn
Letak kawat wire fotocopy kyocera m2040dn

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar dalam pergantian kawat wire ini, umumnya dipasaran harganya adalah 85 K sampai dengan 100 K jadi tidak ada salahnya jika ingin mencoba mengganti kawat wire mesin fotocopy kyocera m2040dn menggunakan kawat wire fotocopy canon iR.

Kendala Mesin Fotocopy Jika Kawat Wire Putus

Jika anda pemula dalam urusan mesin fotocopy pasti tidak akan mengetahui kendala apa yang akan terjadi apabila kawat wire fotocopy putus, atau anda akan menebaknya?

Coba anda tebak sebelum melanjutkan membaca..

Ya! Karena saya tidak bisa mendengar jawaban anda. saya anggap jawaban anda benar. tapi saya ingin sedikit menambahkan saja. Putusnya tali kawat wire pada mesin fotocopy baik canon atau kyocera dan merk lainnya. akan menyebabkan masalah hasil fotocopy blok hitam alias tidak ada gambar sama sekali.

Baca Juga :
Cara Membuat Alat test sensor mesin fotocopy canon

Jadi ini bisa anda petik sebagai pelajaran, apabila hasil fotocopy anda blok hitam tidak ada tulisan bisa langsung cek pada bagian kawat wire. Tapi tidak semata - mata hasil fotocopy hitam tidak ada tulisan disebabkan kawat wire ya, Karena terkadang masalah dilapangan berbeda - beda.

Cara Merawat Kawat Wire Mesin Fotocopy

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, merawat kawat corona wire pada mesin fotocopy cukup diberikan sanpoly atau braso saat hasil fotocopy sudah kurang jelas atau terdapat kotoran seperti debu. ini disebabkan dari wire yang sudah tidak mampu memberikan tegangan listrik pada media drum sehingga kerja drum tidak dapat maksimal memberikan toner pada lembar kertas.

Demikian penjelasan singkat ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »