Rabu, 20 Mei 2020

Cara Membuat Alat test sensor mesin fotocopy canon

Terkadang mesin fotocopy mengalami error yang disebabkan dari kerusakan sensor, misalnya jampaper dan sebagainya. Untuk memastikan kerusakan ini tentu kita harus mengetes sensor apakah rusak atau masih dapat digunakan. dalam melakukan tes sensor mesin fotocopy ini kita memerlukan sebuah alat tester. 

Fungsi alat terster sensor ini adalah untuk menguji apakah sensor benar - benar rusak atau tidak. sehingga kita dapat dengan mudah mendeteksi kerusakan pada mesin fotocopy yang nantinya dapat kita atasi dengan mengganti sensor. 

Alat tes sensor sederhana
Alat tes sensor sederhana
Sensor pada mesin fotocopy banyak sekali fungsinya karena memang mesin ini didesain untuk selalu memberi tahu notif setiap kerusakan pada mesin. Fungsi sensor sendiri adalah untuk mengatur seluruh jalur kerja mesin agar terhubung antara satu dengan yang lain. Misalnya saat mesin diperintahkan mencopy maka sensor dibagian penarik kertas akan membaca kertas lalu menariknya ke atas. apabila kertas tidak ada maka secara otomatis akan mengeluarkan pesan bahwa kertas kosong. seperti ini adalah contoh kecil fungsi sebuah sensor.

Sensor Yang Paling Rentan di Mesin Fotocopy

Banyak sekali letak sensor pada mesin fotocopy dan semuanya sebetulnya sama pentingnya karena jika sensor mengalami kerusakan biasanya akan mengeluarkan indikasi error atau bahkan kertas jampaper. Tapi ada satu sensor yang sering menjadi masalah pada bagian tinta mesin yaitu sensor developing. kebanyakan apapun merk mesin fotocopy yang kita gunakan pasti menggunakan sensor pada bagian developing ini.

Sensor Developing
Sensor Developing

Fungsi sensor developing adalah untuk mendeteksi adanya toner pada area box developing, apabila toner kosong maka secara otomatis akan melakukan adding toner yang diambil dari box tinta bagian atas untuk dimasukkan di area developing. Nah masalahnya jika sensor ini rusak pasti akan menunjukkan beberapa kendala diataranya adalah hasil fotocopy kosong blank putih atau bahkan error.

Selain sensor developing selanjutnya adalah bagian sensor kertas, karena bagian sensor ini sering bekerja maka masa pakai sensor ini ada kalanya mengalami kerusakan dan error. Untuk sensor kertas fotocopy canon ini memang letaknya berbeda dan juga bentuknya berbeda dengan sensor developing. Kasus yang terjadi apabila sensor kertas ini rusak adalah selalu jampaper atau kertas macet saat mesin mulai mencopy.

Umumnya kerusakan ini terjadi dibagian samping mesin, jika kita perhatian pada area ini terdapat tonjolan warna hitam yang akan dilewati kertas.

Membuat Alat Tester Sensor

Jika anda dalam keadaan mendesak dan membutuhkan alat tes sensor kita dapat membuatnya dengan mudah. yaitu hanya membuat rangkaian elektronik sederhana yang menggunakan resistor, lampu, dan juga batu baterai. coba perhatikan gambar dibawah ini :

Membuat alat tes sensor mesin fotocopy canon
Membuat alat tes sensor mesin fotocopy canon
Cara Kerja Sensor :
Ketika bagian sensor ditutup menggunakan penghalang seperti kertas.dll secara otomatis lampu akan mati. apabila lampu tetap hidup ini artinya sensor dalam kondisi putus. cara kerjanya cukup sederhana.

Alat - alat yang dibutuhkan anda bisa lihat digambar berikut ini :

Membuat Alat Pendeteksi Sensor
Membuat Alat Pendeteksi Sensor
Penjelasan :
  • 2 buah baterai
  • 1 resistor
  • 1 soket
  • Lampu Led
  • Sensor

Kesimpulan :

Apabila anda mengalami kondisi seperti yang dijelaskan diatas, coba lakukan tester pada bagian sensor terlebih dahulu agar mengetahu apakah sensor dalam keadaan baik - baik saja atau minta ganti.

Ruanganbaca: Cara Membuat Alat test sensor mesin fotocopy canon

Comments


EmoticonEmoticon