Cara print tinta emas untuk cover, piagam dan undangan

7/14/2020
Pemula pastinya akan bertanya - tanya bagaimana cara membuat tinta mas untuk cetak cover yang biasanya ada disampul yassiin. Bahkan tinta mas ini banyak ditemui bukan hanya disampul tapi juga di piagam atau undangan. terus gimana cara membuat tinta mas ini?

Jelas ada caranya dong? dan banyak sekali metode yang dapat dilakukan agar bisa mendapatkan hasil cetakan emas pada kertas. cetakan tinta emas ini banyak dikenal dikalangan usaha percetakan dengan sebutan tinta gold. untuk yang sudah pernah melihat cetakan tinta mas ini pasti nya gak penasaran gimana hasilnya. Nah untuk anda yang belum pernah melihatnya bisa simak gambar dibawah ini.

Cetakan Emas
Dalam dunia percetakan tinta mas sangat dibutuhkan saat pembuatan tulisan yang memang harus di buat lebih ekslusif seperti logo atau cetakan nama pada undangan. biasanya cetakan tinta mas ini disandingkan dengan tinta cetakan perak yang sama - sama memiliki warna yang gemerlap seperti perak pada umumnya.

Cara Mencetak Tinta Emas Pada Kertas

Seperti yang sudah saya terangkan diatas, tahap pembuatan tinta mas ini banyak caranya, disini saya akan memberikan beberapa cara membuat cetakan tinta emas atau gold pada kertas atau cara ini sama saja dengan membuat cetakan tinta perak.

Baca Juga :
Jenis Stiker Hologram dan Fungsinya

1. Cetakan emas dengan metode hot print
2. Cetakan emas dengan metode Press/ laminating
3. Cetakan emas dengan metode sablon manual

Cetak dengan Metode Hot Print / Embos

Pasti anda pernah mendapatkan undangan atau cetakan yang berwarna emas dengan model tulisan cekung kedalam dari halaman kertas. metode ini adalah menggunakan mesin pemanas hot print yang di tempelkan plastik foil emas. setelah itu ditranfer ke media yang akan di beri tinta emas.

Mesin Hot Print / Embos


cara kerjanya :
  1. Siapkan mesin Hot Print / Embos beserta plat yang sudah dibentuk sebelumnya sperti gambar diabawah ini : 
    Plat Embos
  2. Panaskan 
  3. Siapkan plastik foil emas
  4. masukkan cover atau undangan kedalam mesin lalu pres menggunakan mesin hot print
  5. Plastik foil emas akan berpindah ke media kertas
Baca Juga :
Kenali Nama Bahan stiker untuk mobil dan Motor

Cetak tinta emas dengan mesin Laminating / Press

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, metode hot print menggunakan mesin dengan model tekan menggunakan engkel. berbeda dengan metode laminating. anda memerlukan sebuah mesin laserjet atau mesin fotocopy yang tintanya pekat. 

foil emas dan laminating
foil emas dan laminating

Lebih jelasnya simak beberapa langkah dibawah ini :
  1. Siapkan master yang akan di buat tinta emas.
  2. Print Blok Menggunakan tinta laserjet usahakan tulisan berwarna hitam pada tulisan yang akan dibuat warna gold / emas
  3. Lapisi plastik foil lalu press menggunakan laminating
  4. Setelah keluar dari laminating tunggu beberapa saat sampai dingin. lalu lepas pelastik foil dari kertas
  5. Lihat hasilnya maka plastik foil akan berpindah dan menempel pada bagian tulisan yang dicetak menggunakan printer.
Perlu diperhatikan cara ini hanya dapat dilakukan dengan printer laserjet atau fotocopy, tidak dapat dilakukan pada tinta cair.

Cetak tinta emas dengan tinta sablon

Proses ini memang memerlukan waktu yang lebih lama dan pengerjaannya juga tidak bisa dilakukan hanya satu atau dua lembar, karena anda harus membuat film pada screen sablon terlebih dahulu tentu tenaga dan waktu perlu dihitung jika hanya membuat cetakan beberapa lembar saja. 

Tinta sablon emas / perak
Umumnya menggunakan teknik sablon ini anda harus mengerjakan cetakan yang banyak misalnya 500 lembar atau lebih, karena proses sablon terhitung lebih cepat jika mengerjakan cetakan yang banyak.
Teknik sablon menggunakan tinta emas ini caranya sama saja dengan metode sablon kertas, atau pelastik hanya tintanya saja yang diganti menggunakan tinta berwarna emas atau gold.

Kesimpulan

Seperti pepatah mengatakan banyak jalan menuju roma, seperti pula pada cara membuat tinta emas pada kertas. anda dapat menggunakan banyak metode yang mungkin saja ada beberapa metode diluar dari pembasan ini yang belum diketahui.
Semoga artikel ini membantu anda.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »