Kenali Nama Bahan stiker untuk mobil dan Motor

5/17/2020
Pemula dan baru mengenal stiker pasti akan kebingunan memahami bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan stiker motor dan mobil. yang pasti selain mengenal bahan anda juga harus sudah memiliki pola gambar cutting yang akan ditempel di mobil atau motor. Bicara mengenai bahan stiker pastinya ada kemiripan dengan bahan kotlet motor tapi perlu diketahui antara bahan kotlet dan stiker ini berbeda.

Stiker mobil umumnya di cetak berdasarkan custom dari konsumen atau bisa juga di cutting sesuai dengan pola gambar yang akan dibuat. jadi tentukan terlebih dahulu yang ingin anda buat stiker pola cutting atau stiker cetakan. karena bahan keduanya berbeda juga.

Bahan Stiker Cetak Untuk Mobil dan Motor

Ada bahan stiker yang dicetak menggunakan ketas vinyl, bahan ini memang paling banyak digunakan untuk pembuatan stiker custom mobil dan motor bahannya tidak seperti kertas, tapi seperti karet apabila kita tarik bahan ini tidak mudah sobek, tapi akan memanjang. 
 
Contoh Bahan Stiker vinyl
Contoh Bahan Stiker vinyl
Untuk lebih jelas melihat bahan vinyl ini anda bisa lihat pada striping motor yang saat ini banyak digunakan. pembuatan stiker dengan bahan ini tidak menggunakan pola cutting yang disusun berdasarkan warna. melainkan langsung print menggunakan printer jenis tinta eco solvent vinyl. yang dapat mencetak kebanyak media agar hasilnya tahan air dan cuaca panas.
 
Baca Juga :

Keuntungan mencetak stiker mobil menggunakan bahan vinyl ini anda dapat membuat cetakan gambar - gambar dengan warna - warna gradasi yang rumit. seperti layaknya mencetak banner atau mencetak foto. 

Bahan Stiker Water Decal Untuk Mobil dan Motor

Berbeda dengan bahan diatas, untuk membuat stiker jenis ini umumnya menggunakan bantuan air. karena stiker ini melekat menyatu dengan bahan dasar jadi apabila ingin memasang stiker decal ini perlu dipertimbangkan pasalnya setelah dipasang sulit untuk dilepaskan. 

Contoh Stiker Water Slide Decal
Berbeda dengan pemasangan stiker bahan vinyl yang mudah dilepas dan dipasang. jadi metode cara pengaplikasian keduanya berbeda. untuk stiker water slide decal ini biasanya dilakukan hanya orang - orang khusus saja yang sudah berpengalaman dalam penanganan cara pemasangannya. tapi anda tidak ada salahnya mempelajari bagaimana cara pasang slide decal ini.

Untuk printer yang digunakan dalam pencetak water slide decal ini hampir sama dengan mencetak kertas vinyl agar hasilnya lebih memuaskan dan tahan lama dapat menggunakan tinta eco solvent.

Bahan Stiker Cutting Mobil dan Motor

Bahan stiker dengan sistem cutting ini umumnya hanya pola - pola saja, kalaupun menggunakan gambar biasanya hanya garis - garis atau motif kartun. stiker dengan sistem cutting ini sangat cocok untuk pembuatan stiker logo pada mobil dan motor atau stiker dengan tulisan saja.
Contoh Cutting Stiker Mobil
Contoh Cutting Stiker Mobil

Tapi kembali lagi kepada pecintanya ada yang suka dengan model pola, ada yang gambar atau permanent seperti water decal. pada dasarnya semua memiliki tujuan yang sama yaitu mempercantik kendaraan.

Dalam proses pembuatan stiker cutting ini kita memerlukan mesin khusus, jadi tidak sembarangan membuat pola menggunakan cutter atau gunting tapi memerlukan alat mesin cutting yang akan memotong sesuai pola yang sudah di setting di komputer. Bahan stiker cutting ini meliputi Oracal, Ritrama, dan 3M.

Kesimpulan

Sebetulnya apabila dibahas keseluruhan masih banyak bahan stiker yang bisa digunakan untuk motor dan mobil, tapi secara umum bahan diatas sering kali dipakai dalam pemasangan stiker. Meskipun terkadang mencari bahan stiker yang baik itu sulit karena kembali lagi pada tujuan yang berbeda - beda. serta variasi produk dari masing - masing produsen juga luas.

Nah untuk itu sebelum melakukan pamasangan stiker mobil atau motor ketahui terlebih dahulu jenis yang mana yang akan diaplikasikan ke kendaraan anda. Apabila anda mencari produk dengan kwalitas terjamin maka 3M, Ritrama, maupun Oracal adalah pilihan terbaik untuk saat ini bahan yang paling banyak digunakan dipasaran.

Diartikel selanjutnya kita akan membahas terkait masih dengan kertas yaitu ciri dan karakteristik serta kegunaan kertas art carton, macam - macam tinta sablon, Semoga informasi yang kami sajikan memberikan manfaat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »