Cara Mudah Print Kertas Gulungan Panjang menggunakan Epson

Mungkin anda pernah kesulitan saat cetak kertas stiker gulungan yang panjangnya lebih dari 33 cm umumnya kertas yang tersedia pada pilihan komputer adalah sampai dengan ukuran Legal. Bagaimana cara setting agar printer dapat mencetak ukuran panjang, bahkan bisa sampai satu meter. Di tutorial ini ruanganbaca.com akan membagikan cara mengatur agar kertas panjang dapat di print.

Hal pertama yang perlu di perhatikan adalah type printer anda, disini saya praktekkan menggunakan printer Epson L120 jika anda mempraktekkan dengan type printer yang berbeda saya rasa langkahnya sama saja. Asalkan printer tersebut masih type epson.

Kebutuhan akan cetakan panjang ini biasanya guna print kertas stiker gulungan yang berbahan vinly inkjet.  Untuk vinly inkjet sendiri biasanya sudah dilapisi coating sehingga bisa di cetak menggunakan printer biasa, sedangkan untuk yang belum di lapisi coating hanya bisa dicetak menggunakan mesin digital printing. Untuk membedakan keduanya anda bisa tanyakan sebelum membeli kertas stiker ini kepada penjualnya, Jika kita perhatikan bahan vinly ini sama dengan stiker body motor tidak mudah sobek jika di tarik seperti mengandung karet.

Bahan – Bahan stiker ini banyak macamnya jadi sesuaikan dengan kebutuhan yang akan dicetak, Kembali lagi ke pembahasan kertas gulungan. Bukan hanya kertas stiker saja yang bahannya gulungan ada juga kertas foto yang bahannya roll panjangnya kisaran 35 meter. Cara printnya juga bisa menggunakan printer epson biasa yang bisa diatur panjangnya sampai dengan 1 meter.

Cara Pengaturan Printer untuk kertas Gulungan

Langkah – Langkah yang harus dilakukan untuk mencetak kertas gulungan ini adalah settingan pada bagian Properties Printer.
  1. Buka properties printer dengan cara klik START – DEVICES AND PRINTERS 
  2. Klik Kanan pilih Printing Preferences seperti gambar dibawah  
  3. Selanjutnya akan ditampilkan Printing Preferences seperti berikut ini : 
  4. Klik pada bagian User – Defined maka akan ditampilkan halaman seperti berikut : 
  5. Anda bisa menambahkan ukuran disana sampai dengan yang dikehendaki dengan unit mm atau inchi.
  6. Setelah berhasil isikan paper size name dan klik tombol Save lalu OK.
  7. Sampai langkah ini anda sudah bisa mencetak kertas stiker dengan ukuran panjang satu meter. Untuk mengecek berhasil atau tidak setingan anda bisa mengklik CTRL + P pada dokumen yang akan dicetak lalu lihat daftar kertas yang ada sesuai nama yang anda berikan saat membuat paper size name.
     
Settingan kertas ini tidak akan hilang meskipun komputer di matikan, kecuali saat anda install ulang komputer maka akan kembali ke pengaturan semula. Banyak keuntungan dengan anda setting printer dengan panjang satu meter ini. Salah satu sahabat saya pernah mencoba mencetak bahan banner menggunakan printer epson biasa hasilnya maksimal. Namun untuk mencetak bahan banner menggunakan printer Inkjet tidaklah mudah karena ada rahasianya, dipembahasan berikutnya ruanganbaca.com akan memberikan tutorial cara cetak bahan banner menggunakan printer epson biasa. Untuk terus berlangganan Informasi menarik lainnya jangan lupa untuk daftar menjadi followers blog ini klik disini. Semoga informasi ini bermanfaat Jangan lupa bagikan ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel