Cara Cetak Banner menggunakan Printer Epson Biasa

11/11/2019
RuanganBaca.com - Cara ini mungkin sedikit agak terbilang aneh, karena tidaklah umum jika mencetak bahan banner menggunakan printer epson biasa. Pertanyaannya apakah bisa? Tentu, Karena hal ini pernah dilakukan oleh admin sendiri dan hasilnya maksimal.

Namun cara ini tidaklah mudah karena anda harus mencoating bahan banner tersebut agar mampu menyerap bahan tinta printer inkjet agar hasilnya tidak blobor. Bahan banner yang digunakan usahakan yang masih rapi jangan yang sudah kusam apalagi sudah sobek atau rusak ini tidak di rekomendasikan.

Untuk mencetak bahan banner di printer inkjet ini memiliki keterbatasan yaitu lebarnya hanya maksimal ukuran folio saja tidak bisa sampai satu meter. Sedangkan untuk panjangnya bisa sampai satu meter. Hasil cetakan banner juga harus di letakkan di dalam ruangan atau indoor karena yang dikhawatirkan jika diluar akan terkena air hujan hasil cetakan akan luntur.
Cara Cetak Banner menggunakan Printer Epson Biasa
Cara Cetak Banner menggunakan Printer Epson Biasa

Mulai dari tulisan, gambar dan foto – foto bisa dicetak di bahan banner menggunakan printer epson inkjet. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan bahan banner yang masih baru dan masih bersih tidak terkena debu dan juga kotoran.

Tidak ada pengaturan apapun di mesin printer karena fokusnya kita hanya pada bahan yang digunakan. Dan bagaimana cara agar bahan tersebut dapat menyerap tinta sesuai dengan hasil cetakan. Namun baiknya agar hasil print lebih awet gunakan tinta artpaper.

Cara Coating bahan banner agar dapat dicetak Printer Biasa

  1. Siapkan bahan banner dengan ukuran lebar folio dan panjang bisa sampai dengan satu meter, usahakan saat memotong harus rapi jangan sampai ada robekan dan tidak merata. 
  2. Letakkan di meja atau lantai, pada bagian yang akan di print lapisi dengan LEM PVC atau biasa dikenal dengan LEM FOX warna putih. Cara melapisinya bisa menggunakan rakel sablon sampai benar – benar rata dan tipis saja. 
  3. Tunggu sampai hasilnya benar – benar kering
  4.  Sampai sini banner coating dengan lem PVC siap digunakan dan di print.
Saat memasukkan bahan banner ke dalam printer usahakan harus rata agar hasil tidak miring dan juga jalannya bahan tetap stabil.

Cara Print dan Setting Kertas Gulungan dengan Printer biasa

Penjelasan ini sebelum nya sudah dipraktekkan dan berhasil, anda bisa mencobanya sendiri perlu diingat jangan mencetak bahan ini sebelum lem coating benar – benar kering karena akan mengakibatkan hasil cetakan yang tidak merata dan blobor.

Anda dapat berkreasi menggunakan bahan baner atau bekas potongan – potongan banner agar dapat dimanfaatkan dengan mencetak foto – foto, tulisan atau sekedar membuat kretif agar lebih bermanfaat.

Demikian penjelasan mengenai cara cetak banner menggunakan printer inkjet epson, semoga bermanfaat jangan lupa untuk bagikan.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »