Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Paling Mudah Menambah Ukuran Kertas Pada Ms. Word

Default pada ms.word biasanya kertas hanya berukuran dari Legal sampai dengan A4 tentu dengan keterbatasan tersebut kadang membuat kesulitan saat kita ingin mencetak kertas dengan ukuran yang berbeda. Nah perlu teman - teman ketahui sebetulnya kita dapat dengan mudah menambah ataupun menghapus daftar ukuran kertas yang ada pada miscrosoft word tersebut.

Atau mungkin teman - teman pernah menjumpai ukuran kertas f4 pada aplikasi ms.word tidak ada nah bagaimana cara membuat ukuran kertas f4 di miscrosoft word ini baik itu word 2007, word 2010 atau di word 2016. Langkah nya tentu sama saja hanya mungkin ada sedikit perbedaan pada letak menu - menu yang tersedia pada halaman antramuka aplikasi.
 
simpan daftar size kertas pada ms word

 
Tujuan menambah ukuran kertas pada ms.word adalah untuk mempermudah kita saat mencetak kertas yang harus berukuran custome yang tidak ada di dalam ms.word, dengan membuat ukuran kertas otomatis pada ms.word tentu memudahkan kita saat mencetak kertas yang kita custome. misalnya ukuran kertas label CD atau ukuran kertas Label Undangan. 

Atau bahkan dengan membuat ukuran kertas otomatis ini tentu akan memudahkan kita saat ukuran kertas legal tidak muncul di excel, jadi kita bisa membuatnya dengan cara manual.

Penyebab Ukuran Kertas Legal tidak tampil di Ms.word

Teman - teman mungkin pernah mengalami kondisi saat ingin mencetak dengan ukuran f4 atau a4 namun di settingan kertas tidak menampilkan ukuran yang teman - teman inginkan. Sebetulnya kasus seperti ini cara mengatasinya sangat mudah bagaimana solusi ukuran kertas tidak tampil di Microsoft word.

Dalam artikel ini kita tidak mengulas detail mengenai hal tersebut teman - teman bisa membaca artikel Penyebab Ukuran Kertas Legal Tidak tampil di Ms.Word disana telah kita bahas tuntas bagaimana cara mengatasi hal ini 

Kembali lagi ke artikel Menambah Ukuran Kertas Pada Ms. Word pertama tentu yang harus kita siapkan adalah ukuran kertas yang akan kita tambahkan pada pilihan kertas ms.word atau terdaftar dan kita hanya tinggal klik secara otomatis kertas akan mengikuti ukuran yang sudah anda buat.

Cara Setting Ukuran Kertas Pada Ms. Word

Langkah setting kertas ini sebetulnya pernah kita bahas pada artikel sebelumnya Cara Mudah Print Kertas Gulungan Panjang menggunakan Printer Epson Langkahnya sama saja seperti ini sesuaikan ukuran kertas yang akan teman - teman buat, setelah semuanya diatur sesuai dengan panduan tersebut teman - teman bisa cek pada daftar kertas pilihan pada ms.word.

Jangan Lupa untuk memberikan checklist pada printer yang kita akan gunakan untuk print perhatikan gambar berikut :
Set As Default printer


Jika teman - teman sudah mensetting sesuai dengan penjelasan diatas, untuk memastikannya apakah cara yang anda buat work atau tidak bisa dilihat pada daftar kertas ms.word seperti gambar dibawah ini.


Kertas Pada Ms Word



Jika kertas yang anda buat sudah masuk ke dalam daftar kertas, artinya cara yang anda lakukan berhasil dan siap untuk di gunakan daftar kertas yang sudah masuk. 

Menambah Ukuran Kertas Pada Ms. Word

  1. Buka aplikasi Ms.Word
  2. Tekan CTRL + P
  3. Pilih Properties pada driver printer

    Properties Printer

  4. Maka akan ditampilkan halaman berikut ini :

    Pilih User

  5. Tulis nama pada paper size name klik save lalu OK


  6. Setelah itu tutup aplikasi ms.word lalu buka kembali jika berhasil maka akan ditampilkan halaman kertas pada daftar


  7. Berhasil cara menambah size kertas pada ms word