Solusi Kode Error E051 Photocopy Canon iR

Error Pada mesin fotocopy sering sekali terjadi terlebih jika kondisi mesin memang kurangnya perawatan dan juga perhatian, Namun bukan berarti mesin yang dirawat tidak pernah mengalami error. Karena pada kenyataanya terjadinya error pada mesin fotocopy disebabkan banyak faktor mulai dari pemasalahan listrik yang tidak stabil atau memang masalah part mesin fotocopy yang sudah minta ganti. Dalam kondisi Error ini tentu kita harus menganalisa problem yang menyebabkan E051 ini. 

Banyak kejadian dilapangan khususnya Error E051 ini biasaya terjadi pada mesin canon iR3300, karena memang masalah yang ada untuk permasalahan ini hanya terletak pada mesin fotocopy type iR3300. Cara memperbaiki masalah E051 memang terbilang gampang - gampang susah meskipun pada umumnya kerusakan E051 ini disebabkan oleh faktor sensor yang bermasalah. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan ciri - ciri mesin berhenti bekerja dan pada layar monitor terdapat keterangan E00051.
Perlu teman - teman ketahui cara menghilangkan Error E051 ini tentu harus mengetahui terlebih dulu dimana sumber masalah yang menimbulkan E051 ini. Nah dalam kasus ini jika mesin iR3300 anda bermasalah seperti ini yang paling dominan permasalahannya adalah pada bagian sensor Horizontal Home Postition untuk yang masih awam pada mesin fotocopy tentu akan bingung dimana sebenarnya letak sensor Horizontal Home Postition mesin fotocopy.
Solusi Kode Error E051 Photocopy Canon iR
Solusi Kode Error E051 Photocopy Canon iR
Jadi posisi Sensor Horizontal Home Postition tepatnya anda bisa mencari dibagian sebelah kanan tepatnya di balik area stack bypass. Jadi untuk melihat sensor ini teman - teman harus membongkarnya khsusnya cover yang menutupi, Nanti akan ada satu sensor yang dikenal dengan sensor Horizontal Home Postition. Dalam kasus E051 ini memang faktornya hanya itu yang menjadi satu - satunya masalah yang menimbulkan error ini muncul.

Kerusakan photocopy E051 ini bisa disebabkan oleh Sensor Horizontal Home Postition yang mengalami problem. Mulai dari sensor patah, sensor lepas atau sensor sudah tidak mampu medeteksi jalannya kertas. Jadi beberapa masalah tersebut hanya bisa diatasi dengan mengganti atau memperbaiki sensor tersebut. Namun kerusakan Sensor Horizontal Home Postition bukanlah satu - satunya yang dapat kita lakukan perbaikan pada kasus ini.

Dibeberapa kasus setelah dilakukan pengecekan pada bagian senso - sensor ternyata kerusakan pada area Gear Duplex pecah sehingga kasus ini dapat diselesaikan setelah mengganti bagian gear duplex yang pecah tersebut. Meskipun kejadian ini jarang tidak menutut kemungkinan problem - problem E051 di sebabkan karena faktor di atas. Dibawah ini saya jabarkan beberapa kasus dilapangan yang sering menjadi momok masalah terjadinya E051 Photocopy canon IR ini.

Penyebab Error E051 dan Cara Memperbaikinya

Masalah Gear Motor Duplex Pecah
Motor gear duplex seperi sebutannya sudah barang tentu cara kerja gear ini adalah untuk melakukan proses bolak balik pada mesin fotocopy, Nah kasus dilapangan jika photocopy iR3300 mengalami error E015 kebanyakan masalah karena Gear Motor Duplek ini pecah. Solusinya anda bisa lem atau bisa juga ganti dengan yang baru.

Kasus seperti diatas memang jarang terjadi namun bukan berarti tidak pernah terjadi kasus motor gear duplex pecah ini justru sebelum masalah dibawah ini terjadi yang harus dipositifkan bahwa benar - benar normal adalah bagian gear duplex ini.

Masalah pada Gear dan Rel Horizontal Home Potition Macet
Pada mesin fotocopy iR3300 terdapat gear yang memang kinerjanya bergerak kanan dan kiri sesuai dengan ukuran kertas yang dipilih dan diperintah mesin, Dimana posisi pergerakan itu dilakukan oleh bebera gear dan juga real lama kelamaan keduanya akan mengalami kehausan karena habisnya pelumas. Dan berhenti untuk berputar dalam kondisi ini maka mesin fotocopy akan secara otomatis mengeluarkan pesan kesalahan E051 yang menandakan bahwa anda harus segera memperbaiki masalah ini.
Untuk menghindari masalah diatas terjadi, Inilah letak pentingnya sebuah perawatan mulai dari kebersihan ataupun pemberian grease yang fungsinya untuk memperlancar putaran gear, rel dan hal lainnya yang memerlukan pelumas agar kinerjanya berjalan dengan lancar dan juga tentunya bekerja dengan maksimal. Dengan perawatan yang terjaga maka mesin secara tidak langsung sudah dijaga dari pesan - pesan error yang tidak kita inginkan.

Masalah Gear Horizontal Home Potition Pecah
Kasus ini sering juga terjadi pada mesin fotocopy yang memang kondisinya sudah minta ganti dimana tidak jarang masalah E051 terjadi disebabkan karena gear bagian Horizontal Home Potition Pecah Jika anda mengalami kondisi ini maka tidak ada jalan lain selain gear bagian Horizontal Home Potition ini diganti dengan yang baru agar mesin photocopy canon iR 3300 dapat bekerja seperti semula.

Masalah Gear Horizontal Home Potition Pecah ini biasanya yang menjadi faktor utama adalah karena kinerja mesin terlalu berat atau berlebihan sehingga kondisi mesin tidak seimbang dengan pekerjaan yang seharusnya diberikan pada mesin photocopy tersebut. 

Demikian dari penjelasan menyelesaikan kasus pada E051 mesin photocopy canon iR, semoga memberikan manfaat dan permasalahan pada mesin anda dengan kasus diatas dapat terselesaikan, Untuk berlangganan artikel menarik yang menfaat lainnya daftarkan Email anda disini.


Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel