Solusi Agar Cetak Foto Awet Tidak Mudah Luntur

Solusi Agar Cetak Foto Awet Tidak Mudah Luntur - Kebanyakan pengusaha cetak foto memikirkan solusi bagaimana cara cetak foto agar awet dan tidak luntur, pada pangalaman ini saya akan bagikan sesuai dengan pengalaman dalam bisnis cetak foto dengan kwalitas setara mesin lab. jika kita cari di internet dengan kata pencarian cara cetak foto agar tidak mudah luntur disana banyak sekali yang memberikan tips dan solusinya namun dari beberapa hal tersebut sudah pernah saya praktekkan dan hasilnya tidak semuanya dapat memberikan jaminan akan awet dan tahan luntur.

Kebanyakan foto hasil cetak luntur ini disebabkan karena masalah tinta, nah kebanyakan dipasaran kita menggunakan jenis tinta dye biasaya harga tinta ini lebih murah dibanding tinta jenis lainnya. masalah paling dominan penyebab hasil cetak foto tidak awet ini sobat perlu perhatikan dulu jenis tinta yang digunakan. Mungkin pada jenis cetakan foto yang digunakan untuk kebutuhan skala persyaratan lamaran kerja foto luntur tidak masalah. Namun jika cetakan foto untuk ijazah luntur ini akan menjadi sumber masalah untuk bisnis cetak foto yang kita punya karena pastinya mereka akan komplain mengenai kwalitas hasil cetak yang kita miliki.

Solusi Agar Cetak Foto Awet Tidak Mudah Luntur
Solusi Agar Cetak Foto Awet Tidak Mudah Luntur
Ada beberapa cara menjaga agar hasil cetak foto awet namun dari beberapa penjelasan dibawah ini saya terangkan beberapa hal kelebihan dan juga kekurangannya dengan menerapkan beberapa teknik agar hasil cetakan awet. di antaranya :

Setelah foto di cetak lapisi dengan laminasi

Cara ini bisa diterapkan pada cetakan foto tinta dye agar hasilnya awet tidak luntur meskipun tertetes air, namun ketika air masuk ke sela sisi laminasi tinta akan tetap pudar dan luntur, kelemahannya biasanya cetakan akan memudar setelah terkena paparan cahaya sinar matahari. warna akan memudar dan menurun lama - kelamaan gambar akan hilang tidak kelihatan lagi. Mungkin untuk solusi sebagai proteksi tetasan air hal ini bisa anda terapkan pada cetakan foto tersebut. Namun tidak bisa untuk memproteksi paparan sinar matahari.

Setelah foto dicetak lapisi dengan pylox clear

Teknik pylox clear ini banyak digunakan kalangan cetak foto untuk mempertahankan hasil cetakan agar tidak menurun. kebanyakan dari mereka mempercayai hasil cetakan akan awet dan tahan lama sedangkan menurut saya sendiri yang sudah saya praktekkan baik di media cetakan kertas foto maupun hasil cetakan bahan pvc id card. hasilnya lama - kelamaan blur pengalaman ini pernah saya terapkan pada cetakan foto dan juga bahan pvc yang saya pylox menggunakan clear namun tidak lama sekitaran satu minggu warna pada bahan cetakan menjadi buram. jadi menurut saya cara ini jelas tidak berefek sama sekali pada hasil kwalitas foto hanya mungkin cara ini sama saja dengan proses laminasi tidak tahan paparan cahaya matahari dan juga lama - kelamaan foto menjadi buram.

Baca Juga :  Membuka Percetakan undangan dengan modal printer inkjet

Setelah foto dicetak di laminating / Press

Hal ini banyak di percaya oleh kalangan pengusaha fotocopy dan juga percetakan foto bahkan terkadang konsumen sendiri yang meminta foto mereka di laminating atau di press agar awet dan tahan lama. ya mungkin cara ini bisa memberikan solusi untuk memproteksi foto dari air namun tidak untuk cahaya. karena jenis tinta dye tidak akan tahan jika hasil cetakannya di paparakan langsung dengan cahaya matahari. apalagi jika tinta dye yang anda gunakan dari segi harga murah dan juga merk yang belum banyak digunakan.

Cetak foto menggunakan tinta Original Epson

Pengalaman saya sendiri mencetak menggunakan tinta Original Epson dari segi warna memang lebih dalam atau lebih jelas, dan untuk kwalitas sendiri tahan terhadap paparan sinar uv (matahari) karena ada beberapa hasil cetak foto menggunakan tinta original epson di letakkan pas pada ruangan yang masuk cahaya sudah lebih dari 2 tahun hasil gambar tidak menurun. Namun tinta original epson ini kelemahannya tidak tahan terhadap air jika kita teteskan air lama - kelamaan cetakan agar buyar atau rusak. Untuk mengatasi masalah ini sebetulnya bisa dengan cara di laminating atau di press.
Baca Juga: Baca Jenis Kertas dan Bahan stiker yang wajib diketahui

Cetak foto menggunakan tinta art paper atau pigment

Yang terakhir untuk mengatasi masalah cetak foto pudar atau luntur ini anda bisa menggunakan tinta artpeper, pengalaman saya menggunakan tinta ini memang tidak diragukan karena jenis tinta ini tahan terhadap air meskipun hasil cetakan foto di rendam. dan juga tahan terhadap paparan sinar matahari secara langsung mungkin karena jenis tinta ini basisnya minyak sehingga bisa menahan air dan juga paparan cahaya.

Kesimpulannya

Untuk mengatasi hasil cetak foto agar tidak luntur baiknya anda menggunakan langkah terakhir yaitu mengganti tinta dye anda menggunakan tinta artpeper karena jenis tinta ini dapat di andalkan keawetannya. Penggunaan beberapa teknik diatas hanya dapat menahan cipratan air saja bukan untuk menahan cahaya matahari atau digunakan di outdor. Keuntungan menggunakan tinta artpeper ini selain menghemat waktu kerja anda juga bisa menghindari komplain konsumen yang pernah cetak foto kepada anda.

Semoga artikel ini memberikan penjelasan yang dapat diserap dan yang pasti memberi manfaat. untuk berlangganan silakan masukkan EMAIL disini. saya akan mengirim email kepada anda jika ada update terbaru mengenai artikel - artikel kami. terimakasih

0 Response to "Solusi Agar Cetak Foto Awet Tidak Mudah Luntur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel