Membuka Percetakan undangan dengan modal printer inkjet

Membuka Percetakan undangan dengan modal printer inkjet - Halo guys kembali lagi pada artikel kali ini dengan judul membuka percetakan undangan dengan modal printer inject. Sebagian kalangan pengusaha percetakan khususnya yang masih industri kecil atau rumahan terkadang bingung jika harus mengeluarkan modal untuk membeli mesin cetak toko, di mana memang mesin ini banyak digunakan oleh percetakan dalam urusan membuat undangan baik model separasi maupun full color namun untuk yang baru merintis yang memiliki modal pas-pasan tidak usah berkecil hati dalam membuka bisnis cetakan undangan. Artikel yang saya tulis ini cocok sekali untuk anda ada yang memiliki budget minim untuk membeli mesin sekelas percetakan. Sebetulnya dalam bisnis percetakan undangan tidak harus memiliki mesin sekelas percetakan Anda cukup menggunakan printer inject Epson. Di sini mungkin ada pertanyaan mengapa harus merk Epson ? Disinilah akan saya bongkar pengalaman saya ketika masih merintis dunia percetakan yang diawali oleh printer Epson.  Waktu itu saya menggunakan tipe L120 memang untuk harga printer Epson lebih tinggi dibanding jika kita membeli printer merk Canon namun dari segi kualitas serta ketahanan mesin Berdasarkan pengalaman mesin ini sangat cocok sebagai usaha cetakan undangan menggunakan kertas art paper atau kertas BC.

Modifikasi Printer yang saya lakukan untuk memperpanjang umur printer
Modifikasi Printer yang saya lakukan untuk memperpanjang umur printer
Selama 5 tahun lebih saya merintis usaha undangan menggunakan printer Epson tipe L 120 yang mana tidak ada kerusakan sama sekali baik printer maupun head tentu semua itu ada trik khusus yang saya lakukan pada masing-masing printer yang saya punya. Selama 5 tahun lebih untuk printer Epson L120 ini masalah yang saya alami hanya reset dan tidak lebih dari itu. Sebetulnya teori yang saya lakukan ini adalah hasil coba-coba di mana pengalaman yang sudah sudah saya menggunakan printer Epson dengan cetakan 1000 lembar dengan waktu jeda 2 menit alhasil head saya langsung jebol. Waktu itu saya menggunakan printer L800 untuk mencetak undangan full color menggunakan kertas BC akhirnya saya berpikir bagaimana cara mengatasi printer inject agar bisa tahan tanpa banyak perawatan dan tentunya dengan cetakan yang banyak. Teori yang saya terapkan ini banyak dari kalangan pengusaha percetakan maupun teknisi printer belum mempraktekkannya atau mengetahuinya, namun dengan menerapkan cara yang saya lakukan ini setelah berhasil membuat printer Epson awet dan tahan lama meskipun cetakan yang saya lakukan sudah puluhan ribu undangan. Kebanyakan cetakan undangan yang saya lakukan menggunakan kertas BC karena jenis kertas ini sangat mudah untuk dicetak menggunakan printer inject tinta yang saya gunakan dalam mencetak undangan tinta dye merk blueprint di mana memang kualitas tinta ini memiliki standar pencetak hasil yang tajam jika dibanding dengan jenis tinta merk lainnya. Tinta yang saya gunakan terkadang bercampur dengan blueprint tipe Canon namun selama ini tidak ada kendala apapun dalam hasil cetakan.

Cara menjadikan printer awet untuk percetakan

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas mengenai cara menjadikan printer inkjet menjadi awet untuk cetak undangan langkah ini sebetulnya cukup mudah hanya memerlukan pendingin pada area print atau Anda harus memodifikasi bagian printer tertentu agar udara dingin masuk kebagian body printer khususnya area head dan Main Board. Dimana bagian-bagian ini adalah teknik paling Rentan rusak pada printer Epson bisa kita lihat ketika mencetak lebih dari 500 lembar sekaligus apabila bagian head panas maka kinerja proses cetak printer akan menjadi semakin lambat artinya Disini masalah yang paling dominan terjadi pada printer Epson adalah karena panas. Sehingga hal ini membuat saya mencoba untuk memodifikasi bagian body printer untuk dipasang kipas pendingin yang tersambung langsung kebagian power supply printer atau Anda bisa menyambungkan nya kebagian listrik menggunakan power adaptor. Terpenting di sini adalah usahakan printer selalu dingin ketika melakukan banyak cetakan khususnya undangan yang full color cara ini sudah saya terapkan dan berhasil membuat printer Epson L120 saya awet dan tahan lama baik dari mesin maupun bagian head. Semua ini murni dari hasil uji coba saya selama ini dalam mengakali printer inject biasa agar awet untuk mencetak undangan. Kamu bisa memodifikasinya sesuai dengan selera yang terpenting seperti yang sudah saya jelaskan di atas bagian mainboard dan juga head harus selalu dalam keadaan dingin.


Langkah-langkah diatas dapat diterapkan dan dipraktekkan cukup mudah hanya saja Anda harus melubangi bagian body printer untuk dipasang kipas yang nantinya agar menjaga suhu Tetap dingin di dalam printer. Seperti judul diatas membuka percetakan menggunakan printer inkjet bukan lagi hal yang mustahil yang akan dilakukan terlebih jika tempat anda jauh dari percetakan besar memanfaatkan fasilitas yang ada adalah jawabannya. Meskipun banyak percetakan yang memanfaatkan sebagai broker dalam urusan cetak undangan hari ini Tentu tidak membuat patah semangat dalam dunia cetak undangan menggunakan printer inject biasa. Tulisan di atas saya tulis Berdasarkan pengalaman pribadi yang mana telah saya terapkan di percetakan kecil saya dan hasilnya memang dapat memberikan kepuasan sendiri dalam bisnis cetak undangan menggunakan printer inject Epson L120. Itu saja yang dapat saya bagikan beberapa tips memulai percetakan dengan printer inkjet yang dapat anda praktekan tanpa ragu dan tentunya jangan takut printer rusak, Semoga apa yang saya tulis ini Memberikan manfaat Apabila ada yang ingin ditambahkan silakan komentar di bawah ini jangan lupa untuk like dan share terima kasih.

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel