Solusi Hasil Fotocopy kurang jelas serta kurang tajam Canon IR5000/IR6000

Hallo guys masih dalam pembahasan seputar fotocopy, kali ini saya akan mengulas permasalahan fotocopy. sering menjadi problem Hasil Fotocopy kurang jelas serta kurang tajam pada mesin fotocopy canon IR5000/IR6000, untuk anda yang masih pemula dalam bisnis usaha fotocopy ini tentu hal seperti ini akan menjadi PR yang harus segera diatasi. dalam perbaikan masalah Hasil Fotocopy kurang jelas serta kurang tajam Canon IR5000/IR6000 tidak memerlukan skill khusus membongkar bagian mesin karena ini terjadi biasanya hanya faktor kebersihan dan juga kerusakan beberapa part saja yang harus diganti.

Kerusakan pada mesin fotocopy memang banyak sekali mulai dari hasil belang, hasil kotor, hasil fotocopy tidak rata atau hasil fotocopy kurang jelas seperti yang akan kita ulas pada artikel kali ini. Permasalahan pada mesin fotocopy yang kurang tajam atau jelas ini biasanya untuk segi hasil dapat dikatakan normal tidak ada garis ataupun kendala lainnya pada tulisan, Namun kendalanya jika diperhatikan hasilnya kurang gelap atau kurang tajam, jadi warna tinta seperti abu - abu tidak hitam. Banyak sekali faktor penyebab hasil fotocopy kurang tajam mulai dari faktor kebersihan drum dimana drum perlu di bersihkan menggunakan cairan braso, Membersihkan Corona atas bawah biasanya sudah banyak tumpahan toner, Membersihkan develope yang mana jika bagian ini sudah terlalu lama banyak debu yang menghalangi jalannya magnet roll.
Baca Juga : Terupdate Pahami fungsi menu program mode *28* Fotocopy Canon
Namun apabila beberapa part tersebut sudah kita urus sesuai dengan standard cara perawatan mesin fotocopy yang baik. dan hasilnya masih kurang maksimal juga artinya ada hal lain yang menyebabkan masalah ini terjadi. yang jelas hasil kurang tajam atau jelas pada hasil fotocopy biasanya disebabkan oleh ketiga hal yang saya sebutkan diatas. jika semua sudah di rawat dengan baik namun kondisi tetap hasil fotocopy kurang jelas. kita dapat melakukan perbaikan melalui mode program *28* melalui tombol panel mesin fotocopy.

Langkah mengatur ketajaman hasil fotocopy dari program mode *28*

1. Masuk service mode dengan menakan *28*
2. Pilih Menu Adjust
3. Pilih Menu Develope
4. Setting bagian Set BIAS (0-600) semakin kecil nilai maka hasil akan semakin hitam ( default 180 )
5. Klik Ok
6. Matikan Mesin lalu hidupkan kembali

Dari langkah kecil diatas, biasanya mempunyai pengaruh untuk hasil fotocopy. anda bisa mencobanya lalu lihat perubahannya jika hasilnya lebih hitam artinya mode program ini bekerja pada mesin anda.  Jika hasilnya belum maksimal coba cek bagian magnet roll yang dikhawatirkan bagian ini sudah tipis atau sudah tidak layak pakai. selanjutnya cek bagian doctor blade bersihkan dari sisa - sisa toner yang menempel.
Baca Juga : Lengkap Kode Error Fotocopy Canon iR 6570
Selanjutnya jika hasil masih kurang jelas coba anda atur bagian keluarnya tinta mesin pada bagian posisi roller magnet, dengan cara atur keluarnya tinta secara manual biasanya pengaturannya letaknya di pojok kiri roll magnet anda bisa lihat contoh gambar dibawah ini :

Pengaturan Adjust dari bagian developing
Cara melakukan pengaturan diatas dengan langkah, Copot bagian develope dari mesin fotocopy lalu atur posisi plat adjust yang ditandai dengan warna seperti kuningan, semakin gerak ke kanan hasilnya semakin jelas atau hitam sedangkan jika anda kiri maka hasilnya semakin putih. anda bisa mencoba memperaktekkannya dengan melakukan penjelasan ini.
Baca Juga : Baca penyebab tinta sering tabur diatas wayer fotocopy canon IR
Dari beberapa masalah yang terjadi mengenai hasil fotocopy yang kurang jelas atau kurang tajam biasanya masalah terletak pada bagian pengaturan Adjust dari bagian develop, Namun bukan berarti semua masalah memiliki solusi yang sama, anda bisa mencobanya langkah ini satu persatu karena terkadang dilapangan masalah akan berbeda satu dengan yang lain.  Semoga apa yang saya jelaskan mengenai cara mempertajam hasil fotocopy canon iR 5000/6000 ini memberikan manfaat terimakasih sudah berkunjung di blog ruanganbaca.com.

0 Response to "Solusi Hasil Fotocopy kurang jelas serta kurang tajam Canon IR5000/IR6000"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel