Fotocopy Bolak balik Paper jam di Unit 2 ini solusinya

Fotocopy Bolak balik Paper jam di Unit 2 ini solusinya - Fotocopy sering mengalami jam paper dimana kertas berhenti dan tidak keluar dan mesin melainkan langsung mengeluarkan indikator peringatan kertas nyangkut pada mesin, masalah seperti ini banyak sekali dihadapi pemilik mesin fotocopy baik pemula ataupun yang sudah banyak pengalaman, penyebab kertas nyangkut di unit 2 ini banyak faktor yang menimbulkan masalah tersebut. Dalam perbaikan masalah kertas nyangkut di unit 2 ini anda harus benar - benar analisa beberapa part yang kira - kita mencurigakan.

Seperti yang kita ketahui unit 2 ini adalah jalur jalannya kertas fotocopy yang bolak balik, jika fotocopy tidak bolak balik pasti lancar karena jalannya kertas tidak melalui jalur ini. Komponen utama di unit satu berisi pemanas dan juga beberapa part yang memiliki fungsi masing - masing, sedangkan dibawahnya atau biasaya disebut unit 2 berisi part yang memang di khususkan untuk duplex atau bolak balik kertas.
Fotocopy Bolak balik Paper jam di Unit 2 ini solusinya

Permasalahannya terkadang unit 2 ini terkendala dengan beberapa masalah, sehingga menimbulkan mesin fotocopy tidak dapat melakukan proses fotocopy depan belakang dengan sempurna yang ada kertas fotocopy selalu jam paper. Jika ini terus dibiarkan tentu anda akan banyak membuang kertas karena kertas selalu nyangkut disini. dengan permasalahan diatas tentu akan menghambat anda dalam berbisnis fotocopy dan sulit menemukan cara usaha fotocopy yang sukses. karena suksesnya usaha fotocopy tergantung mesin yang anda gunakan.
Penanganan permasalahan fotocopy bolak balik macet ini memang memerlukan beberapa waktu untuk menyelesaikannya bukan hanya itu terkadang ada mesin fotocopy yang macet kertas a4 sedangkan kertas f4 lancar, atau kertas A3 macet. Perlu kita ketahui semua pemasalahan mesin fotocopy pasti mempunyai solusi. dibawah ini adalah beberapa cara menyelesaikan masalah kertas macet pada mesin fotocopy :

1. Reversal Motor (M14) bermasalah

Fungsi motor iniadalah untuk menjalankan kertas dari PS38 menuju duplex mesin fotocopy, yang mana digerakkan roller yang besar. Apabila motor reversal ini bermasalah maka kertas tidak dapat tertarik sempurna dan menyebabkan jampaper pada area duplex.
Posisi Letak Sensor Duplex
Posisi Letak Sensor Duplex

2. Delivery Flapper Rusak

Proses fotocopy bekerja adalah menunggu perintah dari anda, saat mesin mulai mendapat perintah fotocopy depan belakang atau bolak balik, secara otomatis bagian flapper akan membuka untuk mengarahkan ke sensor PS38. Apabila flapper ini bermasalah dan tidak dapat membuka dengan baik maka kertas akan bertumpuk di area depan pemanas, cirinya biasanya melipat - lipat dan apabila posisi sensor PS38 ini tidak kembali pada awal posisinya maka kertas akan jampapar.
Baca Juga : Baru Mengatasi kertas F4 tidak terbaca fotocopy Canon IR

3.Motor Vertical Path feeding Bermasalah

Gerakan bagian motor Vertical Path feeding ini memberikan gerakan pada bagian roller yang letaknya tepat di paling ujung kanan unit 2. biasanya berdasarkan pengalaman moto ini sering bermasalah yang menimbulkan kertas saat proses bolak balik nyangkut.

4. Bagian Duplex motor kiri (M29) Rusak

Apabila kertas berhasil melewati bagian Reversal motor maka akan di tarik ke bagian uplex feeding left motor yang bekerja meneruskan jalannya kertas ke roller, apabila motor ini rusak maka kertas tidak dapat berjalan sempurna di area roller reversal

5. Duplex Motor kanan. (M18) Bermasalah

Saat proses motor ini bekerja secara otomatis kertas dapat berjalan normal seperti biasanya, namun jika motor ini bermasalah kertas tidak dapat tertarik untuk proses duplex di unit x2. 

7. Cek Kondisi Roller bagian Duplex 

bagian Roller duplex sangat berpengaruh dengan jalannya kertas, apabila kodisinya sudah licin artinya roller anda sudah tidak layak pakai. Seperti yang kita ketahui jalannya kertas ditarik oleh roller - roller pada mesin fotocopy sehingga apabila roller ini tipis sangat berpengaruh dengan permasalahan kertas nyangkut.

8. Cek bagian gear - gear di area duplex

Terkadang bagian gear ini terabaikan oleh pengelihatan kita dalam memperbaiki kertas nyangkut pada mesin fotocopy canon Ir, padahal erat kaitannya dengan permasalahan kertas macet di mesin fotocopy saat bolak balik. coba lihat dan cek apabila bagian gear ada yang pecah atau rompal disitulah permasalahannya.

Dari penjelasan diatas apabila terdapat tambahan silakan komentar dibawah ini, semoga penjelasan bagaimana cara mengatasi paperjam di duplex ini bermanfaat dan dapat memberikan solusi untuk mesin fotocopy anda. terimakasih sudah berkunjung di blog ruanganbaca.com ayuk berlangganan artikel dengan memasukkan email kamu disini.

Incoming search terms :
  • kertas nyangkut di unit dua
  • Mengatasi fotocopy bolak balik ngejam terus menerus ir 5000
  • mengatasi kertas ngejamp di duplex
  • Paper Jam Atau Kertas Nyangkut Mesin Foto Copy Canon
  • fotocopy bolak balik macet
  • kertas nyangkut di unit2 ir5000
  • a4 sheet
  • cara usaha fotocopy yang sukses
  • paper is stuck in unit two

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel