Solusi Mengatasi E805 mesin fotocopy Canon IR - Ruanganbaca.com

Solusi Mengatasi E805 mesin fotocopy Canon IR

Solusi Mengatasi E805 mesin fotocopy Canon IR - Suatu masalah pada mesin fotocopy tentu ada sebabnya, baik itu karna kondisi mesin sendiri yang minta diservice atau daya listrik yang kurang stabil. cara mesin fotocopy memberitahu kapada user dengan mengeluarkan indikator error dimana masing - masing kode error tersebut memiliki maksud dan tujuan dari kerusakan yang terjadi. seperti halnya kode error E805 mesin fotocopy Canon IR yang akan kita bahas kali ini. tentu untuk anda yang baru atau masih awam dalam perbaikan masalah mesin fotocopy akan dibuat pusing dengan permasalahan E805 ini. walaupun sebetulnya mudah dalam mengatasi masalah E805 apabila anda mengetahui penyebabnya.

Mesin fotocopy merupakan rangkaian elektronik yang saling berhubungan dan terdiri dari element yang membutuhkan aliran listrik dengan hal tersebut tentu mesin akan mengalami panas jika sering digunakan, sehingga untuk mengatasi panas yang berlebih pada bagian mesin fotocopy di pasang kipas baik pada bagian mainboard dan bagian - bagian lainnya. fungsinya tentu agar suhu dibagian mesin selalu dingin dan tidak over heat. kipas kipas yang terpasang tentu sejalur dengan mesin fotocopy apabila salah satu dari kipas yang berada pada bagian mesin fotocopy rusak atau tidak berputar secara maksimal, mesin fotocopy akan mengeluarkan indikator error dan tidak dapat melakukan aktifitas seperti biasanya.
Solusi Mengatasi E805 mesin fotocopy Canon IR
Solusi Mengatasi E805 mesin fotocopy Canon IR
Elektronik pada bagian mesin fotocopy semuanya sudah dirangcang dan di program dalam satu wadah, sehingga apabila ada satu bagian yang mengalami kendala mesin akan mengeluarkan kode error, tentu setiap kode error yang dikeluarkan mesin fotocopy bertujuan untuk memberi petunjuk kepada pengguna agar mengetahui bagian yang mengalami masalah dengan di tampailkanya kode error di layar mesin fotocopy. kode error ini biasanya ada pada bagian buku service manual mesin fotocopy.

Penyebab Mesin Fotocopy E805 Canon IR

Seperti yang sudah dijelaskan diatas permasalahan E805 mesin fotocopy Canon IR disebabkan oleh beberapa fan atau kipas pendingin mesin yang mati, dimana bagian mesin fotocopy memiliki beberapa bagian kipas yang sangat dominan menyebabkan E805 mesin fotocopy Canon IR, diantaranya :
  1. FM1 Feeding fan
  2. FM2  Primary Charging Cooling Fan
  3. FM3  Heat discharging Fan
  4. FM4 Controller Cooling fan
  5. FM5 De-Curling Fan
  6. FM6 DC Power Supply fan
  7. FM7 HDD fan
  8. FM8 Duplex feeding fan
Dari delapan fan diatas masing - masing memiliki fungsi dan juga kegunaan yang berbeda - beda namun tujuannya tentu untuk menjaga mesin agar selalu dingin dan suhu tidak over heat. saya tidak menjelaskan masing - masing dari kegunaan dan kinerja masing - masing fan diatas namun dalam penanganan masalah E805 mesin fotocopy Canon IR ada beberapa fan yang harus anda cek, apakah dalam kondisi hidup atau rusak.

Cara Memperbaiki Masalah E805 mesin fotocopy Canon IR

setelah kita mengetahui permasalahan E805 mesin fotocopy Canon IR, kita akan membahas bagaimana cara menyelesaikan masalah E805 mesin fotocopy Canon IR, utamanya masalah E805 disebabkan oleh bagian kipas yang saya jelaskan dibawah ini :

FM1 Primary Charging Cooling Fan

Letak kipas ini tepatnya diatas bagian fixing, tentu sesuai dengan namanya fungsi fan atau kipas ini sebagai pemberi hawa dingin bagi primary charging yang berada pada bagian unit drum, kerusakan fan ini sering terjadi dan akan menyebabkan masalah E805. solusinya tentu anda sudah sedikit paham apabila mesin mengalami kondisi E805 ada baiknya cek dan lakukan pemeriksaan pada kipas ini, apakah benar - benar kondisinya yang sudah rusak atau hanya sekedar soketnya yang kurang menempel dengan baik. karna dilapangan kebanyakan masalah fan disebabkan oleh soket yang kendor atau sudah longgar sehingga menyebabkan kipas tidak berputar atau tidak terhubung dengan mesin, dan menimbulkan E805 mesin fotocopy.

Baca Juga :

FM3 Heat discharging fan

Kipas ini merupakan kipas paling besar yang berada pada semua bagian mesin fotocopy, tentu keutamannya sebagai pendingin mesin agar tidak over heat. fungsi lainnya sebagai exhaust fan agar suhu panas diarea fixing cepat turun, apabila kipas ini mati atau tidak berputar dengan baik tentu akan mengeluarkan masalah E805 mesin fotocopy Canon. untuk mengetahui letak masing - masing kipas anda bisa simak gambar dibawah ini :
Solusi Perbaiki E805 mesin fotocopy Canon IR
Solusi Perbaiki E805 mesin fotocopy Canon IR

Cara mengetes mesin apakah kipas dalam kondisi hidup atau mati yaitu dengan membuka fan yang sudah dijelaskan diatas lalu hidupkan mesin, jika kipas mati artinya mesin dalam kondisi perlu di perbaiki. selain itu pastikan bagian kabel tidak putus, terjepit dan juga bagian soketnya dalam keadaan tertancap dengan benar.

Dari penjelasan diatas, kesimpulannya kerusakan E805 mesin fotocopy Canon IR disebabkan oleh bagian fan yang rusak atau tidak berputar dengan sempurna sehingga solusinya adalah dengan mengganti bagian fan yang rusak tersebut dengan yang baru. semoga apa yang saya bagikan ini memberikan wawasan baru dan pelajaran baru bagaimana cara menyelesaikan masalah kode error mesin fotocopy E805. Apabila dari penjelasan diatas terdapat kekurangan anda bisa komentar dibawah ini. terimakasih sudah berkunjung di blog ruanganbaca.com apabila bermanfaat jangan lupa share ke sosial media dengan tombol yang sudah disediakan dibawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel