Solusi Memperbaiki Error E804 Mesin Fotocopy Canon IR

Solusi Memperbaiki Error E804 Mesin Fotocopy Canon IR - Sering kali masalah error pada mesin fotocopy datang tiba - tiba meskipun kehadirannya tidak pernah kita harapkan. apalagi ketika job fotocopy sedang ramai tentu masalah error sangat tidak ingin dijumpai, karna tentu akan merepotkan. dalam permasalahan error mesin fotocopy ada yang mudah memperbaikinya ada juga yang rumit. semua tergantung dari masalah error tersebut. memang tidak semua pengguna mesin fotocopy mampu mengatasi permasalahan error yang terjadi namun mencari solusi adalah langkah terbaik untuk anda mulai mengetahui permasalahannya. seperti yang akan kita bahas di dalam artikel ini bagaimana memperbaiki masalah Error E804 Mesin Fotocopy Canon IR, kita akan bahas penyabab masalah Error E804 Mesin Fotocopy Canon IR ini terjadi dan bagaimana cara mengatasi masalah Error E804.

Solusi Memperbaiki Error E804 Mesin Fotocopy Canon IR
Solusi Memperbaiki Error E804 Mesin Fotocopy Canon IR
Dalam perbaikan mesin fotocopy memang dapat dikatakan gampang susah, terkadang untuk memperbaiki satu masalah saja kita harus menganalisa beberapa part karna di dalam buku manual service mesin biasanya tidak dijelaskan secara luas mengenai solusi perbaikannya. melainkan hanya di jelaskan letak dan kondisi error yang terjadi saja. tentu ini akan menyulitkan bagi pengusaha fotocopy yang belum pengalaman dalam perbaikan mesin. namun anda tidak perlu khawatir karna dalam perbaikan mesin kita dapat mempelajarinya dari kejadian error dimana anda mencari solusi sambil belajar mengatasinya.

Penyebab Masalah E804 pada mesin fotocopy canon IR

Sebelum kita membahas lebih luas lagi bagaimana memperbaiki masalah E804 Mesin Fotocopy Canon IR, terlebih dulu anda harus mengetahui apa yang dapat menyebabkan masalah E804 ini terjadi. muncul nya masalah E804 disebabkan oleh matinya kipas blower dimana kipas ini sering dikenal dengan kipas FM6 adalah kipas DC power supply, letaknya persis dibagian power supply. seharusnya saat mesin fotocopy di hidupkan kipas ini berputar jika kipas ini tidak berputar atau mengalami kerusakan secara otomatis mesin fotocopy akan mengeluarkan indikator kode error e804 pada bagian layar mesin.

Dalam permasalahan ini ada cara berbeda dalam penanganan masalah E804 Mesin Fotocopy Canon IR 5000/6000 dan juga IR6570, jika kejadian masalah E804 ini terjadi pada mesin type IR5000/IR6000 biasanya disebabkan oleh kipas power supply sedangkan untuk mesin type IR6570 biasanya masalah ini disebabkan oleh kipas power supply dan bisa juga kipas IH.

Perbaiki masalah E804 pada mesin fotocopy canon IR

permasalahan E804 intinya adalah permasalahannya dibagian kipas yang rusak solusi nya adalah dengan mengganti kipas tersebut, namun ada beberapa kejadian membingungkan berdasarkan pengalaman user dilapangan dimana permasalahan ini mulanya mesin dalam keadaan ready namun ketika mencopy satu, dua lembar mesin fotocopy mengeluarkan kode E804 dicoba dihidupkan di restart dengan mematikan mesin dan dihidupkan kembali namun masalah tidak hilang malah semakin parah karna layar tidak ada lagi ready ketika mesin dihidupkan melainkan langsung ditampilkan indikator E804. 

Dengan permasalahan diatas, dicoba mengatasi dengan mengecek kipas pada bagian power supply dan juga bagian IH dan benar saja kipas bagian power supplay mati, tidak mau berputar namun setelah diganti dengan yang baru kondisi kipas masih tidak mau berputar. tentu ini merupakan masalah baru. apabila kipas setelah diganti namun tetap tidak merespon masalahnya adalah pada bagian DC, namun kejadian seperti ini sangat jarang terjadi. biasanya setelah mengganti kipas masalah bisa diatasi dan E804 hilang.

Baca Juga :

Cara cepat dalam menangani masalah E804 selain mengganti kipas adalah dengan cara menjamper bagian kipas yang mati, tentu cara ini digunakan hanya sementara saja baiknya segera diganti dengan yang baru. langkah menjemper kipas yang mati cukup mudah yaitu dengan cara kelupas bagian kabel selain warna merah lalu disatukan atau disambung menjadi satu. namun cara diatas tidak saya pertanggung jawabkan segala sesuatu masalah pada mesin fotocopy anda karna cara ini dapat dikatakan cara extreme. langkah terbaiknya adalah dengan mengganti kipas saja. adapun beberapa tahapan perbaikan diantaranya :

Tahapan perbaikan masalah E804 mesin fotocopy :

  1. Check bagian kipas power supply, letaknya di bagian kiri mesin jika kita berada dibagian depan mesin fotocopy.
  2. Buka semua bagian body samping untuk mengecek kondisi ini
  3. Lalu hidupkan mesin fotocopy, dan perhatikan apakah kipas benar - benar tidak berputar. jika iya lakukan proses berikutnya dengan mengganti kipas.
  4. apabila setelah mengganti kipas nyatanya tidak bisa mengatasi masalah E804 artinya bagian DC Control yang mengalami masalah, bisa anda coba dengan menukar DC Control dengan mesin lainnya. atau bisa menggantinya dengan yang baru. solusi lain perbaikan masalah E804 ini anda bisa menguji bagian fius dc kipasnya pada DC control khususnya pada gambar dibawah ini yang dilingkari , coba ukur menggunakan avo meter apabila jarum naik tidak full bisa jadi masalahnya pada bagian fius ini.
    Solusi Memperbaiki Error E804 Mesin Fotocopy Canon IR
    Fius dc pada DC control
Tahapan ini bisa anda praktekkan tentu berdasarkan apa yang sudah saya jelaskan diatas, sebetulnya dalam menyelesaikan masalah ini cukup mudah namun apabila masalah menimpa bagian DC control tentu hal ini bukan harapan kita. dari penjelasan diatas kesimpulannya adalah permasalahan E804 disebabkan oleh bagian kipas mati atau rusak. atau bagian DC control yang rusak kedua hal ini amat erat kaitannya dengan masalah E804 mesin fotocopy canon, dari penjelasan diatas apabila masih ada kekurangan atau ada solusi tambahan anda bisa menambahkan dengan cara berkomentar dibawah ini. semoga artikel ini membantu dan memberikan solusi perbaikan masalah E804 pada mesin fotocopy canon. terimakasih sudah mengunjungi blog ruanganbaca.com jika membantu jangan lupa bagikan.

Incoming search terms :

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel