cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan menyimpan hasil scan mesin fotocopy ke komputer dengan photoshop


Panduan menyimpan hasil scan mesin fotocopy ke komputer dengan photoshop - Sebelumnya kita pernah membahas bagaimana cara menscan dokumen agar tersimpan kedalam mesin fotocopy dengan menggunakan fitur mailbox, kali ini kita akan mengulas cara dan langkah - langkah menyimpan hasil scan dari mesin fotocopy ke komputer dengan menggunakan aplikasi adobe photoshop. biasanya secara umum setelah kita menginstall driver mesin fotocopy menu scanner akan ada dibagian photoshop dengan mengklik menu file lalu akan ditampilkan menu import yang mana akan terdapat pilihan beberapa media yang digunakan.


Panduan menyimpan hasil scan mesin fotocopy ke komputer dengan photoshop
Panduan menyimpan hasil scan mesin fotocopy ke komputer dengan photoshop

Sebagian pengusaha fotocopy terkadang kebutuhan akan scan menjadi hal utama, selain dapat digunakan sebagai scan dokument fitur ini juga dapat digunakan sebagai scanner foto. kwalitas yang dihasilkan untuk mesin type canon yang sudah memiliki fitur scan warna tidak mengecewakan. sama halnya dengan scanner canon lide 110. resolusi file yang dihasilkanpun lebih lebih besar sehingga terhindar dari retak atau gambar pecah. namun sebelum anda melakukan scan menggunakan aplikasi photoshop terlebih dulu harus menyiapkan beberapa langkah dibawah ini :

Cara Setting scan mesin fotocopy ke Komputer

Ada beberapa hal yang harus dipastikan sebelum menghubungkan mesin fotocopy ke komputer, diantaranya :
1. Mesin fotocopy harus memiliki fungsi scan.
2. mesin fotocopy memiliki Soket RJ 45, dimana nantinya dapat dicolokkan kabel LAN
3. Siapkan Kabel jaringan/ kabel LAN.
4. Sofware scangear
5. Pastikan Komputer terInstall Software Photoshop dan pdf.

langkah dibawah ini bisa anda terapkan pada mesin fotocopy dengan beberapa type diantaranya IR3045,3570,4570 dan sejenisnya, dalam praktek ini saya menggunakan mesin medium type IR4570.

Langkah Menghubungkan Mesin Fotocopy Ke Komputer

  1. Install terlebih dahulu network scangear dan juga Photoshop
  2. Hidupkan mesin fotocopy dan tekan tombol scan, kemudian ubah menjadi online.
  3. Colok kabel LAN ke soket RJ 45 pada mesin dan hubungkan ke komputer.
  4. Lakukan setting IP Adress dan Subnet mask di komputer dan di mesin fotocopy, langkahnya Bintang --> setting network-->TCP/IP Setting..
  5. IP adress secara umum bisa anda masukkan 192.168.000.000. subnet mask 255.255.255.0 contoh jika dikomputer kita gunakan 192.168.1.8 maka di mesin fotocopy kita isi 192.168.1.9
  6. lakukan test koneksi dimesin fotocopy dengan cara klik Command PING dan ping lah ip address sendiri dan juga ke komputer, jika "respon from host" berarti ok.
  7. buka software scangear, secara otomatis jika ip di mesin fotocopy dan scan online,maka ip dari mesin fotocopy akan terbaca di software scangear. itu artinya sudah OK
  8. saatnya praktek scan, buka software photoshop yang tadi di install. klik File --> klik Import--> From scangear. muncul menu scangear seperti biasa, tinggal klik scan, maka dokumen anda akan masuk ke layar Photoshop.

Langkah menyalin scan mesin fotocopy ke komputer dengan photoshop.

Langkah ini dapat anda lakukan dengan masuk kedalam aplikasi photoshop :
  1. Ubah Koneksi Menu Scan Menjadi Online.
  2. Letakkan kertas yang akan discan pada mesin fotocopy 
  3. Buka Aplikasi Photoshop
  4. Klik Menu File
  5. Lalu Pilih Import 
  6. Klik Scangear
  7. Sampai disini akan ditampilkan halaman scan gear, klik SCAN ganti lokasi kertas dan pada menu pilihan dropdown pilih platen, secara otomatis gambar akan tampil kedalam aplikasi photoshop.
Baca Juga :
Langkah-langkah detail Menyimpan Data/Berkas Di Mail Box Fotocopy Canon IR
Cara atur ukuran kertas mesin fotocopy canon IR dilengkapi gambar

Kesimpulannya, anda dapat melakukan pemindaian gambar dari mesin fotocopy ke komputer dengan mengaktifkan beberapa fitur dan juga aplikasi tambahan agar dapat berfungsi dengan baik. apabila dalam pembahasan ini terdapat kekurangan anda bisa menambahkannya dengan berkomentar dibawah ini. semoga apa yang saya bagikan disini dapat menjadi refrensi dan juga solusi bagi anda yang sedang mencari cara menghubungkan mesin fotocopy dengan komputer. 

Incoming search terms :

Posting Komentar untuk "Panduan menyimpan hasil scan mesin fotocopy ke komputer dengan photoshop"