Solusi hasil fotocopy hitam sebelah pada kertas - Ruanganbaca.com

Solusi hasil fotocopy hitam sebelah pada kertas

Solusi hasil fotocopy hitam sebelah pada kertas - Masalah hasil pada mesin fotocopy meruapakan hal utama yang menjadi prioritas pengusaha fotocopy, karna dari hasil yang bagus terang dan jelas merupakan nilai jual dari usaha fotocopy. namun banyak sekali kejadian yang tidak kita inginkan seputar masalah hasil pada mesin fotocopy yang sering terjadi diantaranya hasil fotocopy background hitam dimana masalah ini terletak ketika mencopy berkas berwarna putih bersih selalu dikotori dengan adanya background hitam dibagian belakang tulisan hasil copy, selain itu hasil fotocopy belang hitam ini juga biasanya terjadi ketika mencopy terdapat belang belang hitam pada kertas hasil fotocopy. hasil fotocopy ngeblok hitam biasanya di cirikan ketika mencopy berkas berwarna putih hasil langsung blok menjadi hitam pekat. hasil fotocopy ada garis hitam ini juga termasuk salah satu masalah yang kerap terjadi pada mesin fotocopy. hasil fotocopy blank hitam biasanya dicirikan dengan hasil blok saja tidak ada tulisan atau gambar bisanya hasilnya seperti black copy.hasil fotocopy tidak rata dimana tulisan seperti sebelah jelas dan sebelah tidak masalah ini hampir sama dengan yang akan kita bahas seputar memperbaiki hasil fotocopy yang hitam sebelah. 

Solusi hasil fotocopy hitam sebelah pada kertas
Solusi hasil fotocopy hitam sebelah pada kertas

Begitu banyak masalah mesin fotocopy yang disebabkan oleh hasil copy yang kurang maksimal seperti yang sudah saya jelaskan diatas, masing - masing masalah tersebut memiliki cara dan juga langkah perbaikan yang berbeda. pada artikel ini kita akan fokus pada perbaikan masalah hasil fotocopy yang hitam sebelah dimana ciri nya bisa dilihat ketika melakukan white copy hasilnya sebalah nya terdapat block hitam yang kotor. masalah ini bisa juga dikatakan hasil copi tidak seimbang terlalu pekat sebelah. Namun sebelum kita membahas bagaimana solusi mengatasi hasil fotocopy yang hitam sebelah sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu penyebab dari hasil fotocopy hitam sebelah tersebut.

Baca Juga :

Penyebab Hasil Fotocopy Hitam Sebelah

  1. Setelan transfer mesin fotocopy tidak seimbang. Setelah pada bagian tranfer juga perlu diperhatikan karna hal ini bisa menjadi penyebab masalah hasil fotocopy hitam sebelah usahakan ratakan setelah pada wire yang terdapat di unit transfer.
  2. Setelan Mirror yang tidak pas atau tidak seimbang hasilnya pun akan hitam pada bagian sudut kertas, atau bahkan separuh kertas akan menjadi hitam. cara melakukan tes nya adalah dengan melakukan print jika hasilnya bagus maka yang bermasalah adalah bagian mirror yang setelannya tidak seimbang atau rata. 
  3. CCD sudah rusak atau bermasalah, namun apabila konidisi CCD yang bermasalah bisanya mesin secara otomatis akan mengeluarkan indikator error E255 pada mesin.
  4. Magnet roll developing tidak rata, biasanya penggunaan magnet roll yang sudah lama akan menyebabkan habisnya medan magnet yang akan pada magnet roll tersebut sehingga toner tidak dapat menempel dengan sempurna. yang menyebabkan hasilnya tidak rata pada hasil fotocopy.
Penyebab hasil fotocopy hitam sebelah berdasarkan kebanyakan dilapangan ditemukan seperti diatas, namun ada beberapa langkah kecil sebelum melakukan perbaikan masalah hasil fotocopy hitam sebelah ini dengan melakukan pemeriksaan pada hal kecil terlebih dulu anda bisa simak perbaikannya dibawah ini.

Perbaiki hasil fotocopy hitam sebelah

  1. Koreksi Wire Charging Primer, Transfer/Separator lakukan dengan mengecek apakah setelah pada masing - masing part ini seimbang.
  2. Bersihkan Wire dengan cara di gosok secara perlahan menggunakan kertas Amplas halus. lakukan penyeimbangan bagian Adjust/Penyetelan keseimbangan corona wire .
  3. Koreksi /periksa keseimbangan letak Corona Charging .
  4. Koreksi Lampu Exposure, lampu yang sudah soak atau mati bisa menghasilkan fotocopy hitam sebelah
  5. Bersihkan Lensa, Reflektor dan Cermin pada mesin fotocopy
  6. Periksa bagian Developing Unit mulai dari kedudukan letak Developing, Collar atau Lahar Developing, karet Blade dan juga Magnet Roll .
  7. Pastikan kertas yang digunakan tidak lembab
  8. Bersihkan PC Drum dengan cara menggosok PC Drum dengan menggunakan Brasso pakai tisue yang halus secara perlahan - lahan, setelah selesai beri taburan bedak bayi lalu bersihkan menggunakan tisue kering.
Kesimpulannya, permasalan hasil fotocopy hitam sebelah didominasi banyak masalah. oleh karna itu anda harus mengecek bagian - bagian yang sudah dijelaskan diatas, dengan cara satu persatu. apabila urutan nomor satu tidak menyelesaikan masalah lanjut ke nomor berikutnya. sampai titik penyelesaian ditemukan. mamang dalam perbaikan mesin fotocopy harus memiliki tingkat kesabaran yang ekstra. dari penjelasan diatas saya rasa sudah cukup jelas dan dapat dilakukan praktek tahap demi tahap semoga artikel ini dapat menjadikan solusi bagi anda yang sedang menglami permasalahan hasil fotocopy yang hitam sebelah. apabila dalam penjelasan diatas ada tambahan silakan komentar dibawah ini. terimakasih sudah berkunjung di blog ruanganbaca.com jika bermanfaat jangan lupa like dan bagikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel