Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Canon Blank Putih - Ruanganbaca.com

Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Canon Blank Putih

Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Canon Blank Putih - Hasil yang fotocopy yang bagus, jelas dan bersih merupakan dambaan setiap pemilik mesin fotocopy baik itu sekelas jasa fotocopy ataupun fotocopy kantor. namun terkadang keinginan tidak selalu sesuai dengan harapan misalnya saat banyak tugas tiba - tiba hasil fotocopy menjadi kotor atau tidak jelas, masalah seperti ini yang terkadang membuat pengguna menjadi kesulitan untuk memperbaikinya seperti yang akan kita bahas pada artikel ini mengenai solusi memperbaiki hasil fotocopy yang putih polos atau bisa dikatakan Blank. namun sebelum kita membahas solusi mengatasi hasil fotocopy blank ini terlebih dulu baiknya anda mengetahui penyebab hasil fotocopy putih polos atau blank.

Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan hasil fotocopy polos mulai dari permasalahan yang rumit dan juga sederhana. dalam mencari solusi permasalahan mesin fotocopy tidak seperti mencari permasalahan yang bisa langsung di temukan, karna seperti yang kita ketahui rangkaian mesin fotocopy tidak sedikit mulai dari part dan juga mesin. sehingga kita tidak bisa menyimpulkan beberapa part saja yang mengalami masalah, melainkan kita harus menganalisa permasalahan dengan jalurnya mesin, misal masalah di hasil fotocopy kita harus bisa membaca apa saja dibagian mesin fotocopy yang berhubungan dengan hasil. salah satu contohnya adalah drum, nah dari situ anda bisa menganalisa masalah. mulai dari A sampai dengan Z yang selalu berkaitan. seperti yang kita bahas dalam artikel ini seputar solusi mengatasi hasil fotocopy canon yang tidak ada hasil atau kosong, pernah kita membahas mengenai bagaimana mengatasi hasil fotocopy yang miring dimana disana saya uraikan begitu jelas, nah sama halnya dengan mengatasi hasil fotocopy yang kosong atau blank putih anda harus menganalisa masalah ini mulai dari awal sampai akhir.

Dimana anda harus mencari solusi sesuai kerusakan mesin fotocopy blank tidak ada sangkut paut dengan karet penarik kertas dan sejenisnya melainkan disebabkan oleh part yang berhubungan dengan hasil fotocopy seperti halnya bagian Lampu exposure dimana fungsi lampu ini adalah menyorot gambar yang ada dibagian kaca apabila lampu ini tidak normal dalam memindai maka secara tidak langsung akan berpengaruh pada bagian hasil baik itu hasil fotocopy kosong atau hasil fotocopy hitam kurang bagus. dari lampu exposure mesin fotocopy ini anda harus menelusuri jalurnya maka akan lagi lagi ke bagian dalam mesin dimana akan kita tuju pada bagian drum mesin fotocopy yang bertugas membaca hasil kiriman lampu exposure tersebut yang diterjemahkan dalam tulisan atau gambar sesuai dengan yang anda fotocopy.

Dari dram ini ada beberapa lagi part didalamnya yang berhubungan dengan hasil fotocopy yaitu primary charging, bentuk roll primary charging pada mesin canon iR2520/2525/3300/4570/3045/3570/2545 hitam namun bukan besi melainkan seperti karet berwarna hitam. fungsinya untuk mentranfer gambar ke drum anda bisa ketikkan di google dengan kata kunci primary charging dan type mesin anda. selanjutnya yang perlu dianalisa adalah bagian Magnet developing atau disebut roll magnet letaknya di developing fungsi magnet roll ini adalah menempelkan toner atau tinta kebagian drum mesin fotocopy. setelah bagian ini anda lakukan analisa.
Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Canon Blank Putih
Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Canon Blank Putih
Dalam hal memperbaiki mesin fotocopy anda harus tahu terlebih dahulu fungsi dari masing - masing part dibagian mesin fotocopy seperti yang sudah saya jelaskan diatas gunanya agar mudah menganalisa bagian - bagian apa saja yang berkaitan namun hal ini tidak menjadi wajib. setelah anda berani memperbaiki sendiri lama kelamaan anda akan tahu fungsi dari masing - masing part yang anda bongkar. Beberapa faktor penyebab hasil fotocopy blank diantaranya Lampu Exposure, Primary charging, Tranfer sparator corona, Putaran drum, magnet develope, HVT. setelah anda mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan hasil putih anda bisa simak langkah memperbaiki hasil fotocopy blank tersebut :

Baca Juga :
Memperbaiki ADF Mesin fotocopy tidak bisa menarik kertas
Cara mengatasi mesin fotocopy canon yang nyetrum
  1. Cek bagian Lampu exposure langkahnya tentu dengan memperhatikan kondisi mesin ketika melakukan copy mastikan lampu ini hidup, namun apabila lampu ini mati biasanya ada indikator error keluar pada mesin fotocopy, untuk letak lampu ini di dalam bagian samping wiper blade.
  2. Primary Charging, lakukan pembersihan menggunakan alkohol pada bagian ini biasanya apabila bagian ini putus akan mengeluarkan indikator atau pesan error pada mesin, apabila primery charging terlalu banyak tertutup taburan toner akan berpengaruh pada hasil karna sistem kerja primary charging adalah menempelkan toner ke bagian drum. letak primary charging di bagian atas drum untuk type IR5000/6000
  3. Tranfer Sparator Corona Bersihkan menggunakan alkohol letaknya di laci satu apabila bagian ini putus akan menyebabkan masalah.
  4. Putaran drum lakukan pemeriksaan dengan cara putar drum menggunakan tangan dengan searah keluarnya kertas apabila dirasa berat atau seret bisa jadi ini penyebab hasil fotocopy blank atau polos.
  5. Magnet Develope perhatikan dengan seksama apakah bagian magnet roll yang terletak dibagian developing menempel toner dengan sempurna, apabila magnet roll sudah terkikis biasanya toner tidak dapat menempel dengan baik solusinya tentu mengganti bagian magnet rool dengan yang baru atau yang masih layak pakai.
  6. HVT apabila seluruh bagian diatas sudah dilakukan pemeriksaan dan kondisinya baik - baik saja langkah selanjutnya coba ganti atau untuk mengetesnya tukar bagian HVT biasanya ini adalah solusi perbaikan terakhir untuk mengatasi hasil blank putih.
Namun ada beberapa kendala yang terkadang kerusakan tidak ada pada beberapa penjelasan diatas salah satunya bagian - bagian yang patah atau misalnya seperti yang pernah dialami oleh rekan sebelumnya mengalami kendala patah pada bagian soket penjepit sparator corona ini juga bisa menimbulkan hasilnya blank.

Penjepit corona patah (Gambar diambil dari pesancopy)
Kerusakan pada bagian sparator corona sangat berpengaruh mengingat bagian ini sangat berperan penting untuk mengirimkan elektron ke bagian drum agar tinta menempel.  dari beberapa penjelasan singkat ini semoga dapat memberikan wawasan baru dan pengetahuan kepada anda, apabila anda memiliki masukkan atau cara memperbaiki yang lain dari yang dijelaskan diatas silakan komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel