cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi E202 mesin fotocopy canon

Cara Mengatasi E202 mesin fotocopy canon - Permasalahan error pada mesin fotocopy banyak macamnya dimana masing - masing error sudah ada letak dan juga cara memperbaikinya. namun permasalahannya tentu tidak semua user fotocopy mengetahui bagaimana cara mengetahui letak kesalahan yang terjadi, salah satunya pada permasalahan mengenai E202 mesin fotocopy canon, atau kode lengkapnya biasanya E000202-0101, permasalahan ini saya posting berdasarkan pengalaman beberapa rekan pengusaha fotocopy. dimana kejadian ini pada mesin canon ir5075 namun ada kemungkinan permasalahan E202 mesin fotocopy canon ini berlaku pada mesin Canon IR6570, IR 5065, Ir5000, IR5050, IR5055, IR5065, IR5070, IR5075, IR5570, IR6000, IR6020 karna permasalahan ini teletak pada bagian ADF mesin fotocopy. Namun sebelum kita membahas bagaimana cara memperbaiki masalah indikator error E202, terlebih dahulu kita ulas penyebab utama masalah E202 ini terjadi.

Cara Mengatasi E202 mesin fotocopy canon
Cara Mengatasi E202 mesin fotocopy canon

Penyebab munculnya E202 Mesin fotocopy canon

Permasalahan mesin fotocopy yang mengalami kendala E202 ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yang berkaitan dengan masalah scanner dan juga ADF diantaranya :
  1. Signal Scanner Home Position (SCHP) yang tidak dihasilkan dalam waktu 10 detik setelah tombol power switch di hidupkan atau -ON-kan.
  2. Scanner Motor (M3) mesin fotocopy rusak
  3. Scanner home position sensor (PS1) rusak
  4. DC controller PCB bermasalah / rusak
  5. Penjepit belt kendor / timing belt tidak berjalan dengan baik
  6. Motor scanner adf tidak berfungsi
  7. Kabel motor scanner adf / flexible putus atau rusak
  8. Bersihkan kaca yang ada didalam adf
Permasalahan diatas berdasarkan pengalaman merupakan penyebab munculnya masalah E202 pada mesin fotocopy canon dengan type yang saya sebutkan diatas. sedangkan masalah E202 pada mesin fotocopy canon IR Canon Ir 3300, Canon IR 4570, Canon IR3045, canon IR3570 biasanya selain masalah diatas ini disebabkan oleh sensor pada lampu ekspose yang sudah rusak dan harus diganti atau lampu ekspose kotor anda bisa mencoba dengan membersihkan lampu ekspose tersebut. dan masalah lainnya adalah sensor tersangkut lampu ekspose pada saat bergerak memperbaikinya tentu anda harus mengatur kedudukannya hingga pas dan seluruh mekanik dapat bergerak tanpa ada hambatan.

Cara memperbaiki masalah E202 mesin fotocopy canon

Untuk memperbiki masalah E202 mesin fotocopy canon langkah awal anda harus melakukan pengecekan pada area scanner apakah terjadi hambatan atau tidak, jika proses ini berjalan lancar artinya motor scanner (M3) dalam kondisi baik, selain itu jika scanner tidak ada reaksi atau diam saja ketika melakukan proses copy artinya anda harus melakukan pemeriksaan pada bagian motor scanner (M3) jika kondisinya rusak maka solusinya tentu harus diganti. Selanjutnya lakukan pemeriksaan pada kondisi scanner motor drive PCB biasanya permasalahan dikarnakan ada sirkuit solder yang kurang baik atau konektor longgar.

Baca Juga :
Solusi hasil fotocopy canon terdapat garis putih pada kertas
Cara Memperbaiki kabel soket mesin fotocopy putus
Perbaiki Upper/ Pemanas fotocopy canon yang lecet, tergores,cacat dibahas disini

Selanjutnya periksa bagian kabel dan juga konektor DC controller PCB yang menuju motor scanner bisa kemungkinan E202 disebabkan oleh kabel yang rusak. dari beberapa tahapan diatas apabila sudah dilakukan namun belum membuahkan hasil selanjutnya adalah cek bagian DC controller PCB nah solusinya tentu dengan mengganti bagian DC controller PCB mesin fotocopy tersebut.
Namun sebelum semua itu dilakukan dengan melakukan pembongkaran tahap utama dalam perbaikan masalah E202 coba lakukan hal termudah terlebih dahulu salah satunya adalah dengan membersihkan bagian kaca yang ada didalam adf, karna biasanya apabila kaca ini kotor baik disebabkan oleh debu ataupun kotoran yang menempel secara otomatis mesin akan mengeluarkan indikator E202.

Perbaikan masalah E202 selain yang saya jelaskan di atas anda bisa lakukan perbaikan dan pengecekan berdasarkan yang sudah saya tulis penyebab masin fotocopy E202. mulailah perbaiki dari termudah terlebih dahulu, apabila dirasa kasus tidak dapat ditangani sendiri baiknya panggil teknisi langganan anda untuk menyelesaikan permasalahan E202. Kesimpulannya adalah masalah E202 merupakan masalah yang terjadi pada bagian atas mesin terutama ADF mesin fotocopy. artinya dalam perbaikannya anda cukup fokus pada area ini saja. dari penjelasan ini semoga memberikan solusi perbaikan kepada mesin anda yang mengalami masalah E202, semoga artikel ini dapat menjadi refrensi terbaik untuk anda. apabila ada tambahan seputar perbaikan dan cara menyelesaikan masalah E202 silakan tinggalkan komentar dibawah. apabila penjelasan ini bermanfaat jangan lupa like dan bagikan, terimakasih sudah mengunjungi blog ruanganbaca.com

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi E202 mesin fotocopy canon"