Cara memperpanjang Umur head dan mainboard printer epson - Ruanganbaca.com

Cara memperpanjang Umur head dan mainboard printer epson

Head printer pada epson berbeda dengan canon yang menggunakan system cartridge dimana bagian head ini tertanam di bagian bawah. antara cartridge dan juga head terpisah, dari segi harga memang lebih mahal harga head dibanding cartridge namun dari segi awet dan ketahanan lebih tahan head. namun tidak jarang pengguna printer epson yang menggunakan head juga mengeluh karna head jebol ketika banyak print. di sini ruanganbaca.com akan berbagi sedikit tips agar head printer epson awet dan bisa menahun. semua ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan printer epson L120 untuk pencetak. dimana saya adalah selaku usaha fotocopy dan juga percetakan undangan. printer epson L120 yang saya miliki sudah hampir 5 Tahun dengan jumlah cetakan yang sudah jutaan, karna printer ini digunakan sebagai printer cetak undangan menggunakan kertas BC. Wajar saja jika counter sampai di angka itu.
Cara memperpanjang Umur head dan mainboard printer epson
Cara memperpanjang Umur head dan mainboard printer epson
Namun yang menjadi pertanyaan kenapa head saya awet dan tidak ada kebocoran selama masa pemakaian, padahal undangan yang saya cetak full color tidak menggunakan blangko undangan. nah ini adalah hal menarik yang akan saya bagikan disini apalagi anda selaku pembisnis usaha fotocopy dan cetak print. head merupakan mekanik yang sangat kita jaga karna dari harga yang cukup lumayan dan juga bagian inti dari hasil print.
Sebelum kita membahas cara memperpanjang umur head terlebih dulu kita akan mengetahui apa saja penyebab head cepat rusak. sebagai orang menyarankan untuk merawat head adalah dengan diberikan jeda setiap mencetak minimal 5 menit setiap 10 lembar. saya fikir ini bukan solusi yang tepat karna sebagai pelaku usaha semuanya harus serba cepat tidak mungkin mencetak hanya 200 lembar kita menghabiskan waktu beberapa jam dengan tambahan waktu 5 menit. waktu bagi pelaku usaha adalah berharga.
  • gunakan tinta yang sama satu merk dan jangan ganti merk tinta untuk pengisian ulang berikutnya. adapun ketika anda akan mengganti dengan merk lain usahakan kuras semua tabung, selang dan juga bagian head sampai bersih sebelum di isi merk tinta atau jenis tinta yang berbeda.
  • panas juga dapat mengakibatkan head jebol dari pemakaian yang berlebihan akan mengakibatkan bagian head ini panas sehingga menyebabkan bagian dot head menjadi rapuh dan bolong. 
  • Cek kondisi tinta, meskipun ini tidak ada kaitannya dengan head rusak namun hal ini akan berpengaruh terhadap hasil cetak. sehingga mengecek tinta jadikan hal rutin ketika printer banyak pemakaian jangan sampai kehabisan, yang dapat menimbulkan hasil print bergaris.
Sebelum saya menemukan cara melakukan antisipasi agar bagian head printer awet meskipun cetakan ribuan, beberapa kali saya sudah ganti printer. biasanya cetakan di atas 3.500 dengan cetak tanpa istirahat maka hasilnya head akan bergaris dan tidak normal lagi. dengan memodifikasi sederhana ini alhasil printer lebih tahan dan suhu panas dibagian mainbord printer hilang meskipun cetakan 700 lembaran tanpa jeda. ini yang perlu kita pelajari bagian elektronik jika panas terlalu over tentu akan merusak element nya. langkah mengatasi head yang cepat rusak ini anda harus memodifikasi bagian printer dengan nemambahkan kipas yang di arahkan kebagian head dan usahakan udara menyebar di dalam printer agar suhu di dalam printer tetap dingin. untuk anda pengguna printer yang hanya mencetak hitungan lembar tidak disarankan melakukan modifikasi ini.

Baca Juga :
Memperbaiki Printer Epson Lampu Indikator Menyala tidak berkedip
Printer yang Cocok untuk percetakan
Saya modifikasi menggunakan kipas pendingin notebook yang disambung melalui USB atau jika anda ingin memongkar bagian ini bisa saja disambungkan dibagian mainbord agar ketika printer dihidupkan kipas pendingin ikut hidup mengikuti printer. langkah nya cukup buat lubang sesuai dengan kipas yang akan kita masukkan ke dalam, arahkan udara yang di ambil bukan dibuang. anda bisa lihat ilustrasi gambar dibwah.
Modifikasi printer agar head dan mainboard awet
Modifikasi printer agar head dan mainboard awet
usahakan kipas yang digunakan jangan terlalu besar karna kan menggangu jalan kertas ketika masuk printer, yang mengakibatkan kertas terangkat oleh angin dan menyebabkan ketas melipat tidak keluar. dengan memodifikasi pendingan pada printer ini merupakan solusi memperpanjang umur head agar awet dan tahan lama. karna suhu yang ada di dalam printer akan tetap dingin meskipun banyak cetakan. namun dengan menerapkan cara yang saya bagikan ini anda harus berani melubangi printer untuk dipasang kipas. kesimpulannya untuk memperpanjang umur head anda harus memodifikasi printer dengan cara di pasang kipas tujuannya agar printer selalu dingin. semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadikan refrensi sebagai solusi permasalahan anda. terimakasih sudah berkunjung diblog ruanganbaca.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel