Solusi Printer EPSON mati total L120/ L110 /L300 /L310 /L210 - Ruanganbaca.com

Solusi Printer EPSON mati total L120/ L110 /L300 /L310 /L210

Solusi Printer EPSON mati total L120/ L110 /L300 /L310 /L210 - Permasalahan printer merupakan hal yang kerap terjadi, mulai dari error dan sejenisnya hal ini merupakan wajar karna printer merupakan benda elektronik yang  penggunaannya bukan satu tahun sekali, melainkan harus dihidupkan setiap hari apalagi anda sebagai pelaku usaha yang bergerak menggunakan printer tentu ini akan menjadi PR untuk mengatasi masalah printer. seperti yang akan kita bahas mengenai solusi printer epson yang mati total.  sebelum kita membahas lebih dalam mengenai permasalahan cara mengatasi printer yang mati total terlebih dulu kita harus mengetahui apa penyebab printer epson mati total, banyak faktor yang mempengaruhi printer mati total mulai dari tegangan listrik yang tidak stabil, kerja printer yang over, kurangnya perawatan printer.

Solusi Printer EPSON mati total L120/ L110 /L300 /L310 /L210
Solusi Printer EPSON mati total L120/ L110 /L300 /L310 /L210

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab printer epson mati total tentu anda akan bisa melakukan tindakan yang semestinya dan mencari solusi agar ketiga hal di atas terhindari. Seperti pengalaman saya menggunakan printer L120 untuk usaha cetakan print, sudah lebih dari 4,5 tahun printer tidak ada masalah sedikitpun baik itu head maupun kondisi printer, dengan cara menerapkan tiga hal diatas. 
  1. Gunakan Stabilizer sebagai pengamanan naik turunnya tegangan listrik yang menyebabkan printer rusak
  2. Hindari kerja printer yang berlebihan, untuk mengecek apakah kerja berlebihan anda bisa memegang bagian belakang printer letaknya pas di belakang tombol power apabila printer hangat atau panas hentikan sejenak kerja proses print anda istirahatkan kurang lebih 10 menit. tujuannya agar mesin board printer awet
  3. Perhatikan perawatan mulai dari tinta selalu diperhatikan agar tidak kehabisan saat mencetak, pastikan printer selalu bersih dari debu dan kotoran 
Baca Juga :
Solusi tinta printer Epson tidak terbaca di komputer
Solusi printer epson L120 lampu berkedip bergantian minta di reset
Memperbaiki Printer Epson Lampu Indikator Menyala tidak berkedip

Dari nomor satu dan dua ini sudah termasuk cara menghindari printer mati total dan rusak, sedangkan untuk nomor tiga sudah termasuk cara perawatan printer. tiga langkah diatas akan berpengaruh besar pada ketahanan printer anda. sedangkan untuk printer yang kondisinya sudah mati total anda bisa simak beberapa hal dibawah ini cara mengatasinya namun sebelum itu saya ingin berbagi pengalaman seputar printer mati total khususnya pengguna printer L120, pernah kejadian pada printer L120 saya yang mati total. setiap kali dihidupkan printer tidak mengeluarkan tanda - tanda kehidupan baik dari indikator lampu dan lainnya saya melakukan tindakan kecil hanya mencabut kabel printer yang terpasang di stop kontak listrik lalu tekan tombol power sekitar 7 detik, colokkan kembali kabel printer ke stop kontak lalu tekan tombol power printer L120 saya hidup kembali. dari langkah kecil ini juga terkdang bisa memperbaiki masalah printer. nah apabila anda sudah mencoba melakukan seperti yang saya terangkan diatas namun masalah masih sama, printer tidak bisa hidup sama sekali solusinya silakan baca dibawah ini :
  1. Cek Kabel Power
    Hal pertama yang dilakukan sebelum menuju perbaikan yang lebih luas lagi anda harus melakukan pengecekan pada bagian kabel power pastikan kabel tertancap dengan benar di printer, lakukan penggantian kabel yang lain di khawatirkan kabel dalam putus. apabila masalah masih sama bisa lanjutkan ke tahap berikutnya.
  2. Adaptor Printer Epson
    Selanjutnya cek bagian adaptor, apabila anda memiliki printer dengan type yang sama cara mengetesnya adalah ditukar bagian adaptor ini, tes dan lihat hasilnya apabila masakah masih sama solusi artinya ada permasalaha yang lebih berat lagi.
  3. Main Board Printer Epson
    Sosuli mengganti mainboard adalah solusi terakhir dalam perbaikan printer epson yang mati total, coba lakukan pergantian mainboard dengan type yang sama, perlu anda ketahui Mainboard adalah komponen yang bekerja yang memiliki tugas utama yang mengontrol seluruh kinerja Printer, baik itu Kartridge, dan beberapa komponen lainnya, dalam hal permasalah disini yang perlu anda perhatikan adalah disitu anda akan menemukan 2 buah Transistor yang memiliki arus rating yang lumayan tinggi, yaitu A2222 dan C6144, nah komponen itu biasanya penyebabnya anda bisa lakukan pergantian pada dua komponen tersebut apabila merepotkan solusinya ganti saja mainboard nya.
Dari beberapa penjelasan diatas saya rasa cukup untuk solusi memperbaiki printer EPSON yang mati total, semoga artikel ini memberikan manfaat dan juga solusi untuk anda yang sedang mencari cara memperbaiki printer epson yang mati total. Apabila ada tambahan anda bisa isi komentar dibawah ini. terimakasih sudah mengunjungi blog ruanganbaca.com.

Tag :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel