cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mengatasi Error E020 Pada Mesin Fotocopy Canon IR

Kali ini ruanganbaca.com akan membahas cara memperbaiki atau mengatasi masalah mesin fotocopy canon IR yang mengalami E000020, masalah ini saya pernah alami saat toko tutup cukup lama sebelum nya mesin baik - baik saja tanpa ada kendala sedikitpun setelah libur panjang selesai mesin dicoba dihidupkan dan yang terjadi justru membuat panik karna muncul E000020.

Saya mulai mencari solusi dan apa penyebab mesin canon iR saya terkena penyakit E000020, akhirnya kondisi ini saya temukan karna faktor toner pada developer mengeras alhasil jalannya toner tidak lancar untuk menyuplai drum mesin fotocopy. namun selain masalah di atas perlu sobat ketahui E000020 bisa ditimbulkan oleh beberapa faktor diantaranya :

Mengatasi Error E020 Pada Mesin Fotocopy Canon IR
Mengatasi Error E020 Pada Mesin Fotocopy Canon IR
1.Gear Motor Hopper pecah.
 Hopper merupakan part yang menampung tonner, hopper akan mealirkan toner ke Developer melalui putaran gear hopper, apabila bagian gear hopper patah atau rusak maka aliran toner akan terhenti tidak masuk ke dalam depelop dan akan mengendap di hopper dan mengeras.

2.Sensor toner rusak
Sensor bisa jadi penyebab error karna bagian ini juga berfungsi sebagai penggerak tonner, beberapa sensor yang dapat mempengaruhi masuknya tonner adalah sensor hopper dan juga sensor develope sehingga toner tidak terdeteksi dan tidak dapat mengalir dengan baik.

3.DC Control Rusak 
E020 terkadang juga disebabkan oleh DC control yang sudah rusak. namun jangan langsung menggantinya sebelum sobat benar - benar rusaknya bagian DC control ini.

Baca Juga : 

Cara mengatasi E020 Fotocopy Canon 
 1.Kuras Hopper
Lepaskan hopper dan bersihkan tonernya sambil sobat perhatiakan apabila ada part yang patah atau rusak sobat bisa mengganti atau memperbaikinya.

2.Kuras develope
Menguras develope sama artinya sobat menggantinya dengan tonner baru, dimana terkadang hal ini harus dilakukan karna tonner di dalam develope mengeras yang menyebabkan pengaduk tonner di dalam develope tidak dapat bekerja dengan baik.

3. Cek kabel kabel konektor yang berhubungan dengan Hopper 
Cara ini juga bisa dilakukan karna bisa jadi bagian - bagian kabel yang terhubung ke bagian hopper kotor tertutup debu toner cara perbaikinya sobat cukup membersihkannya menggunakan kain atau kuas cat.

4. Selalu gunakan toner dengan kualitas bagus 
Ini juga akan berpengaruh pada hasil fotocopy kwalitas toner yang bagus akan memberikan hasil yang hitam selain itu toner bagus juga memberikan dampak pada bagian drum lebih panjang umur.

Demikian artikel mengenai cara memperbaiki Error E020 Pada Mesin Fotocopy Canon IR semoga dengan membaca artikel ini memberikan wawasan baru untuk sobat apabila bermanfaat jangan lupa bagikan. terimakasih