Cara Mengatasi indikator No toner fotocopy canon ir

Indikator No toner padahal toner masih ada fotocopy canon ir - pada artikel ini ruanganbaca.com akan membahas bagaimana cara mengatasi mesin fotocopy canon ir yang mengalami kendala mengeluarkan pesan No toner sedangkan kondisi toner masih penuh atau sudah di isi. kondisi seperti ini merupakan kondisi dimana mesin fotocopy tidak dapat bekerja alias tidak dapat di gunakan dengan baik pada artikel ini kita akan mengupas penyebabnya.

Pada kasus ini ruanganbaca.com akan membahas mesin canon IR3300 dimana kebetulan saat ini sedang menangani masalah pada canon ir 3300 kasusnya mesin fotocopy hanya dapat beroprasi mencopy satu lembar dan pada lembar berikutnya akan keluar pesan No tonner sedangkan dalam kondisi lain saya cek bagian box toner masih banyak. 

Penyebab mesin fotocopy canon ir No toner
1. Toner Habis
Penyebab utama apabila mesin tidak ada masalah pada bagian mekanik. pesan no toner akan tampil apabila toner benar - benar habis pada bagian box toner, Pada dasarnya indikator ini akan muncul ketika toner didalam develope sudah mendekati habis, maka mesin akan mengeluarkan peringatan kepada pengguna agar segera melakukan pengisian ulang toner tujuannya tentu agar mesin dapat digunakan dengan normal kembali. Masalah ini akan hilang ketika sobat mengisi toner di develope. namun dalam kasus lain terkadang indikator ini muncul ketika toner masih ada.

2. Bagian Soket di develop atau di mesin ada yang patah,kotor atau tersumbat

Soket di develope dan mesin
Soket di develope dan soket mesin
 Lain halnya apabila mesin sudah di isi toner atau toner dalam keadaan masih banyak namun pesan No toner tidak bisa hilang juga bisa jadi bagian soket pada develop ada yang patah, kotor atau tersumbat. Dalam kondisi ini sobat harus mengecek bagian soket yang menghubungkan antara mesin dan developer toner bisa dilakukan pembersihan, atau cek bagian ini dengan bentuk yang memiliki empat soket agak menonjol keluar. Biasanya dalam hal ini bagian lubang soket patah atau kotor tertutup oleh debu toner sehingganya mesin tidak dapat terhubung kebagian kelistrikan develope.

Baca Juga  :

3. Kebel Soket pada bagian develop sudah rusak
Hal ini juga bisa jadi salah satu penyebab terjadinya No toner pada mesin fotocopy canon ir, untuk melihatnya sobat bisa mencoba membuka penarik develop yang berwarna hijau anda akan di lihatkan salah satu soket sensor develop dimana yang berfungsi sebagai pendeteksi keadaan toner, bisa jadi soket ini putus atau terjepit.

Cara memperbaiki Indikator No Toner pada mesin fotocopy yang masih ada toner
setelah kita membahas penyebabnya sekarang kita akan membahas bagaimana cara memperbaiki masalah No toner pada mesin fotocopy canon ir ini, ada beberapa hal yang mesti sobat lakukan untuk memperbaiki masalah ini:

1. Lakukan Install Toner
Hal ini merupakan hal utama yang mesti kita lakukan dalam penanganan maslah No toner dimana sebelum sobat masuk dan membongkar bagian - bagian teknis lainnya, langkah ini sobat cukup melakukan dari bagian program mesin dimana tujuannya tentu agar menginstall ulang bagian toner mesin simak langkahnya :
- Masuklah ke menu safe mode pada mesin fotocopy canon
- Klik Option
- Klik Install
- Klik Check toner
- Klik OK
Proses ini membutuhkan waktu yang lama jadi sobat harus sabar menunggunya, nah dalam kondisi seperti ini sobat bisa tinggalkan ngopi sejenak ya. apabila dengan langkah ini problem mesin dapat di atasi langkah berikutnya tidak perlu sobat lakukan lagi. cara ini juga bisa dilakukan apabila develope kosong atau setelah sobat mengisi toner fotocopy baru tujuannya tentu agar toner segera di baca mesin.

2. Membersihkan soket mesin dan develope
berikutnya adalah membersihkan bagian soket mesin dan develope, langkahnya adalah menggunakan kuas cat yang bersih lalu sapukan pada bagian kedua soket ini usahakan jangan sampai bagian soket tertutup oleh debu toner.

3. Memeriksa putaran magnet dan pengaduk toner pada bagian developer
hal berikutnya apabila masalah masih sama sobat bisa lakukan pengecekan pada putaran magnet roll dan pengaduk toner pada bagian developer biasanya kejadinnya adalah bagian pengaduk toner patah, jadi harus di pastikan antara putaran dan juga pengaduk toner bekerja dengan normal.

Baca Juga :

4. Memeriksa kabel bagian soket Developer dan menguras developer
Apabila dari beberapa penjelasan di atas sudah dilakukan namun belum berhasil, sobat cek terlebih dulu bagian kabel soket developer biasanya terjadi putus atau terjepit sehingga aliran listrik yang di salurkan mesin ke develope menjadi terganggu. lalu sobat bisa lakukan proses berikutnya dengan menguras toner yang ada di dalam develope.

Proses berikutnya dalah merestart mesin, sebagai pengingat jangan biarkan box toner sobat sampai kering atau kosong karna kondisi seperti ini akan memicu kerusakan pada bagian develope dan untuk menghidari pesan No toner. semoga artikel yang kita bahas ini memberikan manfaat dan pengetahuan baru untuk sobat semua jangan lupa like dan share.

0 Response to "Cara Mengatasi indikator No toner fotocopy canon ir"

Posting Komentar