7 Langkah Jualan Online Siap Memulai Usaha

2/28/2021

Halo sahabat ruanganbaca.com kali ini kita mau ngulik dan ngebahas seputar bisnis jualan online yang mungkin saja bermanfaat untuk kamu yang baru ingin memulai usaha jualan online. Atau mungkin yang sudah menjual online tapi kok ya jarang laku. atau bahkan gak ada pembeli sekalipun.

Jika sudah seperti ini gimana sih solusinya?

Nah diartikel ini kita akan bahas seputar jualan online dan ini dilakukan tanpa anda harus menghabiskan waktu untuk berfikir produk apa yang dijual. Karena setip produk itu sudah ada pasarnya masing-masing jadi jangan salahkan produk kamu ya. Selama produk itu dibutuhkan oleh umum.

Pernah lho jadi viral salah satu jualan batu gosong yang menurut saya pribadi ini gak mungkin ada yang beli. karena mungkin mimin sendiri tinggal dilokasi berdekatan dengan pantai jadi setiap hari melihat batu gosok kaki yang dijual di marketplace. sayangnya mimin kurang tertarik dengan jualan batu gosok daki ini. Mimin sempat kaget saat melihat salah satu toko merekomendasikan batu gosok daki ini eh ternyata lakut ini menandakan bahwa apapun jualan kita pasti sudah ada pasarnya.

Pasar jualan online memang lebih luas dan juga jika tepat membidik pasarnya maka produk yang kita jual juga akan laku dipasaran, Tapi perlu diingat jualan online merupakan jualan yang harus ekstra hati-hati pasalnya jejak digital ini sangat lah sulit di hapus. jadi jangan sampai anda memberikan produk buruk sehingga memberikan review buruk kepada pembeli.

Dengan teknik menjaga kwalitas ini tentu dapat meningkatkan jualan online anda semakin laris karena baik di mata konsumen atau pembeli. Jadi apabila anda mencari jualan online terlaris tentu semua barang akan ada pasarnya dan jika jualan online anda ingin laris perbaiki pelayanan dan juga produknya.

Ada 7 Langkah memulai usaha online yang bisa kamu siapkan dan pelajari sebagai pemula. diantaranya :

1. Tentukan Ide Jualan

Menentukan Ide sebuah jualan online adalah hal mutlak yang harus difikirkan sebelum ada melakukan tahapan - tahapan berikutnya. pasalnya dengan menentukan nice jualan maka kamu akan dapat dengan mudah mengetahui dimana barang itu harus dijual. atau mencari pasarnya

Ide Jualan Online Paling Laris
Ide Jualan Online Paling Laris
 

Contohnya ketika kamu memilih ide jualan dengan nice pakaian bayi, maka secara tidak langsung target market jualan online kamu adalah ibu-ibu atau mungkin pengantin baru. Nah disini kamu bisa garis bawahi bahwa tidak mungkin produk bayi dijual kepada remaja.

2. Buat Rekening Bank

Setelah kamu menentukan ide jualan saatnya sekarang membuat rek.bank agar saat nanti proses transaksi dan pembuatan marketplace dapat dengan mudah. fungsi rek bank sendiri adalah sebagai tempat anda melakukan transaksi jual beli.

buat rekening bank
Buat Rekening Bank

3. Buat Market Place

Market place saat ini sudah banyak disediakan di internet yang perlu kita bangkitkan adalah kemauan kita. apakah mau berkecimpung dan ikut serta dalam kemajuan internet saat ini atau tetap diam ditempat.

 

Buat Market Place
Buat Market Place

pasalnya dengan membuat marketplace maka produk -produk kamu akan dapat dengan mudah dilihat di oleh orang banyak. Untuk tempat marketplace nya sendiri bisa anda daftar ke Bukalapak, Lazada, Tokopedia atau Shoppe dan masih banyak marketplace yang lainnya.

4. Buat Akun Facebook dan instagram

Akun Fans Page atau akun biasa tentu sangat penting untuk jualan anda. pasalnya terkadang orang ketika melihat sebuah produk akan mencari facebook atau IG nah disini anda bisa membuat nama toko anda di akun facebook atau IG, agar pengunjung lebih yakin bahwa produk anda ada.


 

5. Buat Akun youtube

Membuat akun youtube lalu memposting video - video review yang berkaitan dengan produk yang kamu jual adalah cara gratis untuk mempromosikan barang, jadi ini sangat dianjurkan untuk saat ini agar calon pembeli mengetahui bentuk dan juga apa saja kelebihan dari produk-produk anda.

Membuat akun Youtube

6. Buat Website

 Website adalah sebuah rumah, jika dalam dunia nyata. Nah untuk jenis jualan online ini website adalah sebuah toko yang ada di internet. karena dengan adanya website tentu memperkuat keyakinan calon pembeli bahwa usaha anda benar-benar ada dan menjual produk yang sama.

 

Meskipun sudah ada marketplace website adalah hal yang perlu di prioritaskan apabila anda ingin benar-benar memulai usaha online yang laris. jika kamu tidak memiliki kemampuan dalam prihal pengurusan website serahkan saja pada ahlinya kamu akan dibantu membuat web yang langsung aktif.

Baca Juga :
Rekomendasi Jasa Pembuatan Website
9 Cara Kerja dari rumah dapat duit

7. Pasang Iklan Google Ads atau Facebook Ads

Pasang iklan di google ads atau facebook ads merupakan sarana promosi yang paling ampuh saat ini pasalnya metode ini dapat mendongkrak penjualan anda. Iklan google akan menampilkan produk sesuai yang konsumen cari di search google jadi bisanya produk anda akan ditampilkan paling atas.

Sama hal nya dengan beriklan di facebook anda tinggal menentukan target siapa pembeli, umur dan seting lokasi. jadi tanpa harus sebar brosur kamu sudah bisa memasarkan produk secara online.

Dari 7 Penjelasan ini pastinya kamu dapat menerapkannya agar usaha jualan online dapat maksimal dan mendapatkan pembeli. Semoga bermanfaat

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »