Cara Pasang Instalasi Urutan Filter Air Sumur/ Bor

11/07/2020

halo teman-teman kembali lagi di ruanganbaca.com situs yang membahas hal seluruh perkara mesin dan rumah tangga. Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama bahas mengenai permasalahan air bersih. Nah jadi cocok banget buat teman-teman yang ada masalah pada pasokan air bersih di rumah baik utuk kebutuhan rumah tangga atau akuarium.

Kalian pasti pernah dengar filter yang menggunakan beberapa media seperti arang, batu, pasir.dll meskipun cara ini masih banyak digunakan tapi ada sebagian orang menilai cara ini ribet dan memakan waktu. sehigga untuk mensiasatinya agar filter dapat dilakukan tanpa menggunakan media-media diatas pada kesempatan kali ini kita akan membahas filter yang menggunakan Housing filter air untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini :

Media Filter air kotor menjadi bersih
Media Filter air kotor menjadi bersih

Sebagai orang awam kedang kita bingung apa sih sebetulnya fungsi dari Housing filter air ini, singkatnya Housing filter air adalah wadah peletakkan cartridge air yang digunakan sebagai saringan air keruh menjadi bersih. dalam membeli isi ulang Housing filter air ini juga terdapat berbagai macam tujuan penyaringan. 

Baca Juga :

Bahan Filter air yang dapat menjernihkan air dan mudah didapat 

Solusi tabung mesin cuci bocor

Jadi gak sembarangan ya dalam membeli ini ulang Housing filter air ini, misalnya air yang berbau kita harus menggunakan isi ulang granular activated Carbon sedangkan untuk filter lumpur dan benda seperti pasir anda harus menggunakan isi ulang lainnya.

Bagusnya ketika melakukan filterisasi air bersih menggunakan 4 tabung Housing filter air tujuannya tentu agar air yang dihasilkan jernih dan maksimal. terus apa saja isi dalam 4 tabung Housing filter air tersebut? kita akan bahas sama-sama apa saja sih isinya?

Jenis - Jenis Isi Ulang Housing filter air dan Manfaatnya

catrige sedimen nano

 
Nano Filter Untuk Filter partikel lumpur
Nano Filter Untuk Filter partikel lumpur

 
Jenis catride atau isi ulang tabung filter air ini berfungsi sebagai penyaring partikel atau lumpur. jadi apabila sumur atau bor anda menghasilkan air yang banyak mengandung partikel lumpur sehingga menyebabkan air kotor cara ini bisa menjadi pilihan dengan memasang isi ulang jenis sadimen nano.

Media filter green sand

Media filter green sand
Media filter green sand

Tujuan dipasangnya jenis filter green sand memiliki tujuan yang lain dari catridge sadimen nano. tujuannya adalah untuk menyaring kadar besi dan air berwarna kuning. Apabila sumur atau bor anda mengalami air yang berwarna kuning dan juga bau besi yang menyengat bisa membeli isi ulang filter menggunakan green sand.

CTO Activated Carbon Block Filter

CTO Activated Carbon Block Filter
CTO Activated Carbon Block Filter

Fungsi filter ini adalah menghilangkan bau dan menyaring rasa air yang mungkin mengandung bau tidak sedap bisa di netralisir menggunakan CTO carbon, jadi apabila ada ingin membuat sumur atau bor dengan kwalitas air tidak berbau serta menghilangkan rasa saat kumur-kumur bisa menggunakan media jenis ini.

Cara Pasang Housing filter air dan urutannya

Proses pemasangan filter air tidaklah sembarangan, ada aturan tersendiri agar hasil nya air yang didapat sesuai dengan keinginan. nah dibawah ini saya akan menjelaskan singkat untuk teman-teman dalam proses filter air yang kotor agar bisa bersih maksimal menggunakan filter air.

Pertama sebelum anda membeli filter air pastikan dulu bahwa yang anda beli benar bisa perlu tanya terlebih dahulu dengan penjualnya. karena dalam membeli filter ini ada beberapa mikron mulai dari 1 mikron, 3 mikron, sampai dengan 10 mikron.

Apasih mikron dalam filter air itu? 
Mikron adalah ukuran keluarnya air yang di filter semakin kecil maka semakin rapat saringan air yang dikeluarkan. jadi anda bisa membeli isi ulang sesuai dengan keinginan anda. Selanjutnya perhatikan panjang rumah filter atau biasa disebut housing filter ini juga terdapat ukuran yang berbeda-beda tapi umumnya menggunakan 10 inci.

Cara pasang :

  1. Siapkan pipa ukuran yang sesuai pada media anda misalnya menggunakan pipa ukuran 3/4 atau lainnya
  2. Pasang instalasi filter berdasarkan urutan yang pertama adalah sendimen nano selanjutnya di jalur ke dua pasang green sand ketiga carbon filter.
  3. Nah terus bagaimana jika isi Housing filter air ada 4? biasanya untuk filter 4 tabung tabung no 1 dan no 2 disi sandimen nano.

Cara pemasangannya sebetulnya cukup sederhana, anda bisa mempraktekkannya sendiri.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »