Solusinya Cetak Print Amplop Agar Bersih Pinggirannya

11/26/2019
Saat kita print amplop menggunakan printer baik itu canon ataupun printer Epson biasanya paling sering ditemui hasil pinggirannya kotor berbekas tinta. Ini disebabkan karena kertas bersentuhan secara langsung dengan bagian head printer atau cartridge. Hal ini bisa saja diatasi dengan beberapa hal taktik yang mungkin jarang sekali kita fikirkan untuk melakukannya. 

Terlihatnya memang hal ini sepele dan mungkin kita tidak pernah jauh berfikir bagaimana cara menghilangkan tumpahan tinta pada hasil print amplop tersebut. Meskipun cara ini mudah jika tidak dipraktekkan tentu tidak akan mendapatkan hasil yang optimal.

Sebelum teman - teman semua mencobanya saya jelaskan terlebih dahulu ya apa saja faktor penyebab tinta selalu mengotori pinggiran kertas amplop yang kita cetak, Jawabannya karena faktor gelembung yang menyebabkan hal tersebut. Logikanya seperti ini pada badan amplop terlapis dua kertas yang akan cembung ketika ditarik printer, bagian cembung ini menempel pada cartridge atau head printer. Hasilnya tentu akan berbercak tinta.

Solusinya adalah kita harus meratakan bagian cembung tersebut, Oke saja sih jika yang kotor hanya satu dua amplop saja yang dikhawatirkan bagaimana jika semua cetakan amplop mengalami hal ini tentu merugikan kita dan pastinya konsumen akan mengkomplain dengan hasil cetakan amplopnya.

Pernah saya membahas mengenai Cetak amplop dengan Ms. Word disana saya berbagi template amplop yang bisa langsung teman - teman gunakan. yang sudah disesuikan ukurannya dengan ampop putih ukuran 110 x 230 mm.

Teknik Cetak Print Amplop Agar Bersih Pinggirannya

Metode ini saya bahas berdasarkan pengalaman saya pribadi, jadi teman - teman bisa mencobanya sendiri yang pertama jika memang dikhawatirkan akan ada kotoran pada pinggiran kertasnya coba untuk masukkan amplop pada mesin laminating dengan suhu hangat saja jangan terlalu panas. Meskipun akan memakan waktu tapi cara ini menjawab kesulitan kita saat mencetak amplop yang pinggirannya kotor. Cara cepatnya jika anda memiliki mesin Hot Press untuk sablon kaos bisa juga kita manfaatkan dengan per press 50 lembar amplop.

Jika anda tidak memiliki mesin laminating ataupun hot press kaos coba dengan setrika namun jangan terlalu panas. cukup hangat saja asalkan hasil akhirnya amplop menjadi rata tidak ada gelembung yang nantinya akan menghambat head atau cartridge.

Trik berikutnya adalah dengan mencetak dalam mode high namun cara ini akan terkesan lebih lama karena lambat. Trik lain yang pernah saya lakukan pada printer canon IP 2700 adalah dengan mencoba mengganjal bekas dus kecil yang ukurannya lebih tinggi dari tempat keluar amplop perhatikan gambar dibawah ini :
Solusinya Cetak Print Amplop Agar Bersih Pinggirannya
Solusinya Cetak Print Amplop Agar Bersih Pinggirannya
Di gambar tersebut di ganjal dus bekas agar hasil amplop naik ke atas tujuannya agar menekan udara keluar dan hasil cetak menjadi maksimal dan tidak ada lagi bercak tumpahan tinta pada kertas.

Teman - teman bisa ikuti cara print amplop dengan teknik diatas, Pastinya meskipun mungkin akan memakan sedikit waktu untuk melakukan teknik tersebut jika hasilnya memuaskan kenapa tidak dilakukan ya kan?

Demikian teman - teman mengenai Solusinya Cetak Print Amplop Agar Bersih Pinggirannya semoga bermanfaat untuk anda semua ya. Jangan Lupa ikuti terus blog ruanganbaca.com dengan cara follow menjadi pengikut kami agar selalu dapat email update terbaru artikelnya disini.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »