cool hit counter
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lengkap Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 15, 17

Halaman ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang mengulas Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 14 - jadi sengaja dipisah agar teman - teman tidak kebingungan saat praktek menjawab soal - soal pada Buku Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 15 , 17

Lebih jelasnya teman - teman bisa simak Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 15 dibawah ini :

Ayo Berkreasi

Teman - teman pastinya sudah mengenali beberapa jenis hewan vertebrata dan juga organ gerak serta fungsinya. Pada latihan ini teman - teman bisa memilih salah satu hewan tersebut lalu buat model kerangka dengan menggunakan kertas tebal atau karton. cobalah untuk membuatnya semirip mungkin dengan hewan aslinya ya

1. Alat dan bahan kerja

1. Siapkan ketas karton atau kardus bekas
2. Gunting
3. Pensil
4. Penghapus
5. Mistar

2. Gambarlah pola hewan pada kertas.

Menggambar pola ini teman - teman harus melakukannya dengan menggambar bagian - bagian tubuh hewan terpisah, dimulai dari bagian kaki, badan, ekor dan lain - lain
Usahakan gambar pola ini disesuaikan dengan hewan aslinya serta sesuaikan besar kecilnya bagian - bagian yang akan digambar polanya. jangan sampai nanti setelah di rangkai besar kaki daripada badannya ya.

3. Guntinglah kertas sesuai pola gambar.

Menggunting pola gambar ini teman - teman harus hati - hati ya arahkan gunting harus tepat pada pola yang dibuat agar rapih dan hasilnya bagus.

4. Gabungkan bagian pola hewan yang telah digunting menjadi sebuah model kerangka hewan.

Untuk lebih jelasnya coba perhatikan pola gambar dibawah ini :
Gabar Pola Gambar Potongan hewan

 Jawaban :

Alternatif jawaban disesuaikan dengan hasil kerja masing-masing siswa dalam membuat model kerangka hewan.

Ayo Membaca

Teman - teman sekarang sudah mengetahui macam - macam organ gerak pada hewan vertebrata, Nah ada lagi lho satu hewan yang habitatnya di dalam air memiliki sistem gerak yang berbeda contohnya ikan. penasaran ya
Kamu telah mengetahui macam-macam organ gerak dari hewan vertebrata. Namun, ada yang harus kamu ketahui bahwa hewan yang habitatnya di air memiliki sistem gerak yang berbeda, contohnya ikan.

Gerak Ikan dalam Air

Ikan merupakan hewan air yang memiliki sistem gerak yang unik. sistem organ gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata lainnya. hal tersebut dikarenakan hidup ikan habitatnya di dalam air. Bentuk tubuh yang dimiliki ikan kebanyakan seperti rudal fungsinya tentu agar ikan mudah meliuk - liuk ke kiri dan kekanan untuk berenang di dalam air. Tubuh yang seperti ini juga memiliki fungsi lain yaitu mengurangi hambaran pada saat bergerak di dalam air. ikan juga memiliki sirip dan juga ekor yang lebar fungsinya untuk mendorong tubuh ikan saat di dalam air.

Ikan berenang memanfaatkan bentuk tubuh nya yang unik. Ikan juga mempunyai gelembung renang dalam tubuhnya yang fungsinya berguna untuk mengatur gerakan naik dan turun. Ikan juga memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong ekornya bergerak di dalam air. Hampir semua ikan menggunakan gerak tubuh dengan bergoyang ke kanan dan ke kiri dan menggunakan ekor untuk menghasilkan gaya dorongan kedepan. Untuk ikan yang bergerak hanya dengan menggunakan sirip samping dan sirip atas biasanya hidupnya di terumbu karang bagian dasar laut. Jenis ikan terumbu karang ini tidak dapat bergerak cepat karena gerakannya terbatas.

Lengkap Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 1 Halaman 17 dibawah ini :

Berdasarkan bacaan tentang  , temukan ide pokok dan kalimat pengembang setiap paragrafnya.


Selanjutnya :

Demikianlah Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Halaman 15, 17

Demikian penjelasan mengenai kunci jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 15, 17 anda juga bisa membaca : Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 11, 12, 13, 14, semoga artikel ini membantu teman - teman jangan lupa untuk mambagikan ke teman - teman lainnya ya.

Ke Halaman Utama : Daftar Kunci Jawaban Soal Kelas 5 SD tema 1 organ gerak hewan dan manusia

Judul Artikel : Lengkap Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 15, 17
Sumber : Buku Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 15, 17
Refrensi : Internet dan Lainnya
Link : https://www.ruanganbaca.com/2019/10/lengkap-kunci-jawaban-buku-tema-1-kelas_3.html