Lengkap Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 11, 12, 13, 14

10/02/2019

Lengkap Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 11, 12, 13, 14 - Pembahasan kali ini akan mengulas beberapa hal mengenai kunci jawaban dari Buku tema Soal Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia pada halaman 11, 12, 13, 14 dengan adanya beberapa pembahasan lengkap dibawah ini semoga teman - teman dapat mempelajarinya Materi soal ini terdapat pada pembahasan buku tematik terpatu kurikulum 2013 sub tema 1 yang mana telah dipecah ke beberapa bagian yaitu :
  1. Pada halaman 11 kita disajikan ulasan mengenai membuat gambar ilustrasi dengan tema hewan kesayangan ku, teman - teman bisa mencoba dengan membuka bukunya.
  2. Halaman 12 menjelaskan rangkaian gambar ilustrasi 
  3. Halaman 13 dan juga halaman 14 kunci jawaban yang membahas organ gerak hewan vertebrata dan fungsinya,
Pembahasan kali ini kita ulas agar lebih mudah dipahami telah disertakan gambar, jadi untuk mempelajari Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1 semester 1 kurikulum 2013 revisi terbaru akan lebih mudah dipahami dan juga mengikuti apa yang telah dijelaskan disini. Dalam proses pembahasan ini teman - teman harus perhatikan benar - benar bagian - bagian kunci jawabannya agar tidak salah serta dapat di mengerti dengan baik.


Kunci Jawaban Soal Tema 1 Kelas kelas 5 tema 1 semester 1 kurikulum 2013 revisi terbaru Halaman 11, 12, 13, 14

Mengamati sebuah gambar, coba teman - teman perhatikan dan amati gambar berikut ini :
rangkaian gambar cerita
Jika kita perhatikan pada gambar diatas memiliki rangkaian sebuah cerita, penjelasannya gambar cerita adalah gambar yang memiliki alur serangkaian gambar yang memiliki sebuah cerita. Gambar cerita sendiri adalah gambar yang dibuat secara ilustrasi, gambar ilustrasi sendiri biasanya mengadung isi sebuah bacaan atau teks, gambar ilustrasi sendiri dapat dibedakan menjadi dua macam diantaranya :
  1. Gambar Foto : Gambar foto ini biasanya diambil melalui kamera baik itu camara handphone ataupun dslr, dasarnya gambar foto ini adalah gambar nyata bukan dari buatan tangan atau sebuah ilustrasi.
  2. Gambar Ilustrasi : Gambar ini biasanya dibuat menggunakan komputer dengan model seperti komik, cerita anime, kartun, gambar karikatur. yang mana gambar ilustrasi ini hanya sebuah gambar perumpamaan mengikuti kehidupan dunia nyata seperti foto
 Jadi teman - teman harus dapat membedakan antara gambar keduanya diatas ya mana gambar foto dan gambar ilustrasi.

Ayo Berlatih Membuat Gambar Ilustrasi

Agar kita dapat meningkatkan keterampilan mulailah dengan menggambar bentuk gambar ilustrasi, gambar ini adalah gambar yang disisipi sebuah teks tentu tujuannya agar gambar ilustrasi tersebut memperjelas, memperindah dan menerjemahkan isi serta informasi dari sebuah bacaan. 

Untuk objek menggambar ilustrasi ini banyak sekali yang dapat digunakan mulai dari gambar manusia, hewan, tumbuh - tumbuhan serta benda yang ada disekeliling kita, membuat objek gambar ini tentu harus sesuai dengan isi atau objek bacaan.

Cara dan Langkah-langkah membuat gambar ilustrasi Buku Tema 1 Kelas 5 SD/MI

Untuk teman - teman yang kesulitan mengambar gambar ilustrasi ini ruanganbaca.com akan memberikan panduannya bagaimana cara menggambar ilustrasi agar dapat dipelajari dan dipraktekkannya dengan mudah.

1. Butuh Sebuah Gagasan

Disini teman - teman harus menentukan Gagasan yang diambil dari Sumber sebuah bacaan. Setelah menentukan sebuah gagasan, teman - teman bisa memulai menentukan adegan gambar apa yang akan dibuat. hal beberapa hal yang harus disiapkan juga adalah siapa tokoh yang akan digambar mulai dari hewan, tumbuhan atau benda - benda sekitar kita. jangan lupa siapkan juga media yang akan digunakan.

2. Buatlah Sketsa Gambar

Pernahkah teman - teman mendengar apa itu gambar sketsa? Nah gambar sketsa merupakan gambar belum jadi atau rancangan dari gambar yang akan dibuat nantinya. biasaya berbentuk oret - oret terlebih dahulu ya menggunakan pensil. Jadi dalam membuat sketsa ini tentukan tata letak gambar dan juga ukuran objek yang akan dibuat agar nantinya sesuai dengan gambar yang sudah jadi.

3. Berikan Pewarnaan

Jika teman - teman selesai membuat sketsanya dan sudah membuat gambar jadi, serta yakin sudah tidak ada yang perlu diperbaiki, saat ini teman - teman memberikan warna pada gambar tersebut.  pewarnaan ini bisa kita lakukan dengan dua cara yaitu :
  1. Warnai gambar sesuai imajinasi kita
  2. Warnai gambar sesuai warna asli dari objek yang digambar

4. Alat Yang digunakan untuk mewarnai

Untuk mewarnai gambar teman - teman bisa menggunakan pensil warna, spidol warna, cat air, crayon, atau bahkan menggunakan cat minyak. semua tentu disesuaikan dengan media yang akan kita gambar ya. kerena jika kita menggunakan cat minyak untuk menggambar di buku gambar ini bukan pada tempatnya. 

Setelah teman - teman tahu cara membuat gambar ilustrasi diatas kita saatnya media apa saja yang dapat digunakan untuk menggambar.

1. Media Untuk Menggambar

Media untuk menggambar atau alas menggambar kita dapat menggunakan beberapa bahan yang mana bahan - bahan ini harus disesuaikan dengan alat warnanya ya:
  1. Kanvas : Biasanya menggunakan cat warna 
  2. Kain : Menggunakan cat
  3. Kertas : Menggunakan spidol, pensil warna, crayon, cat air
  4. Jika kamu punya keahlian komputer, disini juga kamu bisa menggambar menggunakan komputer
Dengan menggambar diberbagai alas diatas tentu memiliki kelebihan serta kelemahannya misalnya ketika menggambar di kertas tentu rentan akan rusak seperti sobek. dll serta berpengaruh juga terhadap ketahanan awet atau tidaknya media alas gambar yang digunakan.

2. Media Pewarnaan

A. Pensil Warna
Jenis pensil ini banyak sekali dan diantara pensil warna ini mengandung lilin. Pilihan warnanya pun beragam dan mudah digunakan.
B. Cat air
Cat air adalah pewarnaan yang sebelum digunakan harus dicampur menggunakan air terlebih dahulu. cat air ini terdapat dua macam cat air, yakni transparan dan tidak transparan.

Kunci Jawaban Buku Paket Tematik Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 11

Ayo Berkreasi

Setelah membaca penjelasan diatas sekarang teman - teman bisa mencobanya membuat gambar ilustrasi tersebut caranya susunlah terlebih dahulu bacaan atau teks dengan tema gambar HEWAN KESAYANGAN KU
Gambar Ilustrasi

Kunci Jawaban Buku Paket Tematik Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 12

Ayo Mencoba

Agar kita dapat menceritakan dari sebuah gambar apa yang terkandung didalamnya kita perlu ketelitian, dalam mengamati sebuah gambar tersebut dan juga kita harus memiliki kemampuan dalam berbahasa lisan dan tulisan. Cobalah ceritakan rangkaian gambar ilustrasi dibawah ini sesuai pemahaman teman - teman ?


Biyan memiliki tiga kelinci dirumah, biyan menyayangi kelinci - kelincinya dan merawatnya dengan baik, biyan juga sering sekali bermain riang bersama kelincinya.

Sayangnya saat ini Biyan sangat sedih sekali, karena salah satu kelincinya diam saja tidak mau diajak bermain, tidak mau bergerak dari kandangnya. setelah biyan melihat dan memeriksa keadaan kelinci tersebut.

Biyan sangat terkejut karena bagian kaki kelinci terluka, biyan bergegas mengobati kelincinya yang kesakitan dan tidak bisa bergerak.

Penjelasannya :

Kaki adalah salah satu organ gerak yang ada pada kelinci, seperti yang kita ketahui dengan kami kelinci dapat berpindah ke satu tempat ke tempat lain dengan cara melompat - lompat.

Coba Perhatikan gambar organ gerak yang ada pada kelinci dibawah ini :
Organ Gerak Kelinci
Jika kita perhatikan gambar diatas dengan seksama, organ gerak pada kelinci adalah kaki fungsi nya untuk bergerak dengan cara meloncat. kaki belakang kelinci lebih kuat dan panjang jika dibandingkan dengan kaki bagian depan.

Kunci Jawaban Buku Paket Tematik Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 13 dan 14

Ayo Mengamati

Teman - teman harus tahu, hewan kelinci termasuk binatang mamalia ya? Kenapa disebut mamalia karena hewan ini tergolong hewan vertebrata yaitu hewan yang memiliki tulang belakang. kita dapat melihat disekeliling kita saat ini banyak sekali hewan yang vertebrata selain hewan kelinci ini.

Bersama temanmu, amati dan identifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

Jawaban :


No
Nama Hewan
Nama Organ Gerak
Fungsinya
1
Ikan
Sirip dan Ekor
Fungsi sirip dan ekor umumnya adalah untuk membantu ikan berenang. Sirip pada ikan terletak pada berbagai tempat untuk berbagai fungsi, seperti gerak maju, berputar, atau mempertahankan posisi tegak.
Ikan berenang dengan mengerahkan kekuatan terhadap air di sekitarnya, yaitu meliuk-liukkan rangka tubuhnya sehingga otot-otot di kedua sisi tubuh ikan berkontraksi menghasilkan gelombang lenturan yang berjalan di sepanjang tubuh ikan dari hidung sampai ke ekor. Vektor gaya yang bekerja pada air dengan gerakan lateral menghasilkan gaya yang mendorong ikan ke depan.
2
Katak
Tungkai Kaki
Katak memiliki tungkai belakang yang jauh lebih besar daripada tungkai bagian depan. Fungsi dari tungkai belakang katak adalah untuk melompar, sehingga strukturnya lebih kukuh. Sedangkan tungkai depan berfungsi sebagai penahan tubuh saat mendarat.

Katak mempunyai tulang belakang yang panjang dan otot yang kuat, oleh karena itu katak dapat melompat dengan tinggi. Selain itu, katak juga mempunyai selaput renang yang memberikan tekanan kuat saat katak berada dalam air, sehingga katak dapat bergerak.
3
Burung
Sayap dan Kaki
Burung memiliki struktur tubuh seperti hewan bertulang belakang lainnya, kecuali kedua tungkai depannya berubah menjadi sayap. Burung mempunyai sejumlah ciri-ciri khusus yang berhubungan dengan kemampuan terbang. Ciri-ciri khusus itu sebagai berikut. :
-          Sebagian ruas tulang belakang menjadi satu membentuk titik tumpu yang kuat sewaktu sayap dikepakkan.
-          Tulang yang besar biasanya berongga. Hal ini untuk mengurangi bobot badan. Berat rangka burung hanya 4% dari seluruh berat badan.

-          Pada tulang dada yang berlunas dalam, melekat otot-otot terbang yang kukuh untuk menggerakkan sayap.
Selain bergerak dengan cara terbang, ada beberapa jenis burung juga dapat berenang dengan kakinya. Burung yang dapat berenang umumnya memiliki selaput pada kakinya.
4
Ular
Rangka Tubuh
Pada ular, gerakan terjadi saat rangka tubuh meliuk ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini dikenal sebagai lokomosi berkelok-kelok. Bagian samping tubuh ular bertumpu pada bagian permukaan yang tidak rata dan bila ayunan gelombang sampai ke belakang, ular akan meluncur ke depan dengan sisik licin yang menutupi perutnya.
5
Kadal
Tungkai Kaki
Golongan reptil misalnya kadal, mempunyai perkembangan yang baik pada rangka bagian tungkai. Begitu pula dengan jenis cecak. Struktur telapak kaki cecak memiliki bantalan kaki pelekat sehingga memungkinkan gerakan memanjat dinding dan berlari di langit-langit secara terbalik.
6
Kambing
Kaki
Kaki pada kambing digunakan untuk berjalan, berlari dan melompat. Dengan ke empat kakinya kambing dapat bergerak kesana-kemari untuk mencari makan.


Selanjutnya :

Demikianlah Kunci Lengkap Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Halaman 11, 12, 13, 14

Demikian ulsan mengenai Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 Halaman 11, 12, 13, 14 kurikulum 2013, semoga dapat memberikan manfaat untuk teman - teman pembacanya untuk selanjutnya Silakan baca : Lengkap Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 15,17

Silakan share artikel ini keteman - teman kalian, terimakasih.

Kembali ke halaman utama : Daftar Kunci Jawaban Soal Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia

Judul artikel : Lengkap Kunci Jawaban Buku Tema 1 Kelas 5 SD/MI Halaman 11, 12, 13, 14
Link : https://www.ruanganbaca.com/2019/10/lengkap-kunci-jawaban-buku-tema-1-kelas.html
Sumber : Buku Kelas 5 Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia
Refrensi : dari internet dan berbagai sumber.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »