Mengatasi Printer Brother L2540DW hasil tidak jelas dan blur

9/19/2019
Printer Brother L2540DW cocok digunakan untuk bisnis pemula dengan modal lowbudget, saat ini printer sekaligus mesin fotocopy sedang di gemari pembisnis fotocopy baik sebagai mesin pendamping ataupun sebagai mesin utama. Katangguhannya mesin fotocopy ini memang tidak diragukan jika untuk fotocopy yang masih pemula. Harganya yang murah juga menjadi sebuah jawaban pencarian mesin fotocopy murah dengan kehandalan yang optimal.

meskipun masing - masing penggunanya memiliki penilaian sendiri - sendiri mengenai kinerja mesin fotocopy ini. seperti yang kita ketahui dalam urusan bisnis bagaimanapun sistem ekonomi diterapkan yaitu mengeluarkan modal sekecilnya mendapatkan untung sebesarnya. namun ini tidak harus juga diterapkan jika nantinya merugikan orang lain.

Hasil tidak jelas pada printer atau fotocopy Brother L2540DW ini memang masalah klasik yang sering terjadi. biasanya hal ini akan muncul ketika kita mengisi tinta baru, banyak sekali dari teman - teman pengguna fotocopy Brother L2540DW ini mengeluhkan akan permasalahan ini.

sebetulnya cara mengatasi hasil tidak terang pada fotocopy Brother L2540DW cukup mudah namun memerlukan beberapa proses yang pastinya tidaklah sebentar dan perlunya ketelitian. teman - teman biasanya pengguaan fotocopy Brother L2540DW ini diawal - awal tidak akan ada masalah dan lancar - lancar saja hasil yang didapatpun biasanya lebih terang dan hitam pekat namun setelah di isi ulang hasil menjadi menurun atau menjadi tidak terang lagi.

Bukan dari kesalahan dalam mengisi ulang tinta fotocopy Brother L2540DW namun yang menjadi faktor menurunya kwalitas hasil fotocopy biasanya dari tinta toner yang digunakan. seperti yang kita ketahui tinta toner bawaaan cartridge tentu lebih bagus dibanding dengan tinta yang ada dipasaran.

jelas ketika keduanya tercampur akan membentuk partikel baru yang tidak sama dan membuat tinta sulit untuk menempel dengan tinta yang lama yang ada didalam cartridge. Untuk teman - teman yang mengalami hal ini tentu perlu mengadakan perbaikan yang harus maksimal.

Brother L2540DW hasil tidak jelas dan blur
Hasil tidak terang Brother L2540DW hasil tidak jelas dan blur

Pengalaman saya Mengatasi Printer Brother L2540DW hasil tidak jelas dan blur

Tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman dalam memperbaiki hasil fotocopy Printer Brother L2540DW yang tidak terang. awalnya saya tidak pernah curiga jika masalah ini terletak pada bagian toner setelah diingat - ingat ternyata hasil tidak jelas ini setelah beberapa hari mengisi ulang tinta Printer Brother L2540DW dan lama kelamaan warnanya semakin tidak jelas. Sempat berfikir ini adalah masalah drum Printer Brother L2540DW. Namun setelah dilihat bagian drumnya masih bersih dan belum ada tanda - tanda kerusakan seperti cacat atau kotor. 

Memang saat itu toner dalam cartridge belum sama sekali di isi ulang atau masih bawaan, tentu saja hal ini membuat saya semakin penasaran dan akhirnya menguras semua toner yang ada didalam cartridge sampai benar - benar bersih dan untuk memastikan kebersihannya saya coba membawa cartridge ini ke tukang tambal ban untuk di semprot menggunakan angin sampai benar - benar bersih dan tidak ada lagi sisa toner bawaan dari cartridge Brother tersebut.

Hingga akhirnya saya tuangkembali toner yang baru dibeli. untuk teman - teman yang belum mengetahui cara mengisi ulang toner pada printer Brother L2540DW dengan cepat pernah saya bahas artikel nya disini : Baca : Baru Cara Isi Ulang Printer Brother DCP-L2540DW, L2700, L2520 Tanpa Ribet

Setelah saya isi ulang menggunakan toner yang ada dan dicoba beberapa tes hasil copy hasilnya lumayan hitam dan cara diatas memang benar - benar membuahkan hasil. jadi apabila hasil fotocopy teman - teman mulai tidak jelas dan tidak terang bisa lakukan cara perbaikan dengan menguras isi toner pada bagian box tonernya. cara nya cukup mudah ikuti saja sesuai dengan pengalaman saya diatas.
Apabila sudah melakukan langkah diatas dan hasilnya masih blur tidak jelas apalagi dibarengi dengan garis hitam memanjang teman - teman bisa lakukan beberapa langkah kecil dibawah ini :
  1. Cek Drum apakah ada lecet atau cacat dan warnanya sudah tidak kilap lagi jika ya, coba buka drum tersebut lap menggunakan alkohol dan keringkan lalu pasang kembali
  2. Cek bagian blade jika bocor silakan ganti biasanya ini ditandai dengan hasil yang bergaris
  3. Cek bagian wayer atau bersihkan ini terletak diatas drum coba perhatikan ada kawat kecil memanjang antar kiri dan kanan drum teman - teman bisa geser kunciannya dan lakukan minimal 5 kali geser agar kawat ini tidak tertutup kotoran toner yang menyebabkan hasil tidak terang.
Dengan melakukan langkah - langkah diatas berdasarkan pengalaman masalah hasil tidak terang ini biasa diatasi dengan mudah. semoga bermanfaat jangan lupa follow blog kami dengan cara klik disini untuk mendapatkan informasi terupdate 

Tag :
Cara memperbaiki hasil tidak terang Brother L2540DW, Cara mengatasi hasil tidak jelas Brother L2540DW.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »