18 Alat Pelengkap Usaha Fotocopy yang harus ada ditoko

Dalam usaha fotocopy tentu kita harus memiliki perlengkapan yang nantinya dapat menunjang usaha fotocopy itu sendiri. Karena dalam ranah bisnis apapun jika kita hanya menyiapkan alat yang terbatas tentu hanya dapat mengerjakan orderan satu titik saja, sehingga sebagai pembisnis fotocopy kita harus dapat mengembang dan melebarkan sayap dengan mengadakan alat - alat tambahan dalam bisnis fotocopy yang kita jalani. Logikanya seperti ini jika kita hanya ada mesin fotocopy saja tentu pelayanan menjadi terbatas yang tadinya pelanggan anda ada yang ingin mencetak foto namun karena di toko anda tidak melayani tentu ini membuang peluang baru untuk anda dan pastinya kurang maksimalnya pendapatan toko.

Untuk mengatasi hal - hal diatas tentu kita harus selalu upgrade dan kembangkan usaha kita dengan penuh keyakinan dan semangat yang tidak padam di tengah jalan. meskipun terkadang dalam setiap ranah bisnis pastinya ada sepi dan ada ramai. Kelangkapan alat - alat yang dapat menunjang bisnis fotocopy ini adalah hal penting agar kita dapat melayani dalam dunia cetak yang masih sejalur dengan usaha fotocopy anda. Alat ini bukan hanya yang mahal harganya bahkan ada alat yang bisa dibuat dengan kreatif sendiri yaitu alat stempel runaflek. saya pernah membahasnya disini :
Alat Pelangkap Usaha Fotocopy yang harus ada ditoko
Alat Pelangkap Usaha Fotocopy yang harus ada ditoko
Keterbatasan modal bukan menjadi alasan untuk anda melebarkan sayap usaha. karena semua bisa di kumpulkan sesuai target alat yang akan kita beli. semua bisnis lebih baik dimulai dari tahap nol agar anda banyak belajar terlebih dulu dengan alat - alat yang ada saat ini. Dengan penambahahan alat pelangkap usaha fotocopy yang memadai tentu ini menjadi nilai plus di mata konsumen.

18+ Alat pelengkap Usaha Fotocopy yang harus ada di toko anda.

1. Mesin Fotocopy yang bandel

Mesin Fotocopy Bandel
Kenapa harus mesin fotocopy yang bandel? tentu ini agar mesin fotocopy ditoko anda tidak mudah rusak jangan sampai konsumen kecewa dengan mesin fotocopy yang anda miliki saat ini yang mudah rusak dan tidak dapat melayani konsumen dengan maksimal. mesin bandel ini tergantung dari merk dan juga perawatan mesin itu sendiri saat ini banyak yang berasumsi mesin IR6000 lah yang bandel. Namun jika anda besar modal saran saya jangan hanya satu mesin yang ada ditoko minimal 2 mesin sebagai jaga - jaga jika satu mesin bermasalah. untuk mesin kedua ini gunakan mesin mini saja misalnya kyocera M2040 untuk membelinya bisa disini.

2. Alat Laminating

Alat Laminating
Alat Laminating
Alat ini sangat erat dengan usaha fotocopy sebagai pemanas yang dapat menempelkan plastik laminting agar dokumen menjadi lebih awet dan tahan terhadap air, rayap dan juga pastinya agar tidak mudah rusak. Biasanya konsumen akan menanyakan laminating ini saat melakukan fotocopy.

3. Etalse Kaca sebagai display

Etalase dagang
Etalase dagang
Etalase kaca sangat bermanfaat untuk menyusun display produk yang anda jual misalnya alat tulis, seperti pena, buku - buku. dll agar konsumen mudah melihat dan tentu agar tertarik dan membelinya. anda juga harus pintar meletakkan barang di bagian elatase ini agar kesannya terlihat tidak acak - acakan.

4. Printer dokumen

Printer Cetak Dokumen
Printer Cetak Dokumen

Printer dokumen ini harus berbeda dengan printer Foto karena karakter tintanya bisa menggunakan yang biasa saja misalnya dye, jadi untuk mencetak pada kertas HVS kita tidak mengeluarkan biaya modal yang tinggi. saya pernah bahas mengenai cara mengganti tinta ORI EPSON menggunakan tinta dye biasa : Baca Cara ganti tinta ori ke dye epson

5. Printer Khusus Foto

Printer Epson
Printer Epson
Printer foto tentu dibedakan dengan printer yang khusus mencetak dokumen, tujuannya agar head printer tetap terjaga dan juga gunakan tinta artpaper agar hasil cetak tidak mudah luntur dan pudar. tentu konsumen juga akan puas dengan hasil cetakan printer anda. Baca : Cara mengganti tinta dye ke tinta artpaper agar tidak mampet

6. Komputer dengan space optimal

Komputer dengan space tinggi
Komputer dengan space tinggi
Gunakan komputer yang sudah memiliki space optimal jangan menggunakan pentium 4 karena versi ini sudah jauh ditinggalkan apalagi sampai menggunakan space komputer dibawah dari pentium 4 jelas nantinya akan menyulitkan ketika mendapatkan kerjaan cetak foto yang diharuskan cepat -cepat. dan gunakan minimal windows 7 agar aplikasi anda mendukung dengan file - file umum yang nantinya dicetak menggunakan printer.

7. Pemotong Kertas Folio

Pemotong Kertas
Pemotong Kertas
Pemotong kertas ini sangat dibutuhkan saat fotocopy ktp atau dokumen - dokumen yang perlu dipotong, dengan adanya alat ini tentu membantu mempercepat proses pemotongan saat konsumen minta buru - buru. Pemotong kertas ini banyak macamnya ada yang hanya bisa 1 - 5 lembar kertas ada juga yang maksimal 1 rim kertas. tentu semua disesuaikan dengan kebutuhan anda.

8. Meja Khusus Pemotong Kertas

Meja tempat pemotong kertas
Meja yang dikhususkan untuk alat pemotong kertas ini memang harus ada, jangan menggunakan elatase sebagai meja potong kertas karena lama - lama jika elatase tertekan menjadi tidak perisi lagi bahkan bisa menyebabkan kaca etalase pecah.

9. Siapkan Bluetooth untuk mengirim file dari HP ke Komputer

Bluetooth Adapter
Biasanya konsumen yang akan mencetak foto mengirim file malalui jaringan bluetooth, dengan kebutuhan ini tentu kita harus menyiapkan bluetooth adapter untuk komputer agar mudah dalam menerima file kiriman konsumen baik berupa gambar foto ataupun dokumen.

10. Siapkan card reader untuk memory handphone

card reader untuk memory handphone
card reader untuk memory handphone
Cardreader ini hampir serupa dengan flasdisk namun alat ini tidak dapat digunakan untuk menyimpan file karena bentuknya sebagai media pengantar saja yang harus di tambah dengan memory SDcard hp, alat ini berfungsi sebagai alternatif ketika ada konsumen yang mencetak file melalui memory SDcard.

11. Scanner Atau Printer Scanner

Scanner Canon Lide 100
Scanner Canon Lide 100
Alat scan ini dapat difungsikan ketika ada konsumen yang ingin mencetak foto dari hasil cetakan jadi, bukan dari file jadi anda tidak ada alasan untuk menolak kerjaan dan pastinya menolak rezki yang datang menghampiri toko. bukan hanya foto saja terkadang konsumen yang datang minta untuk memperbanyak dokumen jadi dengan cara discane asalkan jangan merubah dokumen - dokumen yang dilarang oleh negara.

12. Wifi Adapter / Internet

Wifi adapter
Internet ini tidak akan aktif pada komputer anda perlu menambahkan alat khusus agar komputer dapat menangkap signal wifi melalui tethring dari smartphone. internet ini akan sangat berfungsi saat butuh background foto, contoh undangan, atau tugas sekolah. jadi bisa menjadi sumber refrensi untuk bisnis fotocopy anda. 

13. DVD Eksternal

DVD Eksternal
Alat ini berfungsi sebagai pembaca kaset baik itu CD-R, DVD-R, CD-RW, DVD RW nah terkadang ada konsumen yang mencetak foto - foto melaui kaset jadi anda harus menyiapkan alat DVD Eksternal ini untuk membaca kaset tersebut. Namun hal ini tidak perlu diadakan apabila komputer sudah ada bawaan DVD Internalnya.

14. Stapler Kecil & Besar

Stapler Besar
Alat ini pasti dibutuhkan dalam usaha fotocopy karena fungsinya tentu sudah tidak perlu lagi di tanyakan. staples kecil dalam digunakan untuk menjilid ketebalan kertas yang tipis sedangkan staples besar ini dapat menjilid kertas dengan ketebalan tertentu sesuai besarnya staples ini. 

15. Palu Kecil / Martil Mini

Martil Kecil
Palu atau sering disebut martil ini akan berfungsi untuk meratakan atau menguatkan hasil staples pada jilidan. Umunya agar hasil jilidan rapih staples harus rata dengan ketebalan kertas jadi kuatkan hasil staples ini dengan cara dipukul menggunakan martil atau palu. 

16. Cutter / Gunting / Pelubang Kertas / Mistar

Cutter, gunting dan Pelubang Kertas ini akan dibutuhkan saat konsumen ingin meminjam alat - alat tersebut jadi anda harus menyiapkan terlebih dulu sebelum kesulitan nantinya ketika ada konsumen ingin meminjam alat - alat ini.

17. Mesin Jilid Spiral

Mesin Jilid Spiral
Mesin Jilid Spiral
Mesin jilid spiral ini biasanya banyak ditanya konsumen yang ingin menjilid berkas mereka. jilid lakban dan spiral ini sangat berbeda. jilid spiral harus menggunakan mesin khsus dan hal ini tentu menambah nilai penjualan serta jasa anda. Namun pengadaan alat Jilid spiral ini termasuk bukan hal yang sangat inti tergantung dari kebutuhan usaha anda.

18. Kalkulator

Kalkulator
Kalkulator
Seperti yang kita ketahui alat ini sebagai media hitung. jadi saat banyak konsumen terkadang fikiran kita menjadi tidak fokus dalam menghitung jumlah pembelian konsumen untuk menghindari kesalahan coba siapkan kalkulator di toko anda agar mempermudah dalam mengembalikan uang dan menghitung pembayaran dengan benar.

19. Mesin Blower

Blower Mesin Fotocopy
Blower Mesin Fotocopy
Blower merupakan alat yang dapat mengeluarkan angin. fungsinya adalah sebagai pembersih debu di dalam mesin fotocopy. seharusnya sebagai pengusaha fotocopy anda menyiapkan alat ini sebagai perawatan mesin fotocopy itu sendiri.

Adapun tambahan alat lainnya harus disesuaikan dengan kebutuhan toko. Jangan sampai anda memiliiki alat namun pengusaanya kurang dalam menjalankannya. Alat pelengkap dalam bisnis fotocopy ini sebetulnya banyak sekali namun untuk fotocopy pemula teman - teman bisa menyiapkan beberapa alat seperti diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel