Kenali Ciri Ciri Drum Fotocopy Rusak harus diperbaiki

Drum mesin fotocopy merupakan part yang fungsinya sebagai tranfer gambar ke media kertas. Terkadang drum mesin fotocopy ini bermasalah yang mana masalahnya tentu dapat dilihat dari ciri - ciri hasil fotocopy yang dapat kita lihat. tidak semua orang mengetahui ciri - ciri drum fotocopy rusak apalagi orang awam yang baru memulai usaha fotocopy. Masalah drum memang tidaklah berlaku setiap hari karena biasanya masalah drum ini akan berlaku sesuai dengan masa pakai drum itu sendiri apabila dirasa setiap harinya toko anda ramai yang fotocopy atau print copy tentu hal ini sudah kewajiban harus selalu rajin dengan cara merawat drum fotocopy secara maksimal. Jadi semua dipastikan dari kinerja mesin fotocopy anda jika mesin bekerja berat tentu perawatan juga menjadi hal yang harusnya sesering mungkin dilakukan.

Kenali Ciri Ciri Drum Fotocopy Rusak harus diperbaiki
Kenali Ciri Ciri Drum Fotocopy Rusak harus diperbaiki
Drum mesin fotocopy berbentuk seperti selongsong yang memang dasarnya drum ini juga mengantarkan listrik agar toner menempel. sehingga terkadang ada masalah yang berkaitan dengan drum ini misalnya drum mesin fotocopy tidak mau panas. atau hasil tidak jelas setelah lama - lama menjadi jelas nah disini juga terkadang yang sangat perlu di beri perhatian adalah bagian drum itu sendiri. Perawatan drum khususnya drum OPC memang lah berbeda dengan perawatan drum milik canon IR5000/ 6000 atau pemilik drum besar lainnya. drum OPC sendiri biasanya terdapat pada mesin medium seperti misalnya IR 4570, IR 3045, IR3530, IR 3300 dan masih banyak mesin canon IR medium atau mini yang menggunakan jenis drum OPC ini. 
Perbedaan antara Drum OPC dan drum Besar adalah bisa dilihat dari ukuran dan juga ketebalan drum tersebut. jika kita perhatikan dengan seksama antara drum OPC dan drum besar tentu perbedaannya sangat jelas sekali. Namun untuk saat ini telah banyak drum OPC untuk mesin besar seperti OPC drum Canon Ir5000/5020/5570/6000/6020/6570. semakin berkembangnya dunia fotocopy perusahaan pun membuat beberapa drum besar ini menggunakan jenis OPC drum. artinya drum ini juga sama seperti mesin medium yang mana drum ini memiliki masa pakai yang lebih cepat dibanding menggunakan drum besar. dan untuk harga drum OPC Canon Ir 5000/5020/5570/6000/6020/6570 jelas lebih murah dibanding dengan drum besar bawaan aslinya.

Masalah drum juga memang termasuk dalam kategori kerusakan yang sering terjadi pada mesin fotocopy karena mamang drum OPC ini sifatnya pergantian jadi wajar saja jika bagian drum ini sering diganti sesuai dengan banyaknya pemakaian sehingga jika drum fotocopy disebut sebagai salah satu kerusakan yang sering terjadi pada mesin fotocopy tentu hal ini wajar. Untuk cairan pembersih drum fotocopy sendiri anda bisa manggunakan beberapa cairan pembersih seperti sanpoly, braso dan juga alkohol. beberapa cairan pembersih drum fotocopy ini dapat anda manfaatkan untuk mengkilapkan dan menghilangkan bekas - bekas toner yang menempel dibagian drum.

Ciri Ciri Drum Mesin Fotocopy Rusak harus diperbaiki

  1. Hasil fotocopy kurang jelas anda bisa perhatikan dengan seksama biasaya drum yang sudah minta ganti adalah hasilnya kurang jelas seperti tidak ada toner yang menempel. hanya bayangan saja. namun sebelum langsung mengganti drum cek dulu bagian toner apakah habis
  2. Hasil fotocopy kotor dengan jarak misalnya bintik - bintik atau bercak - bercak ini juga drum bisa jadi salah satu penyebabnya.
  3. bagian sisi drum warnanya sudah berubah lebih terang seperti terkikis.
  4. Ketika fotocopy A3 hasil kertas dibagian ujung - ujungnya seperti ada kotoran atau hitam bergaris - garis ini juga bisa jadi drum yang sudah lecet.
Perlu teman - teman ketahui drum mesin fotocopy dibuat dari bahan aluminium yang dilapisisi dengan selenium yang sangat sensitif terhadap cahaya. jelasnya drum fotocopy ini sebagai tempat untuk menerima pantulan cahaya dari Lampu expose. Letak drum fotocopy sendiri berdekatan dengan letaknya cleaning blade karena memang keduanya kedudukannya sama berdekatan dan saling membutukan. 

Demikian ulasan mengenai Ciri Ciri Drum Fotocopy Rusak harus diperbaiki, semoga memberikan manfaat jangan lupa untuk ikuti blog ini dengan cara klik disini

Pencarian Terkait :

Iklan Atas Artikel



Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel